Blogger Jateng

Pembahasan Kunci Simulasi OSN Geografi 2022 No 46-50

Lanjut lagi ya kita diskusikan jawaban soal simulasi OSN Geografi tahun 2022 nomor 46-50 nih gaes. Topiknya masih seputar kota dan seluk beluknya.
Jangan lupa share artikel ini ke sahabat-teman lain ya di grup medsos kalian, tinggal klik tombol share medsos di bawah postingan. Selamat mencar ilmu!.
46. Aerocity merupakan ekspresi dominan kota terbaru yang dibangun untuk mengantisipasi acuan hidup generasi milenial dan sesudahnya dimana dalam sebuah area properti yang sarat dengan bangunan besar dan bertingkat serta dihubungkan satu sama lain yang dilengkapi dengan fasilitas permukiman yang lengkap dan menjadi serpihan dari bandar udara, dalam hal transportasi mengutamakan ....a. padumodab. ekslusifc. greenbeltd. multiple statione. smartcity
KunciKalau ada aneka macam macam fasilitas dalam satu aerociy maka untuk menghubungkan antar akomodasi tersebut maka diperlukan moda transportasi terpadu atau padumoda. Padumoda itu terdiri atas berbagai jenis transportasi yang nantinya saling terkoneksi di satu titik pertemuan. Nanti masyarakat tinggal transit saja di lokasi-lokasi pertemuan/ terminal moda tersebut.
Konsep Aerocity BIJB Kertajati Majalengka

47. Central Place Theory menuntut adanya hierarki pusat-sentra tata ruang untuk mewadahi berbagai kemudahan perkotaan, semakin tinggi hierarki makin lengkap jenis dan luasnya fasilitas. Hal ini tidak sepenuhnya mampu dipenuhi lebih-lebih di negara meningkat Konsep alternatif yang mengembangkan kemudahan utama tidak pada satu lokasi sentral makin diperhitungkan para perencana kota ialah ...a. Ginzab. Agropolitanc. Technoparkd. Kawasan Khususe. Konurbasi
KunciMeluasnya daerah perkotaan di sepanjang koridor Jakarta-Bandung sudah menimbulkan terjadinya fenomena konurbasi. Konurbasi berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 494 tahun 2005 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan Perkotaan merupakan proses dimana sebuah kota metropolitan mengalami perkembangan fisik perkotaan yang menyatu dengan kota-kota di sekitarnya membentuk kawasan metropolitan yang lebih besar.
Konurbasi adalah kawasan yang terdiri dari sejumlah kota, kota besar, dan daerah perkotaan lainnya yang, melalui perkembangan masyarakatdan ekspansi fisik, telah bergabung untuk membentuk satu daerah perkotaan atau kawasan industri yang berkelanjutan. Dalam pada umumnya duduk perkara, konurbasi yakni kawasan perkotaan polisentris, di mana transportasi telah meningkat untuk menghubungkan kawasan-daerah untuk membuat pasar tenaga kerja perkotaan tunggal atau perjalanan ke area kerja.
48. Perkembangan kota yang elok adalah bila terjadi dinamika timbal balik antara perencana dengan pembangunan. Tanpa perencanaan perkembangan kota akan menimbulkan kesemrawutan yang menimbulkan kota menjadi tidak nyaman selaku residensial. Ada aneka macam rancangan contoh ruang kota yang masing-masing memiliki kekhasan sesuai dengan bentang alam serta visi dan misi kota yang bersangkutan. Permukiman kota dikelompokkan berdasarkan tingkatan sosial berkiblat pada contoh ruang ....a. konsentrikb. hierarkisc. sektorald. pusat jamake. pita
KunciModel zona konsentris, juga diketahui selaku versi Burgess atau versi CCD, yakni salah satu model teoritis paling permulaan untuk menunjukan struktur sosial perkotaan. Model kota konsentrik diciptakan oleh sosiolog Ernest Burgess pada tahun 1925. 
49. Kegiatan ekonomi yang mayoritas di Jakarta sebagai service city seperti halnya pada ibukota negara yang mempunyai fungsi gabungan antara civic centre dan CBD yaitu .... a. primer dan sekunderb. sekunder dan tersierc. tersier dan kuarterd. kuarter dan primere. primer dan kuarter
KunciKegiatan ekonomi tersier itu jasa dan kuarter itu sektor ekonomi yang mencakup penyediaan jasa dengan memanfaatkan pengetahuan dan kesanggupan kreatif.  Sektor primer itu pertanian dan sektor sekunder itu manfaktur.
50. Strategi memasuki pasar internasional oleh pelaku bisnis tidak mencakup ....a. ekspor-imporb. franchisingc. dumpingd. domestike. joint venture
KunciIni soal OSK tahun sebelumnya. Transaksi bisnis internasional ini pada biasanya merupakan upaya untuk menjual hasil buatan di mancanegara. Tahapan-tahapan dalam memasuki bisnis internasional: 1) Ekspor Insidentil; 2) Ekspor Aktif.; 3) Penjualan Lisensi.; 4) Franchising.; 5) Pemasaran di luar Negeri; 6) Produksi dan Pemasaran di Luar Negeri. 
Makara yang bukan jual beli internasional ya domestik ya gaes. 
Lanjut: Soal 51-60