Blogger Jateng

Arti Makna Gunung Sebagai Pasak-Pasak Dalam Al Quran

Gunung ialah salah satu fenomena yang ada di lapisan permukaan bumi adalah litosfer. Gunung terbagi menjadi gunung api (volcano) dan pegunungan (mountain). 
Salah satu bahan geografi yang perlu dikuasai siswa yaitu perihal dinamika litosfer yang didalamnya akan membicarakan terkait kegunungapian.
Gunung api terbentuk alasannya adalah adanya ekstrusi magma dari dalam bumi sampai keluar permukaan bumi sementara pegunungan umumnya terbentuk sebab gaya endogen atau tektonisme, misalnya mirip Pegunungan Himalaya atau Jaya Wijaya yang tidak ada kawah aktif.
Puncak Merapi

Fenomena gunung ini sudah dijelaskan dalam Al Alquran dalam beberapa ayat mirip di Q.S An Naba ayat 7.
 Ùˆَّالْجِبَالَ اَÙˆْتَادًاۖarti ayat di atas adalah "dan gunung-gunung selaku pasak".
Al Alquran adalah bahasa Arab yang setiap hurufnya itu memiliki arti yang banyak. Dalam ilmu nahu dan sorof kau mampu belajar jauh wacana bagaimana memaknai arti sebuah kata Arab dalam Quran.
Alquran banyak memakai kata kiasan yang menyampaikan sesuatu dengan menyamakannya dengan sesuatu lainnya. Pasak dalam hal ini yaitu sesuatu yang berpengaruh, berpengaruh, pokonya sejenis hal yang berpengaruh.
Sama mirip penggambaran terhadap Fir'aun dalam QS.89:10, disitu digambarkan Fir'aun mempunyai pasak-pasak, untuk melukiskan bahwa Fir'aun memiliki bala serdadu yang berpengaruh, kokoh dan sejenis itu. Itulah sesuatu yang berpengaruh seperti pasak.
Lalu logikanya gimana gunung mirip pasak?. Ingat gunung api itu bila dibentangkan maka dari ujung puncak hingga dasarnya itu seperti paku bumi. Gunung api itu sama halnya seprti paku bumi sehingga menciptakan pulau atau daratan itu besar lengan berkuasa. 
Coba jika tidak ada gunung api maka tidak mungkin mampu daratan menjadi kokoh dan dihuni mahluk hidup. Kaprikornus itulah makna pasak dalam Alquran. Gunung api adalah tiang fondasi litosfer, jadi memang mesti kuat menopang ketebalan litosfer yang bisa sampai puluhan kilometer ke bawah.
Jadi sekarang paham kan mengapa gunung disebut pasak dalam Al Alquran?. Masih ragu ihwal kebenaran Al Alquran?. Tiada keraguan lagi Al Alquran ialah wahyu Allah SWT dan gunung pun akan hancur jika diberikan wahyu Al Quran alasannya adalah begitu besar ketakutannya kepada Allah SWT. Lantas kita insan apakah tidak takut meninggalkan Quran?.