Blogger Jateng

Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK 2022

 jika Nomor Induk Kependudukannya disalah gunakan oleh orang lain Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK 2022Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK - Pasalnya anda ketika ini sungguh khawatir, kalau Nomor Induk Kependudukannya disalah gunakan oleh orang lain.

Apa lagi mereka mendaftar dengan nomor kartu SIM anda, eits jangan cemas karena anda mampu melaksanakan pengecekkan nomor yang terdaftar di NIK melalui berbagai macam fitur.

Itupun diubahsuaikan dengan layanan operator yang anda gunakan ketika ini, dikutip pada situs Kementerian Komunikasi dan Informatika sebetulnya adanya fitur untuk cek nomor ini.

Agar membuat lebih mudah penduduk untuk mengenali NIK-nya dan digunakan untuk berapa nomor saja, oleh alasannya itu adanya layanan tersebut.

Dimana anda akan mengetahui secara pasti, apakah ada nomor yang tidak diketahui terdaftar dengan NIK dan Kartu Keluarga (KK) punya anda.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan menandakan secara detail cara mengecek nomor yang terdaftar pada NIK pastinya saja sebelum itu anda simak pembahasan selaku berikut.


Pembahasan Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK

Oleh karena itu, Kominfo risikonya memutuskan bahwasannya anda bisa memakai satu NIK saja untuk mendaftar nomor kartu SIM-nya lebih dari 3 itupun tidak memiliki batasan.

Pasalnya sebelum keputusan itu keluar, Kominfo membatasi satu orang saja dengan NIK bahkan boleh melakukan pendaftaran optimal 3 nomor.

Namun anda jangan tenang dulu, alasannya mampu saja Nomor Induk Kependudukan (NIK) disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Lebih parahnya lagi anda bisa terseret namanya ke hal yang tidak dibutuhkan oleh sebab itu guna menghindari korban praktik penipuan, pencemaran nama baik sampai terdeteksi terorisme.

Maka dari itu, kami akan menerangkan di artikel kali ini cara cek nomor yang terdaftar di NIK dan simak ulasan sebagai berikut.

Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK



1. Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK dengan Telkomsel

 jika Nomor Induk Kependudukannya disalah gunakan oleh orang lain Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK 2022
Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK dengan Telkomsel
Yang pertama cara cek nomor yang terdaftar di NIK, anda bisa mengeceknya di kartu Telkomsel yang anda pakai dikala ini.

Apa lagi tidak semua operator menggunakan SMS atau layanan pesan singkat, untuk fitur mengevaluasi nomor itu dan sebagian menggunakan situs resminya semoga mampu melaksanakan pengecekan.

Silahkan anda kunjungi melalui link berikut (www.telkomsel.com/cek-prepaid), untuk melaksanakan pengecekan di kartu Telkomsel.

Bukan itu saja, anda bisa melakukan pengecekan melalui pinjaman call center pada nomor 080-718-118-11 atau anda mampu mendatangi gerai Grapari untuk eksklusif mengecek nomor NIK-nya.


2. Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK dengan XL

 jika Nomor Induk Kependudukannya disalah gunakan oleh orang lain Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK 2022
Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK dengan XL
Cara cek nomor yang terdaftar di NIK, jikalau anda memakai kartu XL maka anda mampu melakukannya dengan cara USSD pada layar panggilan.

Silahkan anda ketik *123*4444# pada layar panggilan, setelah itu anda ikuti isyarat berikutnya dimana anda akan diberikan gosip perihal nomor NIK-nya.


3. Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK dengan Tri (3)

 jika Nomor Induk Kependudukannya disalah gunakan oleh orang lain Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK 2022
Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK dengan Tri (3)
Untuk cara cek nomor yang terdaftar di NIK selanjutnya, untuk anda pengguna kartu Tri (3) maka anda mampu pribadi menganalisa ke situs resmi kartu Tri (3).

Silahkan anda datangi melalui link berikut (https://registrasi.tri.co.id), dimana anda akan menerima isu wacana nomor NIK-nya yang sudah terdaftar di kartu Tri (3).


4. Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK dengan Indosat

 jika Nomor Induk Kependudukannya disalah gunakan oleh orang lain Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK 2022
Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK dengan Indosat
Cara cek nomor yang terdaftar di NIK selanjutnya, untuk anda pengguna kartu Indosat maka anda mampu melakukan pengecekan dengan cara mengantarkan pesan singkat atau SMS.

