Blogger Jateng

Cara Unlock Bootloader OPPO 2022

 khususnya merek OPPO yang ingin menunlock Bootloader perangkat mereka Cara Unlock Bootloader OPPO 2022Cara Unlock Bootloader OPPO - Saat ini, berbagai pengguna Android, khususnya merek OPPO yang ingin menunlock Bootloader perangkat mereka.

Karena dengan mengaktifkan fungsi Unlock Bootloader tersebut, mereka bisa dengan leluasa mengakses file sistem, seperti melaksanakan proses root, install twrp dan install custom rom.

Proses unlock bootloader di HP OPPO sendiri bisa dilaksanakan dengan dua cara guys, ialah memakai aplikasi Oppo Tools dan Adb Fastboot.

Untuk yang memakai aplikasi Oppo Tools hanya bisa digunakan pada type HP OPPO Find 5 ke bawah dan untuk type diatasnya lebih dianjurkan untuk menggunakan Adb Fastboot.


Pembahasan Cara Unlock Bootloader OPPO

Dengan aplikasi Oppo Tools, Anda tidak perlu sakit kepala-pusing unlock memakai cara yang membingungkan, utamanya bagi orang atau gaptek.

Hanya dengan satu klik saja, maka Smartphone Anda bootloadernya (Unlock Bootloader) akan pribadi terbuka.

Tetapi, sebelum melakukan prosesnya, tentu ada beberapa syarat yang di diperlukan, supaya aplikasi Oppo Tools ini bisa berjalan dengan baik pada HP Anda.

Syarat yang dimaksud yakni memberikan terusan root, sehingga HP Anda mesti telah di root apalagi dahulu.

Baca Juga : Cara Menampilkan Aplikasi Tersembunyi di HP Oppo
Mengingat fungsi Unlock Bootloader ini yakni untuk membuka jalan masuk bagi developer agar mampu memodifikasi tata cara, maka di butuhkan kanal root semoga bisa masuk ke sistem.

Nah, berikut ini beberapa cara unlock bootloader OPPO yang bisa dipelajari dan diterapkan.


Cara Unlock Bootloader OPPO


1. Syarat dan Cara Unlock Bootloader OPPO menggunakan Aplikasi OPPO Tools

 khususnya merek OPPO yang ingin menunlock Bootloader perangkat mereka Cara Unlock Bootloader OPPO 2022
Syarat dan Cara Unlock Bootloader OPPO memakai Aplikasi OPPO Tools
Seperti yang sudah diterangkan di awal, bila ada beberapa standar yang harus dipenuhi, sebelum cara unlock bootloader OPPO memakai aplikasi OPPO Tools diterapkan, diantaranya:

1. Syarat

  • Download Kingroot versi Terbaru
  • Download Aplikasi Oppo Tools

2. Proses Unlock Bootloader OPPO

  • Setelah proses dowload selesai, silahkan Anda install kedua aplikasi di HP OPPO yang akan diunlock.
  • Kemudian buka dan kerjakan aplikasi OPPO Tools lalu berikan susukan root dengan cara klik sajian Izinkan.
  • Setelah itu, pilih pada sajian "COMMON" lalu pilih "BOOTUNLOCKER".
  • Perhatikan pada kolom "Bootloader Status" jikalau ada goresan pena "Locked", hal tersebut menerangkan jika HP Anda masih dalam kondisi terkunci. Sehingga Anda harus klik pilihan "UNLOCK". Tetapi, jika pada kolom Bootloader Status sudah "Unlocked" bermakna bootloader telah ter-Unlock dan Anda tinggal instal TWRP saja.

Baca juga : Cara Cek Kerusakan HP OPPO

2. Cara Unlock Bootloader OPPO memakai ADB Fastboot

 khususnya merek OPPO yang ingin menunlock Bootloader perangkat mereka Cara Unlock Bootloader OPPO 2022
Cara Unlock Bootloader OPPO memakai ADB Fastboot
Bila langkah diatas belum membuahkan hasil atau tidak berfungsi pada HP OPPO Anda, maka kami sarankan untuk memakai cara kedua ini, yakni menggunakan ADB Fastboot.
Cara yang kedua ini mungkin tampaksedikit rumit, namun bila sudah dilaksanakan dengan benar dan sesuai dengan panduan, mampu diputuskan unlock bootloader akan sukses.

Adapun cara unlock bootloader OPPO memakai ADB Fastboot seperti ulasan berikut ini:
  • Siapkan beberapa peralatan yang diharapkan seperti kabel USB atau kabel data.
  • Kemudian download tools yang dibutuhkan melalui link berikut ini:
    • Download ADB and Fastboot Tools
    • Download Driver USB OPPO
  • Lalu install dan ekstrak tools yang telah didownload pada HP OPPO yang hendak diunlock.
  • Setelah itu, buka menu Pengaturan > Opsi pengembang (Developer option) lalu aktifkan Enable USB Debugging dan Buka kunci OEM (Unlock OEM).
  • Jika hidangan Buka kunci OEM tidak tersedia di HP OPPO Anda, maka cukup mengaktifkan USB Debugging saja.
  • Selanjutnya buka folder ADB and Fastboot tools yang sudah di extract sebelumnya lalu tekan dan tahan tombol "Shift" pada keyboard komputer/laptop Anda kemudian klik kanan pada tampilan folder yang kosong.
  • Langkah selanjutnya, silahkan ke hidangan Fastboot Mode dengan cara matikan HP kemudian tekan dan tahan tombol Volume Bawah + Tombol Power secara serentak hingga masuk ke Fastboot Mode.
  • Hubungkan HP OPPO ke PC atau laptop memakai kabel USB kemudian ketik fastboot devices. Hal ini dijalankan untuk mengecek apakah HP sudah terbaca oleh PC atau laptop dengan baik atau tidak. Bila nomor seri ditampilkan, maka Anda bisa lanjut ke langkah selanjutnya.
  • Setelah itu, ketikkan "fastboot oem unlock" dan jikalau gagal atau failed, silahkan ganti menggunakan "comand fastboot oem unlock-go". Proses dinyatakan sukses jikalau tulisan "finished" ditampilkan.
  • Kemudian ketikkan kembali "fastboot reboot" dan HP akan eksklusif mereboot/restart secara otomatos.
  • Selesai.

Baca Juga : Cara Mengubah Font di HP Oppo

Akhir Kata

Demikian beberapa cara yang bisa diterapkan, jika Anda ingin mengunlock bootloader HP OPPO yang digunakan.

Silahkan pilih cara yang tepat dengan tipe HP Anda dan kalau prosesnya sukses, maka Anda mampu memodifikasi OS pada HP sesuai dengan cita-cita.

Jika cara yang kami bagikan belum membuahkan hasil, kemungkinan ada pembaruan pada metode Android dan Anda mesti mencari cara lain yang masih work.
Itulah seluruh isi postingan kami kali ini ihwal cara Unlock Bootloader OPPO 2022. Semoga berkhasiat dan selamat menjajal .