Blogger Jateng

Memahami SEO dalam Pengembangan Web

Dengan dunia digital saat ini, Search Engine Optimization atau SEO adalah salah satu elemen utama yang harus diperhitungkan dalam pengembangan web. SEO adalah proses melakukan optimasi situs web agar lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo. Artikel ini membahas alasan mengapa SEO begitu penting saat bekerja dengan web development dan beberapa teknik dasar yang dapat dijalankan. 

Mengapa SEO Penting?

Dengan miliaran situs web bersaing untuk mendapatkan pengguna, persepsi kebanyakan dari mereka adalah bahwa mayoritas dari mereka tidak melihat lebih jauh dari halaman pertama hasil pencarian. Ketika situs Anda tidak teroptimalisasi dengan baik, sangat besar kemungkinan pengguna tidak pernah melihat produk atau layanannya. Bukan hanya meningkatkan eksposur, SEO juga membantu meningkatkan reputasi dan kepercayaan. Jika situs Anda muncul di halaman satu dalam hasil pencarian, pengguna akan cenderung lebih percaya dibandingkan dengan situs yang muncul dengan posisi halaman dua atau tiga. Fakta ini akan membantu meningkatkan konversi dan berakhir dengan penjualan yang lebih besar.

Sumber: cloudeka.id

Teknik SEO Dasar

Berikut adalah beberapa teknik SEO dasar untuk pengembangan web:

1. Kendalikan kata kunci Anda: langkah pertama dalam SEO adalah menemukan apa yang dicari orang. Cari tahu informasi tentang kata kunci yang paling banyak dicari pengguna dan targetkan kata kunci tersebut. Anda dapat menggunakan alat seperti kata kunci google; perencana atau semrush ti dapat membantu Anda. Pilih kata kunci dengan volume pencarian yang tinggi dan persaingan yang rendah.

2. Kendalikan Konten Anda: Setelah Anda menentukan apa yang Anda inginkan, sekarang saatnya untuk menyematkan kata kunci ke dalam konten. Anda harus memastikan kata kunci tersebut muncul di judul, subjudul, dan teks, bukannya mengganggu pengalaman pembaca. Konten yang baik juga merupakan faktor penentu kesuksesan SEO.

3. Struktur URL yang bersih: URL yang bersih dan mudah dibaca juga membantu dalam SEO. Jangan gunakan angka atau simbol apa pun. Misalnya, gunakan “www.example.com/service-seo” dan bukan “www.example.com/12312”.

4. Kendalikan gambar Anda: gambar juga berperan dalam SEO. beri nama dengan tepat dan tautkan tag alt yang menjelaskan secara rinci konten gambar yang ada. Hal ini tidak hanya mempengaruhi SEO, tetapi juga meningkatkan faktor SEO.

5. Gunakan backlink: backlink adalah tautan ke situs web Anda dari situs web lain. Membuat backlink yang berkualitas juga mempengaruhi peringkat website. Jika Anda bisa mendapatkan backlink dari situs web terkait yang serupa, hal ini dapat membantu meningkatkan peringkat web.

Dengan daftar periksa di atas, Anda sudah siap untuk meningkatkan prospek kata kunci Anda di tahun 2021. SEO adalah proses yang membutuhkan upaya terus-menerus, jadi buatlah semacam alat pelaporan untuk mengetahui performa web dan posisi SEO Anda, serta memberikan tindak lanjut.

Kembali ke >> Pemrograman dan Pangembangan Web