Blogger Jateng

5 Tips Menjaga Keamanan Windows 2022

 Bagi anda yang memiliki komputer atau laptop dengan OS Windows maka anda harus menjaga ke 5 Tips Menjaga Keamanan Windows 2022 Bagi anda yang mempunyai komputer atau laptop dengan OS Windows maka anda mesti mempertahankan keamanan windows anda dengan baik. Seperti kita pahami bahwa nyaris semua PC dan laptop yang beredar ketika ini menggunakan tata cara operasi Windows.


Menjaga keselamatan windows yakni hal yang perlu buat anda lakukan agar PC atau laptop anda tidak gampang diserang hacker. Serangan hacker ini misalkan untuk tujuan mencuri data eksklusif anda atau tujuan lainnya.

Cara menjaga keselamatan windows yang hendak kita diskusikan disini mungkin bagi sebagian orang yakni hal yang mendasar tetapi sungguh penting untuk anda lakukan. Kita akan membahas mengenai hal-hal fundamental yang mencegah PC atau laptop windows anda tidak gampang diserang oleh hacker.

Daftar isi

  • Tips Menjaga Keamanan Windows
    • 1. Membuat Password User
    • 2. Aktifkan Windows Defender
    • 3. Teliti Browser
    • 4. Tidak Mendowload Sesuatu Secara Sembarangan
    • 5. Cek Izin Aplikasi

Tips Menjaga Keamanan Windows

1. Membuat Password User

Cara menjaga keamanan windows yang pertama ialah dengan membuat password user pada laptop atau PC anda. Membuat password user mungkin bagi sebagian orang sudah dilakukan. Namun bagi sebagian orang mereka tidak mau repot jika harus senantiasa menggunakan password untuk masuk ke laptop atau PC nya sehingga mereka memilih untuk tidak menggunakan password login.

Menjaga keselamatan windows dengan menerapkan password login ke laptop atau PC bermaksud untuk menjaga keamanan data-data pribadi anda yang tersimpan di dalamnya. Data eksklusif ini misalnya password media sosial, password banking dan yang lain.

Dengan menerapkan password login juga akan menghalangi penggunaan laptop atau PC anda oleh orang lain. Tentu bagi orang lain yang sudah biasa menggunakan berbagai macam teknik pengambilan data di windows maka akan sungguh mudah bagi mereka kalau mereka bisa dengan mudah mengakses PC atau laptop anda.

Anda juga mesti menertibkan PC atau laptop anda agar otomatis terkunci jikalau sedang tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu.

Untuk mampu menyetting biar laptop atau PC anda memakai password login dan juga otomatis terkunci bila sedang tidak digunakan, anda bisa menyettingnya pada menu Settings kemudian anda pilih sajian Account. Kemudian pilih pilihan Sign-in Option untuk setting password dan sajian When PC Wakes Up From Sleep untuk mengatur supaya saat laptop atau PC harus dibuka menggunakan password saat telah dalam mode sleep.

2. Aktifkan Windows Defender

Cara menjaga keselamatan windows berikutnya ialah dengan mengaktifkan windows defender. Windows defender yaitu aplikasi keselamatan bawaan windows.

Tentu anda masih tetap mampu memasang antivirus dari pihak ketiga untuk keamanan windows anda. Aplikasi pihak ketiga severti Avira, Kaspersky dan yang lain masih mampu berlangsung berdampingan dengan windows defender ini.

Cara mengaktifkan windows defender untuk menjaga keamanan windows anda yakni di menu Settings, lalu menu Update and Security, lalu pilih opsi Windows Security dan lalu pilih pilihan Open Windows Defender Seccurity Center.

3. Teliti Browser

Cara menjaga keamanan windows berikutnya ialah dengan terus mengupdate browser yang ada di windows anda. Browser ketika ini sebagian besar telah mempunyai fitur update otomatis.

Selain update browser, anda juga harus meneliti add-on atau ekstensi yang terpasang di di browser anda. Banyak add-on atau ekstensi yang diketahui malah mencuri data dari penggunanya. Jadi pastikan anda memakai ekstensi yang terpercaya saja.

Untuk browser mozilla firefox, menu add-ons sudah tersedia di menu dan juga di browser Microsoft Edge anda juga mampu menyaksikan hidangan add-ons di pilihan Extensions.

4. Tidak Mendowload Sesuatu Secara Sembarangan

Cara mempertahankan keamanan windows berikutnya adalah menghalangi atau aware terhadap apa yang anda download. Anda mampu mendownload aplikasi dari situs resmi saja.

Kemudian setelah mendownload sesuatu, pada saat menginstalnya semestinya anda perhatikan agreement yang dituliskan oleh pengembang aplikasi.

Lalu bila anda kegemaran mendownload konten bajakan, maka windows anda akan lebih mudah untuk disusupi dengan virus yang dibawa oleh aplikasi bajakan tersebut.

5. Cek Izin Aplikasi

Cara mempertahankan keamanan windows yang kelima ialah dengan mengevaluasi izin aplikasi yang sudah anda instal. Dengan memeriksa izin aplikasi ini maka anda dapat menyaksikan aplikasi mana yang ternyata mempunyai izin yang berlebihan misalkan sampai mempunyai izin melihat data langsung anda.

Untuk menertibkan izin aplikasi ini anda dapat menyettingnya di hidangan Settings, kemudian pilih sajian Privacy. Untuk melihat pengaturan secara umum mampu anda cek di tab General dan untuk menyaksikan pengaturan yang lebih rinci atau khusus anda mampu melihatnya di serpihan App Permissions.

Izin aplikasi yang paling utama untuk anda cek alasannya terkait data langsung anda yaitu izin lokasi, mikrofon dan kamera. Hal ini karena mikrofon dan kamera sangatlah sensitif untuk anda kecuali aplikasi untuk melaksanakan video call dan pengambilan gambar.

Dengan menerapkan kiat mempertahankan keamanan windows di atas mulai dari membuat password user, mengaktifkan windows defender, meneliti browser, tidak mendownload asal-asalan dan mengevaluasi izin aplikasi, akan menangkal hacker mampu masuk dengan mudah ke metode windows di PC atau laptop anda. Semoga berguna.