Blogger Jateng

Pengertian Sejarah Secara Etimologi dan Menurut Para Ahli

Semua orang secara awam pasti tahu bahwa sejarah itu bercerita perihal masa lalu. Akan tetap persepsi perspektif sejarah berdasarkan etimologi dan para ahli bisa mempunyai perbedaan.
Berikut ini beberapa pemahaman secara secara etimologi dan persepsi para ahli sejarah. Jangan lupa untuk share postingan ini ke sobat-teman bila berguna.
Pengertian Sejarah menurut Etimologi.a.Dalam bahasa Inggris, kata Sejarah berasal dari kata Historia yang bermakna masa lampau; masa kemudian umat insan. b.Dalam bahasa Arab sejarah disebut dengan sajaratun (syajaroh) yang memiliki arti pohon dan keturunan, maksudnya disaat kita membaca silsilah raja-raja akan terlihat pohon dari yang terkecil sampai berubah menjadi besar, maka hal tersebut sejarah diartikan selaku silsilah keturunan raja-raja yang mempunyai arti insiden pemerintahan keluarga raja di kurun lampau. c.Dalam bahasa Yunani, kata sejarah disebut dengan historia yang bermakna mencar ilmu. Sehingga arti sejarah adalah ilmu wawasan yang mempelajari segala peristiwa, kejadian yang terjadi di abad lampau dalam kehidupan umat manusia. d.Dalam bahasa Jerman, kata sejarah disebut dengan geschichte yang memiliki arti sesuatu yang telah terjadi, sesuatu yang sudah terjadi di kala lalu kehidupan umat manusia. 
Pengertian Sejarah dalam arti luas dan sempit.Pengertian sejarah berdasarkan bahasa terbagi dua ialah pengertian sejarah dalam arti sempit dan dalam arti luas. Dalam arti sempit, pengertian sejarah yaitu peristiwa atau insiden. Sedangkan pemahaman sejarah dalam arti luas yakni suatu kejadian manusia yang memiliki akar dalam realisasi diri dengan kebebasan dan keputusan daya rohani. 
Dalam bahasa Indonesia, sejarah mempunyai 3 arti yaitu sejarah ialah silsilah atau asal ajakan, sejarah adalah kejadian atau insiden yang betul-betul terjadi di masa lampau dan sejarah ialah ilmu pengetahuan dan dongeng
Pangliman Besar Jenderal Sudirman
Pengertian Sejarah Menurut Para jagoa.R.Mohammad Ali: Pengertian sejarah menurut R.Mohammad Ali yaitu keseluruhan pergantian dan peristiwa-kejadian yang betul-betul telah terjadi atau ilmu yang menilik pergantian-perubahan yang betul-betul terjadi di abad lampau. b.Ibnu Khaldun: Menurut Ibnu Khaldun yang mendefinisikan sejarah selaku catatan wacana penduduk umat manusia atau peradaban dunia, perihal pergantian-pergantian yang terjadi pada akhlak masyarakat itu. c.Moh. Yamin, SH: Sejarah berdasarkan Moh. Yamin, SH adalah sebuah ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa kejadian yang mampu dibuktikan dengan materi kenyataand.Roeslan Abdulgani: Pengertian sejarah menurut Roeslan Abdulgani yaitu ilmu yang meneliti dan memeriksa secara sistematis keseluruhan pertumbuhan penduduk serta kemanusiaan di periode lalu beserta insiden-kejadiannya; dengan masuks untuk menilai secara kritis seluruh hasil penelitiannya, untuk dijadikan perbendaharaan-anutan bagi penilaian dan penentuan keadaan kala sekarang serta arah progres di kala depan. e.W.H.Walsh: Pengertian sejarah berdasarkan W.H.Walsh adalah pencatatan yang memiliki arti dan penting bagi manusia. Catatan tersebut meliputi tindakan-langkah-langkah dan pengalaman-pengalaman insan di kurun kemudian pada hal-hal yang penting sehingga merupakan cerita yang memiliki arti. f.Patrick Gardiner: Pengertian sejarah menurut Patrick Gardiner ialah ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh insan. g.J.V.Bryce: Menurut J.V. Bryce bahwa pengertian sejarah yaitu catatan dari apa yang telah dipikirkan, dibilang, dan diperbuat oleh manusia. h.Thomas Carlyle: Pengertian sejarah menurut Thomas Carlyle adalah peristia abad lampau yang mempelajari biografi orang-orang yang diketahui . Mereka ialah penyelamat pada zamannya. Mereka ialah orang-rang besar yang pernah dicatat selaku peletak dasar sejarah. 
Itulah beberapa pengertian secara baik secara etimologi dan persepsi para hebat, semoga mencerahkan para pembacanya.