Blogger Jateng

Pembahasan OSP SMP IPS 2019 No 1-10

Halo kawan-kawan pejuang OSN IPS Sekolah Menengah Pertama setanah air Indonesia, kita lanjut nih bahas kunci OSP IPS tahun 2019 sesudah sebelumnya udah bahas yang OSK.
Soal OSP ini level kesulitannya tentu akan lebih meningkat, jadi pastikan kalian senantiasa update materi dan latihan soal-soalnya ya!.
1. Banyak orang berpendapat bahwa Raflesia Arnoldi sama dengan bunga Bangkai. Manakah pernyataan berikut ini yang benar ….A. Bunga Bangkai memiliki nama latin amorphophallus titanumB. Bunga Raflesia mempunyai bentuk yang menjulang ke atasC. Bunga Bangkai mempunyai bentuk yang lebar membulat ke sampingD. Bunga Raflesia tergolong ke dalam keluarga talas-talasan
2. Hutan merupakan salah satu kekayaan sumber daya alam yang harus dijaga kelestariannya. Akan tetapi ketika ini banyak terjadi penyusutan luas hutan yang paling drastis di Indonesia antara lain terdapat di Provinsi ….A. Jawa Barat, Kalimantan Timur, PapuaB. Riau, Kalimantan Tengah, AcehC. Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, Bangka BelitungD. Maluku, Papua, Nusa Tenggara Barat
3. Bangkok sangat terkenal dengan destinasi wisata sungai dan kota yang menghadap sungai (water front city). Kota-kota di Indonesia juga sangat mempunyai kesempatan dikembangkan seperti Bangkok ialah ….A. Jayapura, Bandung, DenpasarB. Pekanbaru, Pangkal Pinang, PalangkarayaC. Semarang, Medan, AmbonD. Palembang, Pontianak, Samarinda
4. Perhatikan sketsa peta topografi berikut berikut ini. Untuk menuju puncak supaya pendakian tidak terlampau berat maka jalur yang ditempuh yakni ….5. Perhatikan gambar di bawah ini. Berdasarkan keadaan geologisnya, Indonesia mempunyai kesempatankekayaan sumberdaya alam selaku   berikut, kecuali ….
A. Gunung apiB. Batuan dan mineralC. Tanah suburD. Wilayah maritim
6. Di  tempat  pegunungan,  lazimnya petani  mananam  jenis  flora palawija. Hal ini sebab keadaan lingkungan alam yang berpengaruh ialah ….A. Aktivitas gunung apiB. Tanah pegunungan yang sangat suburC. Tanah pegunungan yang sangat susah menahan airD. Temperatur kawasan pegunungan sangat minim
7. Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) adalah alur alut yang ditetapkan sebagai alur untuk pelaksanaan Hak Lintas Alur Laut Kepulauan berdasarkan konvensi hukum maritim internasional. Berikut ini yakni ALKI yang telah ditetapkan, kecuali ….A. Selat SundaB. Selat LombokC. Selat Ombai-WetarD. Selat Bali
8. Penanaman padi Gogo Rancah di Nusa Tenggara Timur dengan cara ditugal seperti halnya padi ladang hal ini karena kondisi alam kawasan tersebut ….A. Jumlah bulan berair < jumlah bulan keringB. Jumlah bulan basah > jumlah bulan keringC. Jumlah bulan lembap = jumlah bulan keringD. Temperatur udara yang sungguh tinggi
9. Wilayah Sangiran ialah tempat ditemukannya banyak kerangka manusia purba. Landform dari wilayah Sangiran adalah ….A. lembahB. dataranC. pegununganD. perbukitan
10. Untuk menjaga kelestarian hutan, penduduk di sekeliling hutan memutuskan wilayah hutan larangan. Salah satu suku di Indonesia yang  masih  mempertahankan adanya hutan larangan, ialah suku ….A. BaduyB. TenggerC. OsingD. Mandar
Kunci1. Kibut atau bunga bangkai raksasa atau suweg raksasa, Amorphophallus titanum Becc., merupakan tumbuhan dari suku talas-talasan endemik dari Sumatra, Indonesia, yang dikenal selaku flora dengan bunga paling besar di dunia, walaupun catatan menyebutkan bahwa kerabatnya, A. gigas mampu menciptakan bunga setinggi 5 m. Banyak orang yang sulit membedakan Amorphophallus dengan  Rafflesia arnoldi. Kalau bunga Raflesia tidak menjulang ke atas namun ke samping dan tidak memiliki tangkai seperti gambar di bawah ini.
2. Penyusutan luas hutan yang drastis ada di Aceh, Kalimantan Tengah dan Riau. Banyak terjadi alih fungsi hutan menjadi perkebunan sawit.
3. Kota yang mempunyai potensi seperti Bangkok adalah kota yang berada di sisi sungai besar dan berada di kawasan muara contohnya Palembang (Sungai Musi), Pontianak (Sungai Kapuas), Samarinda (Sungai Mahakam).
4. Ciri khas kontur adalah kian rapat maka membuktikan daerah terjal dan makin renggang garis kontur maka semakin landai. Berdasarkan peta di soal maka jalur 1 ialah yang paling landai.
5. Lokasi geologi berhubungan dengan tektonik lempeng. Indonesia berada di zona konferensi 3 lempeng aktif (Eurasia, Indo Australia, Pasifik) sehingga banyak terbentuk gunung api dan kejadian vulkanisme. Akibatnya tanahnya relatif subur, kaya mineral hemat dan batuan-batuan alam yang beragam.
6. Palawija cocok dikembangkan di daerah pegunungan alasannya adalah tanahnya relatif subur, kaya materi organik atau mineral.
7. Berikut peta ALKI Indonesia, maka selat Bali tidak masuk ke dalam peta ALKI. Cek di bawah.
8. Padi gogo ditanam pada lahan kering bukan sawah, hal ini sebab jumlah bulan lembap lebih minim dibanding bulan kering. Hal ini banyak dijumpai pada wilayah mirip Nusa Tenggara.
9. Sangiran ialah daerah kawasan situs arkeologi terbesar di Indonesia yang secara landform dulunya ialah sebuah kubah/dome yang kemudian terdeformasi sehingga membentuk lembah. Pada jaman dahulu, sekitar 2 juta tahun yang kemudian, tempat Sangiran merupakan cekungan pengendapan serpihan dari putus asa Solo. Depresi Solo terbentuk selesai acara tumbukan lempeng tektonik berbentukgaya kompresi berarah relative utara-selatan.
10. Hutan larangan yaitu ungkapan budpekerti masyarakat suku Sunda mirip Baduy. Hutan larangan berfungsi sebagai hutan lindung, penyimpan air dan dilarang diganggu aktifitas insan.