Blogger Jateng

Cara Menulis Pesan Whatsapp Tanpa Mengetik 2022

Tentu anda telah pernah menggunakan aplikasi whatsapp bukan? salah satu plaform sosial media ini memang sungguh terkenal dikala ini.

Fitur yang disediakan dalam aplikasi whatsapp pun sungguh lengkap misalkan chatting, audio call, video call dan group chatting.

Pada saat anda mengetik pesan whatsapp pasti anda akan menggunakan keyboard digital yang disediakan pada layar whatsapp.

Daftar isi

  • 1. Cara Menulis Pesan Whatsapp Tanpa Mengetik
  • 2. Cara Menggunakan Fitur Dictation Whatsapp di iOS maupun Android

Cara Menulis Pesan Whatsapp Tanpa Mengetik

Namun tahukah anda bahwa ada cara menulis pesan whatsapp tanpa mengetik melalui keyboard digital? yup, memang ada fitur whatsapp yang menciptakan anda tidak butuhmengetik keyboard di ketika ingin menulis pesan whatsapp.

Namun anda jangan salah sangka bahwa yang kami maksud disini bukanlah pesan suara melainkan pesan berupa tabrakan pena yang anda buat tanpa mengetiknya pada keyboard di aplikasi whatsapp.

Whatsapp memberikan fitur berjulukan Dictation. Fitur yang ada pada aplikasi whatsapp ini memungkinkan anda melafalkan pesan whatsapp yang anda ingin sampaikan terhadap orang lain tanpa harus mengetiknya melalui keyboard digital.

Fitur dictation ini akan sungguh menolong dalam keadaan tertentu dimana anda tidak leluasa untuk menulis pesan whatsapp dengan menggunakan keyboard digital misalkan ketika anda sedang mengemudi atau jikalau anda sedang memakai sarung tangan.

Cara Menggunakan Fitur Dictation Whatsapp di iOS maupun Android

Fitur dictation untuk meulis pesan whatsapp tanpa mengetik di keyboard digital ini mampu anda gunakan dengan cara mengikuti langkah-langkah selaku berikut:

Tentu anda sudah pernah menggunakan aplikasi whatsapp bukan Cara Menulis Pesan Whatsapp Tanpa Mengetik 2022
Cara Menulis Pesan Whatsapp Tanpa Mengetik di android


Tentu anda sudah pernah menggunakan aplikasi whatsapp bukan Cara Menulis Pesan Whatsapp Tanpa Mengetik 2022
Cara Menulis Pesan Whatsapp Tanpa Mengetik di iOS

  1. Silahkan anda buka aplikasi whatsapp di ponsel pintar anda;
  2. Setting keyboard digital ke bahasa yang ingin anda gunakan;
  3. Mulai atau buka chat dengan teman yang ingin anda hubungi;
  4. Klik di penggalan pengetikan agar keyboard digital dapat muncul pada layar;
  5. Kemudian klik gambar microphone yang ada pada keyboard digital tersebut;
  6. Selanjutnya ucapkan pesan yang ingin anda sampaikan;
  7. Jika anda ingin menambahkan tanda baca misalkan mirip tanda titik atau koma, maka anda cuma perlu mengucapkannya saja misalkan anda menyebutkan "tanda tanya" maka akan otomatis tertulis tanda baca "?".

Jangan lupa setelah anda selesai mengucapkan pesan whatsapp, sebelum mengantarpesan whatsapp tersebut anda perlu untuk sekilas mengeceknya apalagi dulu alasannya adalah mungkin ada kesalahan diksi yang dipilih atau terbaca oleh aplikasi dictation ini.

Cara menulis pesan whatsapp tanpa mengetik lewat keyboard digital dengan memakai fitur dictation pada aplikasi whatsapp ini mampu digunakan di ponsel arif berbasih iOS maupun berbasis android.

Dengan mengikuti langkah penggunaan fitur dictation whatsapp ini biar mampu memudahkan anda dalam menulis pesan whatsapp tanpa mengetik utamanya dikala anda dalam kondisi tertentu seperti sedang mengemudi atau memakai sarung tangan. Semoga berfaedah.