Blogger Jateng

Cara Unlock Bootloader Samsung 2022

 diketahui mempunnyai banyak pengaturan yang harus dipahami sebelum digunakan Cara Unlock Bootloader Samsung 2022Cara Unlock Bootloader Samsung - Sistem operasi Android seperti Kitkat, Lollipop, Marshmallow, Nougat, Oreo, Pie, Q 10 dan Android 11 dimengerti mempunnyai banyak pengaturan yang mesti dimengerti sebelum dipakai.

Beberapa pengaturan tersebut diantaranya pengaturan aplikasi, jaringan, suara, pemberitahuan, akun, penyimpanan, waktu, pengaturan telepon dan lainnya.

Dari beberapa pengaturan yang sudah disebutkan di atas, ternyata masih ada pengaturan yang tersembunyi yaitu Developer Options atau Opsi Pengembang.

Di dalam hidangan ini, terdapat beberapa pengaturan penting lainnya seperti desktop backup password, bluetooth, debugging, input, dipslay, media, gpu, mock location, aplikasi dan yang lain.

Dari sekian banyak fitur yang ada di dalam opsi pengembang ini, ada 2 fitur yang lumayan sering menerima perhatian, yaitu USB debugging dan OEM Lock.

USB debungging sendiri berfungsi untuk menolong atau menjembatani perangkat Android dengan komputer.

Dengan kata lain, USB Debugging akan membantu proses penting mirip memasang custom recovery, melaksanakan root, flashing custom/stock ROM dan yang lain.

Baca Juga : Kode Cek HP Samsung
Singkatnya, biar proses inject file-file kedalam tata cara Android yang ada di perangkat bisa berjalan dengan baik, maka diharapkan pengaktifan USB Debugging.

OEM Lock/ Unlock Bootloader sendiri berfungsi untuk membuka atau menutup kanal bootloader pada perangkat.

Sehingga fungsi ini akan menunjukkan atau melarang terusan terhadap pengguna untuk melakukan kostumasi kepada tata cara, mirip memasang TWRP, rooting, flashing firmware dan yang lain.


Pembahasan Cara Unlock Bootloader Samsung

Yang perlu diketahui, dikala Anda melakukan kostumasi dengan posisi OEM / Bootloader dalam kondisi terkunci (tidak aktif), maka prosesnya tidak akan sukses dan bahkan mampu mengakibatkan perangkat Bootlop atau rusak, misalnya saat HP Samsung mengalami Custom Binary Blocked by FRP.

Hal ini disebabkan lantaran posisi OEM / Bootloader dalam kondisi terkunci atau tidak aktif sebelum kostumasi dijalankan.

Oleh lantaran itu, sebelum mengerjakan proses tersebut, tentukan terlebih dulu OEM/ Bootloader dalam kondisi Aktif atau unlock.

Nah, berikut ini kami akan bagikan beberapa cara unlock bootloader Samsung yang mampu dipelajari dan dipraktekkan.


Cara Unlock Bootloader Samsung


1. Cara Unlock Bootloader Samsung dan OEM Lock

 diketahui mempunnyai banyak pengaturan yang harus dipahami sebelum digunakan Cara Unlock Bootloader Samsung 2022
Cara Unlock Bootloader Samsung dan OEM Lock
Sebenarnya, kedua mode ini bisa diaktifkan dengan cara unlock bootloader Samsung yang serupa, baik itu untuk semua metode Operasi Android, baik itu Andorid Q, Pie, Oreo, Nougat, Marshmallow, Lollipop, Kitkat atau bahkan android model terlawas.
Tetapi ada sedikit perbedaan pada potongan tampilannya dan sebelum mengaktifkan keduanya, Anda harus mengaktifkan Developer Options/ Opsi Pengembang apalagi dahulu.


1. Mengaktifkan Developer Options (Opsi Pengembang)

  • Bukalah menu "Pengaturan/ Settings".
  • Kemudian gulir ke bawah kemudian klik pada potongan "About Device/ Tentang Perangkat".
  • Lalu buka Software Info/ Info Perangkat Lunak.
  • Selanjutnya klik Build Number / Nomor Versi sebanyak 5 hingga 7 kali, sampai ada informasiyang menyatakan Opsi Pengembang telah aktif.
  • Untuk memastikan jikalau menu tersebut telah sungguh-sungguh aktif, Anda mampu buka kembali hidangan Pengaturan lalu pilih hidangan "Developer Options atau Opsi Pengembang".

