Blogger Jateng

Pembahasan Kunci Simulasi OSN Geografi 2022 No 31-35

Masih gaspol lagi ya kita bahas kunci jawaban simulasi OSN Geografi 2022 nomor berikutnya yakni 31-35. Topiknya seputar sumber daya energi.
Jangan lupa untuk selalu pantengin blog ini dan share ke sahabat-sobat lain ya di grup sekolah atau medsos kalian.
31. Dampak lingkungan yang ditimbulkan balasan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yaitu ...a. hilangnya tanaman dan binatang endemik di daerah rendaman PLTAb. berubahnya kebudayaan masyarakat di sekeliling wadukc. hilangnya pemukiman penduduk di daerah rendaman PLTAd. hilangnya mata pencaharian penduduke. bertambahnya kebutuhan penduduk dalam transportasi air
KunciKalau pengaruh lingkungan berarti lebih ke biosfer ya, artinya pembangunan PLTA itu kan luas, bisa menciptakan waduknya dahulu, nanti bangun gedung dan yang lain. Ini akan menghilangkan flora dan binatang endemik di tempat rendaman PLTA.
32. Dampak lingkungan yang bukan ditimbulkan akhir pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) batubara adalah ...a. polusi air bahari akibat buangan air gasb. pelepasan karbon berlebih ke udarac. gangguan terhadap ekosistem pesisir sekitar PLTUd. polusi udara di sekeliling PLTUe. banyaknya sedimentasi di muara sungai sekitar PLTU
KunciPLTU batubara itu pastinya akan menimbulkan imbas negatif khususnya polusi. Dampak negatif yang ditimbulkan dari keberadaan PLTU tersebut, antara lain adanya polusi udara yang dihasilkan dari PLTU, getaran mesin PLTU, radiasi yang ialah bunyi bising yang dihasilkan dari kipas pendingin yang berkapasitas besar, limbah kerikil bara sisa bahan bakar utama mesin PLTU juga mencemari sungai dan bada air lain. Saya lebih milih yang opsi A.
33. Untuk memenuhi kebutuhan listrik di seluruh rakyat Indonesia, pemerintath sudah membangun banyak pemangkit listrik dengan banyak sekali jenis. Jenis pembangkit listrik apakah yang paling banyak dibangun selama ini?a. PLTU (uap)b. PLTA (air)c. PLTB (bayu)d. PLTS (surya)e. PLTN (nuklir)
KunciKalau berdasarkan data yang ada di Databoks sih PLTU yang kapasitas terpasangnya paling banyak, coba cek benar gak datanya di bawah ini.34. Fenomena mengeringnya Laut Aral di Asia Tengah ialah salah satu tragedi lingkungan yang pernah terjadi dalam sejarah modern. Pengeringan Laut Arah disebabkan oleh ....a. pemanasan global mengakibatkan kenaikan temperatur dan menguapkan semua air di laut Aral.b. pembangunan saluran drainase dari Laut Aral ke Laut Kaspia yang mencampakkan semua air di laut Aralc. pengambilan air besar-besaran oleh penduduk di sekitar Laut Aral untuk keperluan domestikd. proyek irigasi ambisius pemerintah Soviet di era lalu yang mengalihkan air dari Sungai Amu Darya dan Syr Darya untuk kepentingan pertanian skala besare. proyek pembendungan Sungai Ob dan Sungai Volga oleh pemerintah Soviet untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga air
KunciIni soal OSK tahun berapa gitu, jawabannya udah aku diskusikan. Laut Aral hilang karena proyek irigasi ambisius Uni Soviet untuk kepentingan pertanian skala besar.
35. Letak suatu perjuangan pertanian pada permukaan bumi sangat mempengaruhi jenis atau tipe pertanian yang diusahakannya. Andaikan seorang petani berdiam pada wilayah tropis, ketinggian > 700 mdpl dengan topografi bergelombang dan kemiringan lereng relatif curam maka jenis pertanian yang cocok untuk dibudidayakan adalah ....a. ladang, flora jagungb. tegalan, tanaman padic. perkebunan, flora karetd. ladang, tanaman hortikulturae. ladang berpindah
KunciKalau wilayah tropis artinya suhu relatif panas, ketinggian > 700 m masuk perbukitan dan topografi bergeombang dan curam bermakna lebih cocok ke hortikultura. Kalau jagung soalnya cocok di dataran rendah dan suhu relatif panas.
Lanjut: Soal No 36-40