Blogger Jateng

Pembahasan Kunci Simulasi OSN Geografi 2022 No 51-60

Hai gaes, assalamualaikum wr wb, gimana nih masih tetap optimis kan menghadapi OSN Geografi besok?. Kalau gitu kita teruskan lagi ya pembahasan soal simulasinya.
Kali ini kita bahas no 51-60, topiknya bergeser ke geografi ekonomi dan mulai ada dinamika kependudukan. Pastikan untuk selalu update blog ILMUGURU ya, dan jangan lupa share ke sahabat-teman lainnya.
51. Negara yang bukan menjadi anggota BRICS ialah ...a. Indiab. Tiongkokc. Russiad. Brazile. Swedia
KunciIni soal OSK tahun sebelum-sebelumnya. BRICS itu koordinasi ekonom Brasil, Russia, India, China/Tiongkok, South Africa. Ini kalian jika tau bendera negara di atas sih ga bakal sukar.
52. Weber yaitu salah satu pakar lokasi industri yang dimengerti dengan faktor-faktor lokasi industri. Yang tidak termasuk dalam faktor ini adalah ...a. pasarb. bahan bakuc. tenaga kerjad. infrastruktur dan lahane. perijinan
KunciTeori Weber tersebut mampu diambil intisarinya bahwa terdapat tiga aspek yang menghipnotis lokasi industri yakni biaya trasportasi, upah tenaga kerja, dan aglomerasi. Biaya trasportasi dan upah tenaga kerja merupakan aspek biasa yang menentukan lokasi industri dalam kaitannya dengan kerangka geografi. 
Biaya trasportasi merupakan faktor yang utama atau pertama dari langkah menentukan lokasi industri karena biaya transportasi bertambah dikala jarak pun bertambah jauh, dan aspek upah tenaga kerja dan aspek aglomerasi merupakan aspek yang mendorong adaptasi dalam lokasi industri.
Kaprikornus sepertinya perijinan gak masuk kriteria teori Weber.
53. Aglomerasi yakni salah satu kecenderungan dalam tatanan bisnis yang perlu dimengerti dan difasilitasi semoga perekonomian kota berlangsung optimal. Karakteristik utama dalam rancangan aglomerasi ialah ...a. perusahaan sejenis saling berkompetisi maka lokasi perlu dipisahb. perusahaan sejenis cenderung untuk saling mendekatic. kawasan mesti berisi berbagai jenis perusahaan supaya terjadi value chaind. kawasan ekonomi hendaknya bebas tidak butuhdiarahkane. mesti ada hierarki pada setiap daerah
KunciMenurut Kolehmainen (2002) aglomerasi memiliki arti industri tidak berlokasi secara merata pada seluruh daerah, akan tetapi mengelompok secara berdekatan pada pecahan tertentu di kawasan tersebut. Dalam aglomerasi industri terdapat interaksi yang saling terkait antara skala ekonomi, biaya angkutandan seruan. Kaprikornus C jawabannya.
54. Gambar menandakan pekerja yang disebut juga "gold collar". Termasuk aktifitas ekonomi apakah gambar tersebut?
a. primerb. sekunderc. tersierd. kuartenere. kuartener
KunciIstilah Gold Collar ini pertama kali dikenalkan pada tahun 1985 dan merujuk pada pekerja gampang dengan gaji rendah namun dermawan barang glamor. Tidak cuma itu, istilah pekerja gold collar juga mampu didedikasikan orang-orang yang sungguh terampil dan pintar. Misalnya pengacara, periset, dan dokter. Kaprikornus Gold Collar masukya industri kuartener.
Sektor kuarterner adalah sektor ekonomi yang meliputi penyediaan jasa dengan mempergunakan wawasan dan kemampuan. Sektor ini ialah pengembangan dari sektor tersier dengan melibatkan kekayaan intelektual.
Coba kalian cari lagi ungkapan pekerja itu ada blue collar, white collar, black collar, gold collar dan yang lain. Di google cari blog yang bahas ungkapan tersebut.
55. Kesempatan berusaha harus dibuka seluas-luasnya melalui fair trade adalah metode jual beli berkesinambungan yang berusaha membantu produsen yang terpinggirkan melalui tata cara pembayaran yang adil, kondisi kawasan kerja pantas, perlindungan teknis, acara sosial, sosial kesetaraan, transparansi, saling mempercayai dan mempertahankan lingkungan (pekerti). Yang tidak menunjang hal ini yaitu adanya ....a. menjaga nilai-nilai tradisional-lokalb. monopolic. penciptaan pasar barud. ekonomi berkelanjutane. kooperasi
KunciYa monopoli lah, kan ini satu produsen menguasai pasar ekonomi risikonya gak adil dong. 
56. Pertumbuhan masyarakatdi Indonesia tidak dapat dilepaskan dari efek aneka macam aspek seperti kondisi fisiografis, biologis, sosial, ekonomi dan budaya. Salah satu acuan nilai-nilai budaya yang bersifat pro natalis adalah ....a. kenaikan kualitas sumber daya insanib. perluasan kanal mendapatkan layanan pendidik berkualitasc. anak dipandang selaku investasi hari tuad. pemerataan potensi mendapatkan pekerjaan yang layake. kearifan lokal memelihara lingkungan lokal
KunciPro natalitas itu kan yang meningkatkan angka kelahiran jadi ya salah satunya persepsi bahwa anak itu ialah investasi keluarga. Makin banyak anak maka kala depan akan cerah. Kalau saya sih oke, asal dengan diimbangi pendidikan yang berkualitas ya baik agama maupun duniawi.
57. Malthus ialah tokoh pertama yang menawarkan kritik terhadap bahaya laju pertumbuhan penduduk yang tidak diimbangi dengan kenaikan pangan. Rekomendasi Malthus yang condong masih diimplementasikan di sebagian besar negara-negara meningkat , khususnya terkait perilaku anti natalis ialah ....a. redistribusi kepemilikan tanahb. kenaikan terusan jual beli internasionalc. diversifikasi potensi kerja sektor informald. gerakan KBe. diversifikasi produk pangan
KunciTeori Thomas Robert Malthus (1798) menyatakan bahwa peningkatan buatan pangan mengikuti deret hitung dan kemajuan masyarakatmengikuti deret ukur sehingga manusia pada kurun depan akan mengalami bahaya kelaparan. Ini ialah teori ekonomi klasik yang mengesampingkan kemajuan teknologi pangan, kreatifitas insan, pergantian ideologi ekonomi dan lainnya. Jadinya dulu Malthus itu menyarankan adanya gerakan keluarga berencana atau pembatasan kelahiran.
58. Perhatikan piramida masyarakatberikut.
Piramida penduduk di atas pada umumnya masih mendominasi negara-negara berkembang. Jika dilihat dari indikator mutu penduduk, piramida masyarakatdi atas menawarkan ....a. kebutuhan lapangan kerja makin meningkatb. ketimpangan angka harapan hidupc. rendahnya kualitas kesehatand. kenaikan keperluan pemenuhan pangane. bahaya terhadap ketahanan pangan
KunciIni soal mengecek ya gaes, membaca data kemudian menyimpulkan. Ini kan piramida tipe ekspansi, coba lihat makin usia tua makin sedikit kan orangnya. Simpulannya berarti negara ini kulaitas kesehatannya rendah jadi pasti angka cita-cita hidup rendah. 
59. Perhatikan data di bawah!

