Blogger Jateng

New Materi Silabus OSN/KSN Kebumian 2022

Assalamualaikum wr, wb sahabat-sobat seluruh Indonesia yang berbahagia utamanya para pejuang OSN Kebumian. Bagi yang nyari silabus OSN Kebumian, di artikel ini akan aku bagikan dan bisa didownload nanti.
Pastinya semua anak-anak, atau guru pendamping di sekolah agak kesusahan bila nyari silabus OSN utamanya kebumian. Apakah silabus OSN Kebumian beda dengan OSN Geografi?.
Pastinya berbeda sekali ya gaes, alasannya jika kebumian itu lebih khusus ilmu bumi alias fisik saja. Tidak ada kajian tentang budaya atau antroposfer pada kebumian.
Silabus OSN Kebumian

Makara memang OSN Kebumian ini lazimnya saya tawarkan terhadap siswa kelas IPA alasannya adalah banyak topik yang hitungan utamanya astronomi.
Lalu seperti apa citra bahan silabus OSN Kebumian itu?. Ada 4 topik utama sebenarnya yang bisa dicek berikut ini:
1. Geologi-Geofisika2. Meteorologi-Klimatologi3. Astronomi4. Geohidrologi-Oseanografi
Nah keempat topik ini pastinya memiliki subtopik yang sungguh banyak jika nanti diturunkan lagi. Silahkan cari diktat-diktat kuliah mengenai topik-topik OSN Kebumian di atas. Jangan mengandalkan buku di sekolah atau di toko-toko buku misalnya, gak lengkap.
Materi Kebumian lebih banyak diperoleh dari bahan kuliah. Saran aku yakni cari kata kuncidi google perihal subtopik bahan kebumian, lalu cari yang versi file pdf kemudian download sendiri. Banyak sekali modul-modul kuliah yang diuplod di google oleh dosen atau mahasiswa.
Silahkan download silabus OSN Kebumian di bawah ini. File saya simpan di google drive. Share ke teman-sobat ya, selama berjuang!.
Baca juga: Try Out OSN Kebumian 2022
👇👇👇👇👇