Blogger Jateng

Kunci Jawaban dan Pembahasan OSK Geografi 2018 Nomor 21-25

Halo adik-adik pejuang OSN Geografi, kita lanjut lagi ya ngebahas kunci jawaban soal OSN Geografi 2018 nomor 21-25.
Topik materinya masih seputar sumber daya energi dan pemanfaatannya bagi kehidupan. Jangan lupa share terus blog ini ke grup teman-teman di medsos kalian ya!.
21. Air ialah sumber daya yang terbarukan dan sungguh diperlukan oleh insan. Namun disisi lain mampu menimbulkan musibah. Untuk menyingkir dari ancaman banjir mampu dilakukanantara lain dengan cara:a. Menghindari tinggal di bantaran sungai.b. Menjaga hutan di daerah hulu.c. Menghemat penggunaan air.d. Membuat terusan pembuangan yang terorganisir.e. Penanaman sayur di daerah perbukitan.
22. Perhatikan diagram di bawah ini!
Dengan mengamati diagram di atas, maka sumber energi terbarukan yang paling banyak dipakai yakni:a. batubarab. hidroc. biomassad. bahan bakar nabatie. panas bumi
23. Pengertian yang tepat perihal gunung api yaitu:a. Gunung berupa kerucut yang meletus.b. Gunung yang mempunyai kawah.c. Tempat di permukaan bumi yang menunjukkan manifestasi acara vulkanik/magmatik.d. Tempat di permukaan Bumi yang berupa kerucut.e. Tempat di permukaan Bumi yang meletus
24. Pengertian lahar yang paling tepat yakni:a. Magma yang meleleh dan mengalir keluar dari lubang kawah.b. Aliran magma yang membeku.c. Magma yang bercampur dengan air dan mengalir ke bawah gunung api.d. Aliran piroklastik.e. Seperti banjir bandang yang mengalir dari lereng atas gunung api
25. Gunung api aktif yang memiliki potensi menyebabkan aliran lahar erupsi atau lahar panas yakni:a. adanya danau pada kawahnyab. terjadi hujan lebat di puncak gunung apic. adanya kubah lavad. kawah aktif yang memiliki acara fumarolee. adanya letusan freatis
Kunci Jawaban 21. Limpasan air permukaan akan tinggi jikalau kondsi daerah hulu miskin vegetasi keras. Hutan di penggalan hulu yakni penjaga tata air dan pencegah pengikisan sehingga perlu dijaga kelestariannya. Jika terjadi illegal logging di kawasan hulu maka kejadian mirip banjir bandang akan mudah terjadi.
22. Energi terbarukan yaitu berasal dari mahluk hidup. Pada diagram di soal, konsumsi energi terbarukan paling besar yaitu jenis nabati 7,1%.
23. Gunung api atau volcano adalah daerah manifestasi aktifitas vulkanisme/magmatik. Bentuk gunung api tidak selau tinggi, kerucut menjulang namun ada yang hanya berubah dataran, cekungan dan lainnya. 
Kaldera Yellowstone
24. Lahar yakni material vulkanik yang mengendap di lereng gunung kemudian tersapu air hujan sehingga mirip banjir bandang. Banjir lahar sering terjadi di beberapa gunung api Indonesia alasannya adalah curah hujan yang tinggi di puncak gunung api. Endapan sisa banjir lahar ini sangat berguna di lalu hari untuk materi material bangunan.
Endapan banjir lahar
25. Aliran lahar mesti dibantu oleh adanya massa air. Makara kawah yang terdapat danau lebih potensial menciptakan banjir lahar panas. Jika letusan besar dan membuat jebol dinding kaldera maka air danau akan bercampur lava panas lalu bergerak menuruni lereng menjadi lahar panas.
Lanjut: Soal Nomor 26-30