Data di atas memberikan 5 provinsi yang mempunyai indeks kebahagiaan paling tinggi di Indonesia. Pengukuran indeks kebahagiaan di dasarkan pada dimensi ...a. kepuasan hidup, perasaan dan makna hidupb. kepuasan hidup, perasaan dan indeks kematian bayic. perasaan, indeks kematian bayi dan melek hurufd. indeks kematian bayi, melek huruf, dan pemasukan per kapitae. melek abjad, pemasukan per kapita dan lamanya pendidikan
KunciDilansir dari BPS, Indeks Kebahagiaan 2017-2021 diukur menggunakan 3 (tiga) dimensi: Kepuasan Hidup (Life Satisfaction), Perasaan (Affect), dan Makna Hidup (Eudaimonia). Sementara Metode sebelumnya (2014), Indeks Kebahagiaan hanya diukur memakai satu dimensi yakni Kepuasan Hidup (Life Satisfaction).
60. Perhatikan gambar!
Jika mengamati gambar di atas, abad yang paling mempunyai potensi terjadi ledakan penduduk yakni ....a. 2a dan 4ab. 2b dan 2cc. 2c dan 4ad. 3a dan 4ae. 3b dan 4c
KunciIni kan soal yang ada di soal latihan simulasi yang udah saya upload kan?. Ledakan masyarakatitu terjadi bila kelahiran masih level atas sementara akhir hayat menurun. Lihat aja grafiknya yang memberikan gap kelahiran dan kematian yakni 2b dan 2c. Ingat cara membaca grafik data, ketahui cara menganalisis versi ginian ya, pasti nanti timbul soal versi gini. Ini akan versi AKM literasi data.
Lanjut: Soal No 61-70