Blogger Jateng

Kunci Jawaban dan Pembahasan OSK Geografi 2018 Nomor 26-30

Halo pejuang OSN Geografi kita lanjut lagi ya buat bahas kunci tanggapan OSK Geografi 2018 nomor 26-30. Tetap selalu update blog ini agar tidak ketinggalan pembahasan soal-soal geografi dan kebumian.
Jangan lupa share blog ini ke sobat-sahabat lain di grup medsos kalian biar semakin berkhasiat dan banyak sahabat diskusi.
26. Aktivitas lempeng bumi yang bertanggung jawab membentuk Kepulauan Indonesia pecahan barat yakni:a. Penunjaman lempeng samudera Pasifik ke lempeng benua Eurasia.b. Penunjaman lempeng samudera Pasifik ke lempeng samudera India-Australia.c. Penunjaman lempeng samudera India-Australia ke lempeng benua Eurasia.d. Penunjaman lempeng samudera India-Australia ke lempeng samudera Pasifik.e. Tabrakan lempeng samudera India-Australia ke lempeng benua Eurasia.
27. Di Pulau Kalimantan tidak dijumpai adanya gunung api aktif selama Zaman Kuarter, sebab:a. Pulau Kalimantan berada jauh dari pinggir lempeng yang aktif.b. Pulau Kalimantan bukan bagian dari lempeng benua.c. Pulau Kalimantan berada jauh dari efek sesar/patahan.d. Pulau Kalimantan selama sejarah pembentukannya memang tidak punya gunung api.e. Semua balasan tidak ada yang benar.
28. Pola anutan sungai yang dikelola oleh struktur perlipatan yaitu:a. rektangularb. trellisc. dendritikd. radiale. anular
29. Sungai-sungai pada tahap geomorfik muda, di antaranya dicirikan oleh:a. adanya air terjunb. terbentuknya gosong pasirc. teladan salurannya berkelok-kelokd. terbentuknya oxbow lakee. memiliki dataran banjir
30. Usaha untuk memperbaiki mutu lingkungan dengan memakai perlindungan mikroorganismedisebut:a. bioremediasib. biokonservasic. bioakumulasid. biosertifikasie. bioreduksi
Kunci Jawaban CABAA26. Secara geologi Indonesia berada di batas pertemuan 3 lempeng aktif adalah Eurasia-Indo Australia-Pasifik. Aktifitas lempeng di cuilan barat Indonesia yaitu hasil dari subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia.
Kondisi geologi lempeng Indonesia
27. Di Kalimantan tidak ditemui gunung api aktif sebab lokasinya tidak di tepi atau pinggir batas lempeng tektonik. Gunung api banyak terbentuk di zona subduksi lempeng bukan di tengah-tengah lempeng. 
28. Pola anutan sungai trellis ialah teladan pemikiran yang bentuknya mirip mirip pagar yang dikontrol oleh struktur geologi berupa lipatan sinklin dan antiklin. Sungai dengan aliran tralis mempunyai ciri berbentukkumpulan jalan masuk air yang bentuknya sejajar, mengalir mengikuti kemiringan lereng dan tegak lurus kepada aliran terutama. Umumnya arah saluran utama searah dengan sumbu lipatan.
29. Stadia kemajuan sungai dibagi menjadi stadia muda dan akil balig cukup akal. Ciri-ciri sungai stadium muda yakni  penampang melintang lembah berupa v, banyak mempunyai pengikisan basis sementara, teladas banyak dijumpai, daya angkut pedoman besar, lebar bawah lembah sama dengan lebar kanal sungai, dan dasar lembah belum rata.
30. Bioremediasi merupakan penggunaan mikroorganisme untuk meminimalkan polutan di lingkungan. Saat bioremediasi terjadi, enzim-enzim yang diproduksi oleh mikroorganisme memodifikasi polutan beracun dengan mengubah struktur kimia polutan. Peristiwa ini disebut biotransformasi.
Lanjut: Soal No 31-35