Blogger Jateng

Basic SEO; A Beginner’s Guide to Improve Website Ranking on Search Engine

 SEO merupakan faktor penting yang perlu dipertimbangkan dalam pemasaran digital dan bertujuan untuk meningkatkan visibilitas situs web di mesin pencari seperti Google. Bagi pemula, SEO mungkin terasa menakutkan, tetapi dengan pemahaman dasar, Anda dapat mulai mengoptimalkan situs web dan menarik lebih banyak pengunjung daring. Artikel berikut ini berfungsi sebagai panduan yang mudah dipahami tentang SEO dasar bagi pemula.

Apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari search engine optimization. SEO mengacu pada proses mengoptimalkan situs web agar lebih mudah dicari di mesin pencari dan mendapat peringkat organik di hasil mesin pencari. Ada beberapa jenis SEO, dengan dua yang utama untuk dipertimbangkan:

  • SEO pada halaman: Mengoptimalkan di dalam situs web, seperti konten, struktur, kata kunci, dan lainnya.
  • SEO di luar halaman: Mengoptimalkan situs web di luar situs web, seperti membangun tautan dan reputasi daring.

Seseorang dapat meningkatkan visibilitas situs web di hasil mesin pencari dengan mengoptimalkan SEO, karena SEO meningkatkan pengunjung organik yang mencari kata kunci di mesin pencari.

Mengapa SEO penting? SEO penting untuk membantu situs web Anda karena sebagian besar pengguna internet mencari informasi di mesin pencari, dan jika situs web Anda tidak berada di peringkat pertama pencarian, sebagian besar pengguna tidak akan menemukannya. Meningkatkan SEO memiliki beberapa keuntungan, seperti:

Meningkatkan visibilitas

  • SEO membantu situs web muncul di hasil pencarian yang relevan, sehingga audiens Anda memiliki peluang lebih baik untuk menemukannya.

Meningkatkan pengunjung gratis

  • Tidak seperti layanan iklan berbayar lainnya, pengunjung organik yang diperoleh melalui SEO tidak akan menambah biaya setiap klik.

Membangun kredibilitas

  • Peringkat situs web pada hasil pencarian pertama dianggap lebih sah dan kredibel.

Pengalaman pengguna yang lebih baik

  • Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan SEO untuk meningkatkan kualitas situs web Anda, karena Google menggunakan AI untuk mengkategorikan situs web, situs web yang lebih baik, seperti situs web dengan informasi yang baik, kecepatan pemuatan, dan kualitas konten, akan mendapat peringkat lebih tinggi.

1. Riset Kata Kunci

Riset kata kunci adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum mengoptimalkan website anda. Kata kunci adalah istilah yang biasanya digunakan oleh para pengguna saat mencari informasi di berbagai mesin pencari.

Dengan mengenal kata kunci yang relevan untuk bisnis anda dan niche anda, Anda dapat membuat konten yang lebih sesuai dengan kebutuhan pengguna. Berikut cara riset kata kunci yang tepat:

  • Menggunakan alat seperti Google Keyword Planner, Ubersuggest, Ahrefs dan alat lain untuk menemukan kata kunci populer di niche anda.
  • Pilih kata kunci yang trafficnya tinggi dan persaingan rendah.
  • Pilih kata kunci yang users intentnya sangat jelas. Beberapa users turut yang bermaksud ingin belajar biasa nya menggunakan kata “bagaimana” atau “bagaimana cara” misalnya: “cara membuat website” sedangkan jika Users ment ini adalah jasa Anda cari jadi menggunakan kata endya “jasa”.

2. Optimasi On-Page SEO

Setelah menemukan kata kunci yang tepat selanjutnya adalah mengoptimalkan halaman website anda. Berikut adalah beberapa bagian penting dari on-page SEO:

  •  Judul Halaman

Judul halaman adalah bagian penting dari sebuah SEO, pastikan judul halaman mengandung kata kunci utama dan dapat memancing minat pengguna untuk membaca. Judul yang ideal adalah yang kurang lebih 50-60 karakter.


