Blogger Jateng

Menganalisis Kecepatan Halaman dengan Alat Seperti Google PageSpeed Insights

 Kecepatan halaman adalah salah satu aspek terpenting dalam pengalaman pengguna dan SEO. Halaman yang lambat memengaruhi tingkat konversi, memiliki tingkat bounce rate yang tinggi, dan mungkin mempengaruhi peringkat di mesin pencari. Salah satu alat (tetapi tidak satu-satunya) yang sangat berguna untuk menganalisis dan mengoptimalkan performa halaman adalah Google PageSpeed Insights. Berikut ini cara saya sangat mudah menggunakan alat ini untuk mengukur dan memperbaiki kecepatan dalam halaman situs web.

1) Apa itu Google PageSpeed Insights?

Google PageSpeed Insights adalah alat gratis dari Google yang memeriksa performa halaman web untuk perangkat mobile dan desktop. Alat ini memberi peringkat performa dari 0 hingga 100 serta memberi saran untuk meningkatkan performa dan efisiensi halaman. Alat ini memeriksa beberapa metrik penting, seperti:

* First Contentful Paint: berapa lama halaman sementara berisi konten pertama kali membutuhkan tampil di berapa cepat iterm

* Largest Contentful Paint: kapan elemen terberat di halaman itu membutuhkan waktu untuk dimuat ke

* Cumulative Layout Shift: berapa banyak efek pergeseran yang terjadi ketika halaman dimuat

* Time to Interactive: berapa lama waktu diperlukan hingga halaman sistem operasi berfungsi untuk dipakai

2) Bagaimana Cara Menggunakannya?

Langkah-langkah untuk menggunakan PageSpeed Insights sangat sederhana :

a. Buka Google PageSpeed Insights di pagespeed.web.dev

b. Masukkan URL yang ingin anda sebut di bilik analisis.

c. Klik tombol “Analyze” dan tunggu sampai laporan selesai di seluruhkan.

Setelah itu, pada layar anda akan muncul laporan yang menunjukkan hasil kecepatan halaman, untuk perangkat mobile dan desktop secara detail


3. Pahami Skor dan Metrik

Saat laporan telah dihasilkan, Anda akan mendapatkan skor total untuk perluasan halaman saat bagian di bawahnya secara lebih rinci terungkap:

Skor 90-100: sangat bagus

Skor 50-89: pas

di bawah 50: cukup buruk

Selain itu, PageSpeed Insights akan memberikan data lapangan yang berisi wawasan performa langsung dimana sebenarnya pengguna saat produk ini diakses. Data lapangan dapat berkisar dari FCP, LCP, TTI, dan CLS, yaitu metrik yang terkait dengan waktu yang di ambil produk Anda untuk merespon penggunaan atas aspek kemampuan halaman yang berbeda.

4. Rekomendasi Perbaikan

Hal yang bagus mengenai Google PageSpeed Insights adalah bahwa memberikan analisis kecepatan halaman bersama dengan banyak rekomendasi cara memperbaikinya. Rekomendasi populer termasuk:

a. Kompres Gambar

Gambar yang tak dapat dikompres atau terlalu besar bisa memperlambat halaman. Rekomendasi PageSpeed Insights ini muncul saat waktu.

b. Javascript dan CSS yang Tidak Perlu

Mengurangi file Javascript dan CSS mempercepat proses pemuatan. Google mungkin merekomendasikan menggabungkan skrip atau meninjau daftar yang sangat disukai penggunanya kembali lalu lintas tanpa perlu membutuhkan waktu penuh utnuk proses loading.

c. Pemodenan Teknologi

Mungkin ada ID yang muncul dari perangkat kerjaan Google yang Anda perlukan pada perangkat tempat berjalan. Elemen dengan kondisi menerima metode yang tepat namun dapat ditampilkan jika dengan cepat pengguna yang ada dimuat. d. CSS-Blocking and Eliminatiing CSS

CSS-blocking sering kali muncul sempurna berkaitan karena file CSS-blocking membawa page-loading yang terlalu lama. Maylayankan fontSize secara asinkron atau tunda gambar memunggulkan kolom ke sebelah atas layar.

5. Pemanfaatan Hasil Untuk Meningkatkan SEO Dan Pengalaman Pengguna

Halaman yang lebih cepat memainkan peran penting bagi baik SEO maupun pengalaman pengguna. Google membawa kecepatan sebagai faktor peringkat mereka, terutama di perangkat mobile. Terlebih lagi, pengguna biasanya meninggalkan halaman yang membutuhkan waktu terlalu lama untuk dimuat karena banner atau bentuk lainnya, berarti bahwa  mengurangi kecepatan dapat membantu menurunkan bounce rate dan meningkatkan konversi Anda.

Anda dapat membuat halaman Anda lebih cepat, lebih responsif, dan lebih cocok untuk perangkat manapun dengan menggunakan rekomendasi dari Google PageSpeed Insights. Melalui alat yang memberikan pedoman dan rekomendasi yang signifikan tersebut, hasil yang dapat dilakukan adalah memahami area mana yang perlu diperbaiki dan mengunduh performa, SEO, dan pengalaman pengguna situs web Anda. Klien yang puas berarti lalu lintas yang lebih besar dan posisi lebih tinggi di mesin pencarian.