Blogger Jateng

Pembahasan Kunci Jawaban OSK IPS 2019 No 31-40

Lanjut lagi pemirsa kita akan bahas kunci jawaban soal OSK IPS Sekolah Menengah Pertama tahun 2019 nomor 31-40. Jangan kudet ya, tentukan update terus blog ini alasannya adalah akan ada banyak lagi pembahasan soal yang lain.
Pastikan untuk senantiasa klik tombol share artikel blog ini ke sahabat-sobat grup medsos sahabat-sahabat lain di sekolah.
31. Makna bundar dalam bandera ASEAN yaitu
A. kesatuan anggota ASEANB. pardamaian dan stabilitas ASEANC. tujuan peluang dan mimpi ASEAND. kesejahteraan dan kejayaan ASEAN
KunciLambang ASEAN melambangkan stabil  tenang, bersati dan dinamis. Warna lambang biru, merah putih dan kucing mewakili warna utama dari lambang semua di negara anggota ASEAN.- Warna biru melambangkan kedamaian dan stabilitas.- Merah menggambarkan keberanian dan dinamisme.- Putih menawarkan kesucian.- Kuning melambangkan kesejahteraan.- Batang padi di tengah dijadikan selaku simbol yang mewakili impian para Bapak Pendiri ASEAN.- Lingkaran yang mengelilingi simbol padi yang melambangkan persatuan negara-negara ASEAN.
32. Ciri-ciri penting jaminan jualan Asia-Eropa sebelum Perang Dunia II (PD II) adalah . .A. komitmen jualan dengan bangsa Eropa mendorong pertumbuhan bangsa Asia.B. komitmen jalinan dagang lebih menguntungkan bagi kedua pihak daripada sehabis PD II.C. bangsa Asia lebih aktif dalam mengeskpor barang ketimbang bangsa Eropa.D. perjanjian jalinan jualan antara bangsa Eropa dan Asia menimbulkan kolonialisme.
KunciCiri-ciri penting jalinan jualan Asia-Eropa sebelum perang dunia kedua yakni persetujuan jalinan jualan antara bangsa Eropa dan Asia mengakibatkan kolonialisme. Semangat renaisans Eropa dengan trilogi 3G dan merkantilisme membuat bangsa Asia mengalami kolonialisme panjang tergolong Indonesia. 
33. Datangnya lslam mempengaruhi metode kehidupan sosial penduduk Indonesia antara IainA. runtuhnya kerajaan-kerajaan Hindu- BuddhaB. hadirnya sistem kerajaan kesultananC. datangnya gelar kyai dan sunan dalam struktur masyarakatD. penerapan nilai-nilai Islam dalam pengendalian kekuasaan
KunciDalam aspek sosial kemasyarakatan, hadirnya Islam memperlihatkan efek hadirnya gelar kyai dan sunan dalam kehidupan penduduk . Sunan dan kyai ialah orang terkemuka yang dihormati dan diagungkan sebab jasanya dalam mengembangkan agama Islam dalam lingkungan penduduk .
34. Pernyataan yang sempurna ihwal kebijakan kolonial Belanda di Indonesia adalahA. aturan tanam paksa menjadikan beban pajak yang berat bagi rakyat.B. sislem pintu terbuka menghalangi penguasaan swastaC. pelaksanaan politik etis di bidang irigasi bermaksud untuk mengairi sawah-sawah milik penduduk.D. tata cara pintu terbuka di bidang industri dan perkebunan mendorong perbaikan ekonomi penduduk
KunciRakyat Indonesia menderita dan menerima kerugian besar dari metode tanam paksa. Pelaksanaan metode tanam paksa menciptakan para petani sangat menderita masa itu alasannya adalah alih-alih mereka berfokus menanam padi untuk makan sendiri, mereka malah harus menanam tumbuhan ekspor yang hendak diserahkan ke pemerintah kolonial.
35. Perlawanan rakyat yang paling banyak menelan ongkos dan sukar dihadapi oleh Belanda berada di daerahA. Pulau BaliB. Pulau JawaC. Sumatera BaratD. Aceh
KunciBelanda gres bisa menguasai kawasan Aceh pada tahun 1912 atau 33 tahun menjelang negeri ini kesudahannya menyatakan proklamasi. Belanda sukar sekali masuk dan menguasai Aceh karena daerah ini memiliki pemimpin yang sangat jago. kekuatan militer Aceh yang dibantu oleh banyak penduduk sipil menciptakan Belanda harus kerja tambahan selama terjadi perang.