Baca Juga : Cara Mengatasi HP Lemot Samsung

2. Aktifkan OEM Unlocking / USB Debugging

Seperti yang telah diterangkan di permulaan, jika fitur USB Debugging dan OEM Lock ada di dalam Opsi Pengembang.

Sehingga, untuk mengaktifkannya mampu dilakukan dengan membuka hidangan tersebut lalu aktifkan keduanya dan untuk lebih terang, berikut ini caranya:
  • Bukalah Pengaturan/ Options.
  • Lalu scroll ke bawah dan carilah sajian Opsi Pengembang/ Developer Options.
  • Kemudian aktifkan "OEM Lock" dan "USB Debugging".
  • Selesai.


2. Cara Unlock Bootloader Samsung Galaxy

 diketahui mempunnyai banyak pengaturan yang harus dipahami sebelum digunakan Cara Unlock Bootloader Samsung 2022
Cara Unlock Bootloader Samsung Galaxy
Proses ini mampu dikerjakan bagi para pengguna HP Samsung Galaxy keluaran tahun 2018 keatas yang sudah menggunakan OS Android Pie 9.0 hingga Android Q, seperti Galaxy A10-A90, A10s-A70s, M10-M40, M10s-M30s, S8-S10, Note 8-Note 10 dan seterusnya.
Adapun cara unlock bootloader Samsung Galaxy seperti berikut ini:
  • Pastikan apalagi dulu jika OEM Unlock dan USB Debugging telah aktif.
  • Kemudian nonaktifkan HP hingga mati total.
  • Lalu booting ke Downloading Mode dengan cara tekan dan tahan tombol Vol Bawah + Vol Atas lalu koneksikan HP Anda ke PC memakai kabel USB dengan tetap menekan Vol Bawah + Vol Atas.
  • Jika sudah berada di performa "WARNING", silahkan Anda tekan dan tahan VOL ATAS selama 5-10 detik atau hingga pada penampilan "Unlock Bootloader?".
  • Setelah itu pilih opsi "YES" dengan menekan tombol VOLUME ATAS.
  • Saat berada di tampilan "The phone's bootloader is unlocked...", silahkan tekan POWER dan tunggulah sampai proses Erasing simpulan.
  • HP secara otomatis akan melakukan reboot, jikalau prosesnya telah tamat. Tetapi, bila hal tersebut tidak terjadi, maka Anda harus menjalankan proses reboot secara manual.
  • Saat HP telah aktif dengan sempurna, Anda bisa lakukan konfigurasi awal sama seperti HP dalam keadaan gres dibeli, namun jangan Sign in atau login ke akun Google/ Samsung, mampu diskip jika mendapatinya.
  • Selesai dan Sistem Operasi HP Samsung telah siap dimodifikasi.

Baca Juga : Cara Download Font Samsung Berbayar Makara Gratis

3. Hal Penting yang Harus Diketahui terkait Cara Unlock Bootloader Samsung

 diketahui mempunnyai banyak pengaturan yang harus dipahami sebelum digunakan Cara Unlock Bootloader Samsung 2022
Hal Penting yang Harus Diketahui terkait Cara Unlock Bootloader Samsung
Sebelum melakukan cara unlock bootloader Samsung di atas, Anda harus mengetahui kalau ada resiko yang mungkin terjadi, dikala OEM Lock diaktifkan.
Resiko ini terjadi alasannya saat fungsi ini aktif, maka virus juga akan dengan bebas bisa masuk ke metode operasi Android sampai ke serpihan akarnya.

Oleh karena itu, kami sarankan biar Anda mendisable atau menonaktifkan OEM Lock sesaat sehabis melaksanakan kostumasi.

Hal ini perlu dikerjakan, untuk mengurangi kemungkinan terjadinya resiko mirip yang telah kami sebutkan.

Baca Juga : Cara Agar Memori Samsung tidak Penuh

Akhir Kata

Demikian cara yang mampu diterapkan, bila ingin melaksanakan proses unlock bootloader pada HP Samsung.

Karena proses ini lumayan riskan, maka kami sarankan supaya dipertimbangkan dengan matang terlebih dahulu.

Jika sudah siap dengan resiko yang mungkin terjadi, Anda mampu eksklusif mengerjakan prosesnya.
Itulah seluruh isi artikel kami kali ini tentang cara unlock bootloader Samsung 2022. Semoga berguna dan selamat menjajal .