Blogger Jateng

Cara Menggunakan NFC Untuk Cek Saldo 2022

 bertambahnya sejumlah jalan tol di Indonesia memudahkan mobilitas masyarakat untuk beperg Cara Menggunakan NFC Untuk Cek Saldo 2022Cara Menggunakan NFC Untuk Cek Saldo - bertambahnya sejumlah jalan tol di Indonesia menciptakan lebih mudah mobilitas masyarakat untuk bepergian ke sebuah daerah.
Selain cepat, pembayarannya juga terbilang lebih mudah sebab mampu memakai kartu E-Toll.

Singkatnya, E-Toll merupakan pembayaran yang memungkinkan pengendara untuk melalui jalan Tol meski cuma dengan menempelkan kartu pada mesin di pintu masuk.

Jika daripada pembayaran tunai, cara ini lebih mudah alasannya tidak memerlukan waktu usang dan hanya menghabiskan waktu sekitar 4 detik saja setiap kali transaksi.

Meskipun penggunaan kartu Tol telah lama dipraktekkan, tetapi nyatanya masih banyak pengendara yang belum tahu cara untuk cek saldo E-Toll tersebut.

Baca juga : Cara Mengubah Folder ke RAR di HP Online
Padahal, prosedurnya sangatlah gampang dilaksanakan, bahkan dapat dibilang bisa dilakukan di HP menggunakan fitut NFC atau tanpa fitur NFC.

Langsung saja simak cara menggunakan NFC untuk cek saldo yang hendak kami uraikan dalam pembahasan dibawah ini.


Cara Menggunakan NFC Untuk Cek Saldo


1. Cara Menggunakan NFC Untuk Cek Saldo E-Toll

 bertambahnya sejumlah jalan tol di Indonesia memudahkan mobilitas masyarakat untuk beperg Cara Menggunakan NFC Untuk Cek Saldo 2022
Cara Menggunakan NFC Untuk Cek Saldo E-Toll
NFC atau Near Field Comunnication ialah salah satu fitur khusus di Smartphone yang berfungsi untuk melaksanakan pembayaran tanpa perlu memasukkan detail tranaksi.
Baca juga : Cara Melacak No HP dengan Truecaller
Umumnya, hampir semua HP modern sudah tersematkan dengan fitur ini.

Nah, jika Hp anda telah disokong dengan fitur NFC, maka berikut ini beberapa cara menggunakan NFC untuk cek saldo.


a. Menggunakan Aplikasi Mandiri E-Money

Mandiri E-Money adalah aplikasi cek saldo E-Toll yang sudah dibuat khusus untuk mengenali sisa saldo dengan mempergunakan NFC.

Mirip seperti Tokopedia, cara ini juga hanya bisa dikerjakan di Smartphone yang memiliki fitur NFC, langsung saja, berikut ini langkah-langkahnya.
  • Pertama, buka Google Play dan install aplikasi Mandiri E-Money Info, Klik Disini.
  • Setelah itu aktifkan fitur NFC di HP Android anda.
  • Lalu buka aplikasi Mandiri E-Money Info
  • Kemudian tempelkan kartu E-Toll pada Body Belakang HP yang terdapat sesnsor NFC-nya.
  • Terkahir, sisa saldo akan muncul halaman di laman aplikasi beserta nomor kartu.

Selain dapat melihat saldo E-Toll, aplikasi juga memungkinkan anda untuk tahu sisa saldo dari semua layanan yang memakai E-Money mirip Transjakarta, MRT, Commuterline dan TPE.


b. Menggunakan Aplikasi Tokopedia

Tidak cuma untuk membeli saja, tetapi aplikasi satu ini juga menawarkan pembayaran digital mirip Top Up E-Walllet sampai isi saldo E-Toll.

Baca juga : Cara Sadap Lokasi Pacar
Tidak cuma itu saja, aplikasi Tokopedia ini juga memungkinkan anda untuk mengetahui sisa saldoo E-Toll dengan sungguh mudah, berikut cara melakukannya.
  • Buka aplikasi yang telah ada di Smartphone anda.
  • Selanjutnya masuk ke sajian Top Up dan akan timbul beberapa opsi dan klik "Uang Elektronik".
  • Kemudian pilih jenis kartu E-Toll yang dipakai.
  • Lalu klik tombol "Update Saldo".
  • Setelah itu, aktifkan dulu fitur NFC.
  • Terakhir, tempelkan kartu E-Toll dibagian belakang HP anda.

Sampai disini, aplikasi Tokopedia akan menampilkan sisal saldo E-Toll anda dan jikalau saldonya tidak mencukupi maka anda bisa langsung mengisinya di Tokopedia melalui fitur Top Up.


2. Cara Menggunakan NFC Untuk Cek Saldo Tanpa Fitur NFC

 bertambahnya sejumlah jalan tol di Indonesia memudahkan mobilitas masyarakat untuk beperg Cara Menggunakan NFC Untuk Cek Saldo 2022
Cara Menggunakan NFC Untuk Cek Saldo Tanpa Fitur NFC
Lalu, tahukah anda jika HP anda belum mendukung fitur NFC? Dalam dilema ini anda tidak butuhhawatir alasannya adalah ada cara cek saldo E-Toll di HP tanpa NFC yang bisa anda kerjakan.
Salah satunya ialah dengan memakai instruksi USSD *141*6# pada hidangan panggilan, simak tindakan cara menggunakan NFC untuk cek saldo dan tanpa fitur NFC.
  • Pertama, Buka hidangan panggilan atau Call di Hp Android atau iPhone anda.
  • Selanjutnya dial kode USSD *141*6#.
  • Dari beberapa pilihan yang timbul, silahkan ketik 7 (e-Cash)
  • Lalu pilih "Info" dan "Cek Saldo"
  • Masukkan PIN atau nomor yang ada di kartu E-Toll dan terkahir "Kirimkan".

Baca juga : Cara Akses Situs Diblokir dengan Private DNS Android 9 Pie
Setelah semua proses final, maka tata cara akan memproses ajakan anda jika sudah akhir, lazimnya akan muncul notifikasi yang menunjukkan sisa saldo lengkap dengan nomor kartu.


Akhir Kata

Itu tadi beberapa cera cek saldo E-Toll pada HP Android yang mampu anda coba gunakan, baik yang menggunakan fitur NFC ataupun tanpa fitur NFC.

Selain caranya yang sangat gampang, rupanya cara ini juga sangat simpel karena anda tidak butuhpergi ke Indomart ataupun ATM untuk sekedar mengenali sisa saldo kartu tol.

Jika anda belum tahu caranya, silahkan simak langkah-langkah yang telah kami bagikan dalam ulasan diatas untuk dijadikan tutorial.

Itulah seluruh pembahasan kita pada postingan kali ini ihwal cara menggunakan NFC untuk cek saldo. Sekian dan biar bermanfaat.