36. Pernyataan yang paling tepat wacana peran tokoh-tokoh dalam insiden Proklamasi Kemerdekaan :A. Sukarni ialah perumus naskah proktamasi.B. B.M. Diah adalah pengetik proklamasi.C. Chaerul Saleh yakni pemimpin rapat pemuda di Pegangsaan Timur yang meminta Soekarno untuk segera memproklamasikan kemerdekaanD. Sayuti melik yaitu pengusul penandatanganan teks Proklamasi Soekarno-Hatta  “atas nama bangsa Indonesia”
KunciPada 15 Agustus 1945, kelompok muda mengadakan rapat di Laboratorium Bakteriologi Jakarta dibawah pimpinan Chaerul Saleh. Rapat tersebut menciptakan keputusan berupa kelompok cowok mendesak Soekarno dan Moh. Hatta untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.
37. Karakteristik fisik kesukubangsaan masyarakatIndonesia dari Sabang hingga Merauke saat ini, menunjukkanA. Penduduk Indonesia berasal dari bermacam-macam bangsa dan mengalami asimilasiB. Penduduk Indonesia terdiri atas berbagai suku-bangsa dengan ciri- ciri "orisinil" asal-usulnyaC. Penduduk Indonesia  ialah golongan-kolompok suku ’ perantauan" dari tanah leluhurnyaD. Penduduk Indonesia senantiasa berpindah
KunciPenduduk Indonesia berasal dari aneka macam suku bangsa dengan ciri-ciri orisinil yang menempel pada diri masing-masing dengan asal-seruan yang masih tertanam.
38. Faktor penyebab Revolusi Industri di Inggris antara IainA. Penemuan teknologi mesin perang dan persenjataanB. Penemuan teknologi mesin uap dan mesin cetakC. Penemuan teknologi angkutanudaraD. Penemuan teknologi telepon dan telegraf
KunciRevolusi industri di Inggris diawali dari ditemukannya mesin uap dan mesin cetak. Penggunaan sumber energi baru tergolong materi bakar dan tenaga pencetus, mirip mesin uap, listrik. Ada juga inovasi mesin gres, pemintalan dan mesin tenun yang memungkinkan peningkatan bikinan dengan tenaga manusia yang lebih kecil.
39. Di antara pernyataan berikut ini yang merefleksikan kesuksesan pemerintah Orde Baru yakni:1) Tercapainya swasembada pangan2) Meningkatnya ekonomi dan pemerataan pembangunan di seluruh daerah Indonesia3) Suksesnya acara Keluarga Berencana,4) Terpeliharanya demokrasi dengan metode pemilu yang jujur dan adilA. 1, 2 dan 3 B. 1 dan 3C. 2 dan 4D. 4
KunciKeberhasilan orde baru antara lain dalam swasembada pangan, pemerataan pembangunan dan suksesnya keluarga bermaksud.
40. Presiden Abdurrahman Wahid menciptakan kebijakan yang terkait agama dan budaya Tionghoa, yaitu:1) Diakuinya agama Konghucu selaku agama resmi di Indonesia2) Dijaminnya keleluasaan etnis Tionghoa dalam mengekspresikan budayanya3) Dilindunginya etnis Tionghoa dalam melaksanakan ibadah setara dengan etnis-etnis lain4) Adanya kelonggaran penduduk Tionghoa dalam melakukan acara di bidang ekonomiA. 1, 2 dan 3B. 1 dan 3C. 2 dan 4D. 4
KunciJawaban tepat yakni 1, 2, 3. Walaupun sudah ada di nusantara selama ratusan tahun, pengakuan resmi dari negara kepada agama Kong Hu Cu baru datang pada periode pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di tahun 2000.
Selain menunjukkan pengukuhan, Gus Dur juga membebaskan penduduk Kong Hu Cu yang pada dasarnya ialah keturunan Cina untuk melakukan ibadah agamanya secara terbuka dan merayakan hari keagamaan mereka.
Lanjut: Soal No 41-50