Silahkan anda ketik SMS dengan format INFO#NIK atau INFO#MSISDN, sesudah itu anda kirim ke nomor 4444.


5. Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK dengan Smartfren

 jika Nomor Induk Kependudukannya disalah gunakan oleh orang lain Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK 2022
Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK dengan Smartfren
Cara cek nomor yang terdaftar di NIK berikutnya, buat anda pengguna kartu Smartfren maka anda mampu melaksanakan pengecekan lewat situs resminya.

Silahkan anda datangi lewat link berikut (https://my.smartfren.com/check_nik.php), sesudah itu anda akan diminta nomor NIK-nya dan pertanyaan lainnya pastikan anda menjawabnya dengan benar.


6. Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK dengan Net1 Indonesia

 jika Nomor Induk Kependudukannya disalah gunakan oleh orang lain Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK 2022
Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK dengan Net1 Indonesia
Cara cek nomor yang terdaftar di NIK berikutnya, untuk anda pengguna Net1 Indonesia atau N1 dimana anda mampu melakukan pengecekan di situs resminya.

Pasalnya operator ini dulunya ialah Neon dan Ceria, yang awalnya produk dari PT Ssampoerna Telekomunikasi Indonesia.

Langsung saja, silahkan anda kunjungi melalui link berikut (https://my.net1.co.id) sehabis itu anda bisa mengikuti instruksi berikutnya dan termasuk Login apalagi dulu.


7. Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK dengan Axis

 jika Nomor Induk Kependudukannya disalah gunakan oleh orang lain Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK 2022
Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK dengan Axis
Untuk cara cek nomor yang terdaftar di NIK yang terakhir, buat anda pengguna kartu Axis maka anda bisa mengujungi situs resmi Axis untuk melakukan pengecekan nomor NIK.

Silahkan anda datangi melalui link berikut (http://axis.co.id/cek-nik) sesudah itu anda bisa mengikuti isyarat selanjutnya seperti memasukkan NIK dengan benar.


8. Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK dan Tips Mencegah Penyalahgunaan NIK

 jika Nomor Induk Kependudukannya disalah gunakan oleh orang lain Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK 2022
Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK dan Tips Mencegah Penyalahgunaan NIK
Jika anda telah akhir cara cek nomor yang terdaftar di NIK, maka anda harus mengetahui tips-kiat aman menangkal terjadinya penyalahgunaan NIK.

Yah, karena kita gak mengetahui apakah NIK itu sudah disalah gunakan atau tidak oleh orang lain dimana saat ini semua proses aspek formalitas umumnya membutuhkan NIK.

Contohnya saja pada saat anda melamar pekejaan atau melakukan pendaftaran kartu prabayar, oleh sebab itu nomor NIK sangatlah penting.

Berikut kiat-tips aman mencegah terjadinya penyalahgunaan NIK:
  • Untuk itu, anda harus usahakan daftar kartu SIM dengan mampu berdiri diatas kaki sendiri, supaya mengurangi permintaan NIK oleh orang lain.
  • Jika anda menerima nomor yang tidak dikenal menggunakan NIK-nya, maka anda secepatnya Unreg atau bisa langsung ke gerai operator langsung dikotanya.
  • Selain itu, anda harus simpan yang rapi KK atau KTP-nya agar mencegah orang yang tidak bertanggung jawab menyalah gunakan NIK.
  • Segera laporkan kepada pihak berwenang atau operator seluler, jikalau anda mencicipi kejanggalan dengan nomor NIK-nya.


Akhir Kata

Demikianlah penjelasan yang kami sampaikan untuk anda, tentunya cara tersebut bisa anda pakai untuk menilik nomor NIK-nya.

Supaya anda terhindar dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab, anda bisa menggunakan cara di atas diubahsuaikan dengan kartu yang anda gunakan saat ini.

Gimana, gampangkan untuk mengecek nomor NIK-nya dan tentu saja anda gak perlu cemas lagi anda mampu melaksanakan pengecekan sendiri untuk memutuskan nomor NIK-nya.

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini perihal cara cek nomor yang terdaftar di NIK. Sekian dan selamat mencoba.