Blogger Jateng

Solusi OSN Geografi: Menentukan Azimuth Dua Titik Koordinat Kartesius

Halo adik-adik sekalian kali ini saya akan coba diskusikan ihwal solusi soal OSN Geografi peta dan pemetaan dasar. Biasanya soal pemetaan itu gak banyak sih, namun kalau betul kan tidak mengecewakan juga butat poin.
Jadi acuan soal yang mau berikan ialah soal perihal memilih sudut azimuth dua titik koordinat peta yang ada pada diagram kartesius.
Contoh soal OSN peta dan pemetaannya di bawah ini:47. Diketahui dua buah titik yang dimengerti koordinatnya adalah koordinat A (200,100) dan koordinat B (-300, -400). Maka azimuth AB adalah ....a. 225⁰b. 180⁰c. 135⁰d. 45⁰e. 30⁰
PembahasanUntuk menjawab soal ini kau harus mengetahui koordinat kartesius dan cara menentukan sudut azimuth pada peta. Koordinat kartesius yaitu koordinat yang diwakili x (horizontal) dan sumbu y (vertikal).
Sementara itu sudut azimuth yaitu sudut yang dihitung dari utara kompas searah jarum jam. Jadi langkah awal kita buat dahulu koordinat lokasinya, alhasil mirip di bawah.
Koordinat Geografi di Kartesius

Setelah itu ikuti standar sudut azimuth mirip di bawah ini. 
Sudut azimuth peta

Jadi jika menyaksikan posisi A dan B di diagram kartesius tadi maka azimuth A ke B itu bernilai sekitar 225⁰. Gambar lengkapnya di bawah, gampang kan?. Jangan lupa share ke teman-sobat lain ya!.