Blogger Jateng

Pentingnya UX (User Experience) dalam SEO

User Experience atau yang biasa disebut UX adalah faktor penting dalam SEO. UX yang optimal tidak hanya menahan pengunjung dalam berlama-lamaa di website Anda, UX tersebut membantu semakin baiknya posisi pada mesin pencariseperti Google. Google bahkan lebih dari sebelumnya memperhatikan pengalaman pengguna melalui beberapa hal. Berikut ulasan sepuluh UX penting dari penjara SEO sebagai informasinya:

1. Mempengaruhi Posisi Langsung di Google

Ada ratusan sinyal UX yang digunakan oleh Google. Beberapa di antaranya adalah waktu yang dihabiskan pengguna dalam halaman website, waktu kunjungan, dan respons dari pengguna. Semakin optimal website Anda semakin cepat dan mudah untuk diakses, maka website Anda akan semakin tinggi peringkat di Google.

2. Kecepatan Website Membaik Pengalaman Dan SEO

Situs web yang lambat adalah momok terseram dalam dunia SEO, karena toh pengguna selalu malas dan menyurutkan untuk Task *hehe. Google memang memprioritaskan website yang responsif dan ramah kecepatan. Task ini berdampak langsung pada posisi SEO.

3. Design Ramah Mobile

Situs web yang dirancang secara optimal meski diakses oleh perangkat mobile akan berdampak juga pada posisi SEO. Google menerapak sistem mobile-first indexing, dimana website yang ramah mobile lebih besar peluang di Google. Task optimal menggunakan UX ini-

4. Navigasi Mudah

Situs berjalan mudah diakses lewat UX yang optimal. Artinya, struktur navigasi website Anda mudah diingat, hal ini membuat pengguna lebih leluasa jalan-jalan-dan ganti kunjungi laman web. UX juga memungkinkan pengguna terpenuhi dengan informasi di website Anda, sehingga mengurangi bounce rate dan meningkatkan time on site yang merupakan faktor dari SEO.

5. Konten yang Mudah Dicerna.

6. Interaksi yang Meningkatkan Waktu Kunjungan

Hal lain yang terkait dengan UX yang meningkatkan SEO adalah waktunya, website dengan UX yang baik akan membuat pengunjung berinteraksi dengan website lebih lama, entah itu menonton video, mengklik tautan atau hal lain. Waktu kunjungan yang lama adalah sinyal positif kepada mesin pencari bahwa konten Anda relefan dan bagus.



7. Optimasi untuk Core Web Vitals

Selain itu, Anda harus memperhatikan Core Web Vitals, tiga pokok bahasan utama dalam SEO:

  • Largest Contentful Paint: Seberapa cepat konten utama dimuat
  • First Input Delay: Seberapa responsif halaman Anda ketika pengguna pertama kali menontonnya.
  • Cumulative Layout Shift: seberapa stabil tata letak halaman Anda saat dimuat

Jika ketiganya menjadi lebih baik, SEO Anda otomatis akan meningkat.

Kesimpulan

Fitur lain yang harus diperhatikan UX bukan hanya untuk membuat website terlihat menjadi lebih menarik, tetapi juga memengaruhi seberapa baik website Anda diperingkatkan di salvage. Kecepatan halaman, mudah diakses, responsive, dan kontent adalah fitur yang masing-masing akan mengubah performa matlab salvage website. Dengan memperhatikan UX, Anda tidak hanya akan meningkatkan kepuasan petunjung, tetapi juga membantu salvage datadalam mendapatkan waktu.