Blogger Jateng

Local SEO: Strategi untuk Bisnis Lokal Agar Mudah Ditemukan

Local SEO: Strategi untuk Bisnis Lokal Agar Mudah Ditemukan Salah satu cara untuk melakukan optimasi mesin pencarian adalah dengan menggunakan Local Search Engine Optimization. Local SEO adalah strategi yang digunakan agar bisnis lokal mudah ditemukan oleh calon pelanggan di wilayah sekitarnya.

Dengan kata lain, bisnis tidak akan muncul di hasil pencarian lokal mesin telusur ketika pengguna mencari layanan atau produk terkait dan berlokasi di wilayah tersebut.

Berikut beberapa cara sederhana untuk meningkatkan visibilitas bisnis lokal kamu di Google: Klaim dan optimalkan akun Google My Business Dalam praktiknya, Google My Business adalah alat gratis yang memberikan berbagai keunggulan kepada bisnis lokal yang akan muncul di hasil pencarian lokal dan Google Maps.

Klaim list bisnis kamu dan pastikan Anda melakukannya. Isi informasi tentang bisnis Anda, promosikan, jam buka, dan kriteria Anda dengan gambar produk atau layanan.. Tambahkan deskripsi dengan kata kunci lokal dan dorongan agar pelanggan meninggalkan ulasan baik.

Optimalkan website untuk pencarian lokal.

Untuk membantu calon pelanggan lokal di wilayah lokal menemukan produk Anda, website Anda harus dioptimalkan untuk pencarian lokal: 

Tambahkan kata kunci lokal seperti “restoran terbaik di Jakarta” atau “toko bunga di Surabaya” di konten dan meta deskripsi. Buat halaman tentang lokasi / wilayah layanan Anda.. Info membantu Google mengatur lokasi Anda. Sertakan nomor telepon lokal dan alamat lengkap di website Anda, khususnya di footer atau hubungi kami.

Mobile search optimization merupakan perangkat seluler yang digunakan sehari-hari. 

Pastikan situs web bisnis Anda ramah seluler dan kelihatannya kompak pada layar kecil. Kecuali dapat membantu penjualan situs web lakukan metrik yang baik.

Buat Konten Lokal yang Relevan

Konten yang terkait dengan wilayah akan membantu meningkatkan performa Local SEO. Beberapa jenis konten terkait dengan wilayah meliputi :

  • Artikel blog tentang acara lokal atau ikhtisar topik.
  • Studi kasus atau testimoni dari pelanggan lokal.
  • Panduan lokal – misalnya, “tempat terbaik untuk membeli bunga di Semarang”.

Dapatkan Backlink dari Situs Lokal

Dapatkan backlink dari situs web lokal tepercaya adalah salah satu cara untuk mendapatkan lebih banyak otoritas bisnis untuk Google. Cara Mendapatkan Backlink Lokal:

  •  Bangun relasi dengan media lokal atau blogger lokal untuk mendapatkan liputan atau memposting ulasan.
  • Berpartisipasi dalam acara lokal atau menjadi sponsor lokal untuk mendapatkan penyebutan di situs web acara atau organisasi.

Konsisten dengan Nama, Alamat, Nomor Telepon (NAP)

NAP adalah elemen strategis Local SEO. Pastikan informasi ini konsisten di seluruh platform online, termasuk di situs web, Google My Business, direktori online, dan media sosial. Google bingung jika informasi tidak konsisten, dan peluang bisnis Anda muncul di hasil pencarian lokal berkurang.

Manfaatkan Ulasan Online

Ulasan pelanggan berperan penting dalam judul pencarian lokal. Ulasan positif dapat membantu kepercayaan dan visibilitas bisnis di Google. Beberapa cara untuk mengambil ulasan termasuk :

  • Minta pelanggan Anda yang puas untuk meninggalkan ulasan di Google.
  • Menanggapi ulasan, apakah itu positif atau negatif, yang menunjukkan bahwa Anda peduli tentang pengalaman pelanggan Anda.

Gunakan Direktori Online Lokal

Mendaftarkan bisnis kalian di direktori lokal, seperti Yelp, Yellow Pages, atau platform bisnis lokal lain, dapat membantu meningkatkan visibilitas online. Pastikan informasi bisnis kalian konsisten di semua direktori ini.

Targetkan Kata Kunci Lokal di Iklan

Apabila kalian menggunakan Google Ads atau iklan digital lainnya, pastikan untuk menargetkan kata kunci lokal. Contohnya, apabila kalian memiliki restoran di seputaran Bandung, gunakan kata kunci ‘restoran Bandung’ atau ‘makan siang di Bandung’ dalam kampanye iklan Anda.

Tingkatkan Kecepatan Website

Situs web lambat membuat pengunjung pergi, terutama mereka yang mencari layanan lokal dengan cepat. Pastikan situs web kalian cepat dimuat, terutama di perangkat mobile, dengan menggunakan alat seperti Google PageSpeed Insights.

Kesimpulan:

Local SEO adalah kunci untuk setiap bisnis yang ingin menjangkau wilayah setempat. Dengan mengoptimalkan Google My Business, menggunakan kata kunci lokal, mengumpulkan ulasan dan membuat konten yang relevan dengan area sekitar, pelanggan potensial akan dapat dengan mudah menemukan bisnis kalian sekitarnya. Langkah-langkah ini sederhana namun dapat cukup membantu dalam meningkatkan visibilitas lokal kalian dan membantu bisnis Anda tumbuh dalam pasar yang kompetitif secara lokal.