  • Meta Deskripsi

Meta deskripsi adalah cuplikan ringkas dari konten halaman yang bertuliskan di bawah judulnya ketika sudah di munculkan dalam hasil pencarian. Gfallsdkjfdiu7sdlf;jiop52ijrufka, gunakan juga kata kunci di deskripsi ini, dan tulis kalimat yang menarik yang akan membuat pengguna Anda mengklik link anda.

  •  Konten Berkualitas

Search Engine seperti google menyukai konten yang infomratif, relevan, dan berkualitas. Buatlah konten yang menjelaskan secara detail apa yang di inginkan oleh pengguna, jadikan konten tersebut lengkap dan pastikan penggunaan kata kunci berjalan secara natural tidak karena terlampau kadarinya.

  • Image Optimization

Gambar juga perlu dioptimalkan. Pastikan untuk memberi nama file gambar sesuai dengan kata kunci yang diukur dan tag alt digunakan untuk menjelaskan gambar karena mesin pencari tidak dapat “membaca” gambar sebagaimana mestinya.

  • Tautan Internal.

Menautkan halaman website membantu mesin pencari mengetahui tentang pemetaan website dan membuat pengunjung untuk meluangkan waktu lebih banyak.

  • Optimasi SEO Teknis.

SEO teknis adalah optimasi dari aspek teknis website yang membantu mesin pencari untuk merayapi, mengindeks, dan memahami konten website Anda.

Berikut adalah elemen SEO teknis yang harus Anda perhatikan:

  • Kecepatan Website.

Website yang lambat dapat mempengaruhi SEO. Optimalkan gambar, gunakan penyedia hosting yang cepat, dan mengurangi penggunaan script yang tidak perlu ditingkatkan waktu loading.

  • Mobile-Friendliness.

Pastikan website Anda responsif dan tampil di seluler. Google mengatur peringkat website mobile-friendly.

  • SSL/HTTPS. HTTPS

Merujuk keamanan website Anda dan Google mengatur prioritas pada website yang lebih aman.

Struktur URL yang sederhana.
  • URL harus mudah dibaca dan navasilankan. Hindari penggunaan karakter acak atau penggunaan URL yang terlalu panjang. 
  • K. Off-Page SEO: Membangun Autoritas. Selain On-Page SEO, Anda juga perlu memperhatikan Off-Page SEO, yang merupakan upaya yang dilakukan di situs web Anda untuk meningkatkan otoritas situs Anda.

Upaya yang paling efektif dalam mencapai ini adalah dengan membangun backlink. Glink. Backlink adalah nomor tautan dari halaman web lain yang memiliki alamat URL yang mengarah ke situs Anda. 

Mesin google memandang backlink sebagai “suara” atau “rekomendasi” dari halaman web lain. Semakin banyak backlink berkualitas yang dimiliki, semakin tinggi google mengatur prioritas penilaian website. Referensi di

5. Mengukur Hasil SEO

Setelah Anda mencoba berbagai teknik, Anda ingin memastikan untuk melacak apa yang berfungsi dan apa yang tidak. Beberapa metrik yang harus Anda perhatikan meliputi:

  • Traffic Organik, yang merupakan jumlah total pengunjung yang datang melalui hasi pencarian organik.
  • Peringkat Kata Kunci, yang terdiri dari melacak peringkat kata kunci Anda dengan mesin pencari.
  • Bounce Rate, yang merupakan persentase pengunjung yang meninggalkan website Anda tanpa berinteraksi lebih jauh. Bounce rate yang rendah berarti pengunjung menemukan konten yang mereka cari.
  • Waktu di Website, pengunjung yang tinggal lebih lama di website Anda berarti mereka menemukan konten yang mereka anggap relevan dan bermanfaat.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, SEO adalah alat yang sangat penting dalam meningkatkan visibilitas website Anda dan mencapai kesuksesan dalam dunia digital. Semua itu mungkin terdengar menakutkan pada awalnya, tetapi dengan pemahaman dasar tentang riset kata kunci, optimisasi On-Pange, dan SEO teknis, Anda dapat mulai merakit website dan meningkatkan peringkatnya. Jangan lupa, SEO adalah proses terus-menerus. Pastikan untuk selalu melacak metric yang relevan dan tetap sesuaikan dengan daftar SEO.