Blogger Jateng

Kunci Jawaban dan Pembahasan OSK Geografi 2018 Nomor 16-20

Hai adik-adik kita lanjutkan lagi pembahasan soal OSK Geografi 2018 nomor 16-20 ya biar lebih siap lagi menjelang OSN tahun ini.
Topik di nomor ini ialah seputar energi, sumber daya baru dan terbarukan. Jangan lupa share postingan ini ke medsos grup kalian agar kian rame.
16. Sumber energi yang terbarukan yaitu energi yang:a. tersedia banyak di sekeliling kitab. jumlahnya sungguh banyakc. gampang didapatd. tidak pernah habise. harganya murah
17. Sumber daya yang tidak mampu diubah menjadi energi adalah:a. anginb. airc. tanahd. batuane. minyak
18. Minyak bumi selaku sumber energi perlu dikurangi penggunaannya alasannya:a. mengakibatkan kebisingan balasan bunyi mesinnyab. sukar mendapatkannyac. harganya makin mahald. sumbernya terbatase. telah mampu digantikan dengan gas alam
19.  Tenaga nuklir merupakan sumber energi yang mulai banyak dipakai alasannya efisien danrelatif bersih, namun dapat menjadikan peristiwa yang besar alasannya adalah:a. Gas buangannya sungguh berbahaya.b. Sukar dikelola penggunaannya.c. Limbah radioaktif merusak lingkungan dan kehidupan manusia.d. Membutuhkan teknologi sungguh tinggi.e. Transportasinya memerlukan pengawasan yang sungguh ketat.
20. Pengurangan penggunaan kerikil bara dan minyak bumi dapat dilaksanakan dengan cara:a. Menggunakan angkutansepeda atau bus.b. Penggunaan kayu bakar untuk mengolah makanan.c. Menggunakan gas alam.d. Menggunakan mobil dan motor seperlunya.e. Mengurangi penggunaan pendingin ruangan
Kunci Jawaban 16. Sumber energi terbarukan atau renewable resources yakni sumber daya yang tidak pernah habis karena mempunyai kemampuan reproduksi atau pemulihan yang cepat seperti mahluk hidup, air, udara dan yang lain.
17. Tanah tidak mampu diubah menjadi energi. Batuan bisa, misalnya batubara mampu menjadi sumber energi pembangkit listrik dan industri yang lain.
18. Minyak bumi yakni jenis sumber daya energi konvensional yang berasal dari fosil dan keterdapatannya terbatas. Makara waktu pemulihannya jutaan tahun, sehingga termasuk sumber daya yang tidak mampu diperbarui.
19. Limbah radioaktif dari nuklir bisa mengakibatkan kerusakan gen pada manusia, menyebabkan penyakit degenartif dan maut. Contohnya ialah hasil radiasi bom nuklir Hiroshima Nagasaki dan ledakan reaktor Chernobyl Ukraina.
Situs reaktor Chernobyl

20. Hampir semua alat transportasi eksklusif sekarang masih memakai minyak bumi dan batu bara selaku materi bakarnya. Untuk mengurangi penggunaan kedua energi tersebut maka bisa dengan mengalihkan penggunaan dengan sepeda atau menggunakan bis biasa supaya volume kendaraan berkurang dan penggunaan materi bakar fosil menyusut.
Lanjut: Soal Nomor 21-25