Blogger Jateng

Pembahasan Kunci Simulasi OSN Geografi 2022 No 1-5

Halo adik-adik, pastinya kalian telah melakukan simulasi OSN Geografi secara daring kan kemarin dan pastinya soal-soal banyak diambil dari taun-tahun kemudian.
Berhubung saya udah ada soalnya, jadi kita coba bahas ya semoga lebih mampu menolong kalian untuk persiapan OSN minggu depan.
Jangan lupa share blognya ke sahabat-sahabat di grup medsos kalian ya!.1. Insolasi tertinggi di ekuator terjadi pada demam berita ....a. masbodoh di belahan bumi utarab. semi di belahan bumi utarac. panas di serpihan bumi utarad. cuek di serpihan bumi selatane. panas di cuilan bumi selatan
KunciKalian harus paham dahulu apa itu insolasi ya. Radiasi matahari yang tiba di permukaan bumi per satuan luas dan waktu dikenal selaku insolasi (berasal dari insolation = incoming solar radiation), atau kadang-kadang disebut sebagai radiasi global, adalah radiasi langsung dari matahari dan radiasi yang tidak pribadi (dari langit) yang disebabkan oleh hamburan dari partikel atmosfer.
Insolasi ini dipengaruhi oleh gerak semu tahunan matahari. Insolasi tertinggi di ekuator terjadi ketika fenomena ekuinoks atau matahari tepat di atas ekuator ialah 21 Maret dan 23 September.  Ketika terjadi ekinoks, area ekuator mendapat insolasi maksimum dan semakin menyusut ke arah lintang tinggi. 
Pada 21 Maret di cuilan bumi utara sedang gosip terkini semi, sementara saat 23 September di potongan bumi utara sedang demam isu gugur. Ini kalian mesti paham ihwal gerakan semu tahun matahari dan pergantian demam berita di belahan bumi utara dan selatan.
Gerak semu matahari dan perubahan berita terkini

2. Akibat perbedaan pemanasan yang tidak merata di seluruh permukaan bumi maka terjadilah gerak udara. Jika gerak udara tersebut mempunyai lintasan tertutup maka akan membentuk ....a. vortisitasb. turbulensic. sirkulasid. pusaran udarae. salah semua
KunciPerbedaan pemanasan menjadikan kerapatan udara mengalami perbedaan sehingga terjadilah anutan udara dari tempat yang bertekanan minimum ke kawasan bertekanan maksimum. Massa udara hangat cenderung akan memuai dan naik ke atas sementara udara yang hambar cenderung lebih rapat sehingga akan cenderung berada di serpihan bawah. Gerakan ini disebut sirkulasi.
Menurut Soenarmo (1999), penyebab utama adanya gerakan yang membentuk sirkulasi atmosfer baik horizontal maupun vertikal yakni: 1. Ketidakseimbangan panas dan dikala-ketika antara lintang tinggi dengan lintang rendah dan antara permukaan bumi dan atmosfer. 2. Topografi permukaan bumi. 3. Distribusi permukaan, darat dan air.
3. Diantara albeldo berikut ini yang paling besar yakni albeldo dari ....a. awanb. permukaan daratanc. permukaan rumputd. es di kutube. lautan
KunciDilansir wikipedia, Albeldo merupakan sebuah besaran yang menggambarkan perbandingan antara sinar Matahari yang datang di permukaan bumi dan yang dipantulkan kembali ke angkasa dengan terjadi pergeseran panjang gelombang (outgoing longwave radiation). Perbedaan panjang gelombang antara yang tiba dan yang dipantulkan bisa dikaitkan dengan seberapa besar energi matahari yang diserap oleh permukaan bumi.
Albeldo terbesar yakni permukaan es, cek di bawah ini. Karena es di kutub berperan mirip kaca, memantulkan kembali sinar matahari.
Albeldo kian tinggi maka sinar kian banyak dipantulkan sementara albeldo kecil maka sinar kian banyak diserap sebuah benda.
Ilustrasi albeldo 

4. Gelombang elektromagnetik berikut ini yang memiliki energi radiasi paling besar ....a. sinar Xb. sinar gammac. sinar UVd. gelombang radioe. infrared
KunciEnergi radiasi paling besar dipancarkan oeh sinar gamma seperti dari sumber radioaktif. Cek di diagram berikut, pahami perihal panjang gelombang, warna gelombang dan frekuensinya. Cek di bawah, ketahui setiap indikatornya ya anak-anak.
Diagram radiasi gelombang elektromanetik

5. Perbedaan nyata antara iklim dan cuaca ialah ....a. iklim mencakup wilayah yang luas, sedangkan cuaca mencakup daerah yang lebih sempitb. iklim memiliki jangka waktu yang lebih panjang dibanding cuacac. iklim mampu mensugesti kegiatan manusia baik secara eksklusif maupun tidak, cuaca tidak berpengaruh secara signifikand. iklim meliputi daerah yang luas dan waktu yang panjang sementara cuaca meliputi daerah yang sempit dan waktu yang singkate. cuaca bisa membentuk bioma khas suatu tempat sedangkan iklim tidak bisa
KunciPerbedaan paling mendasar dari iklim dan cuaca yakni soal waktu, sebab iklim itu waktunya panjang sementara cuaca itu singkat. Yang mempengaruhi program manusia secara eksklusif itu yakni cuaca sementara iklim tidak langsung. Kalau dalam hal luas, ada desain iklim mikro mirip iklim di kawasan tertentu karena kondisi geografis spesifik dan unik. Kaprikornus waktu/durasi yakni teladan paling utama.
Lanjut: Kunci No 6-10