Blogger Jateng

Pembahasan Soal OSK/KSK Kebumian 2019 No 16-20

Halo mitra-kawan semuanya kali ini kita akan bagi lagi pembahasan soal KSK Kebumian nomor 16-20. Silahkan disimak baik-baik dan jangan sungkan untuk share artikel ini ke medsos teman-teman kamu.
Soal KSK Kebumian lainnya mampu dicari di menu search pojok kanan atas header blog ini. Selamat berjuang para pejuang KSN Kebumian.
16. Distribusi curah hujan di Indonesia memiliki tiga contoh/jenis yakni …a. ekuatorial, orografis, lokalb. monsoonal, orografis, tropisc. lokal, ekuatorial, monsoonald. ekuatorial, tropis, monsoonale. tropis, lokal, monsoonal
17. Tipe pasang surut terdiri dari tipe pasang surut diurnal, tipe pasang surut semidiurnal, tipe pasangsurut adonan. Tipe pasang surut tersebut tergantung oleh bagian pasang surut yang sangatdipengaruhi oleh dominasi pengaruh gaya tarik mempesona antara Bumi - Matahari - Bulan. Tipepasang surut semi diurnal sungguh dipengaruhi oleh komponen pasut :a. lebih banyak didominasi komponen M4 (unsur seperempat harian Bulan)b. secara umum dikuasai unsur O1 (bagian harian pergeseran deklinasi Bulan)c. mayoritas bab M2 (bagian tengah harian dampak Bulan)d. lebih banyak didominasi bagian N2 (bagian tengah harian imbas jarak Bumi-Bulan)e. Dominen komponen K1 (unsur harian imbas deklinasi Matahari-Bulan)
18. Tipe pasang surut sangat tergantung pada nilai bilangan Formzahl, dimana bilangan Formzahltersebut dihitung menurut bagian pasang surut. Apabila sehabis dihitung bilanganFormzahl diperoleh hasil F= 0,22, maka tipe pasang surut tersebut memiliki tipe pasang surut...a. diurnalb. semidiurnalc. adonan lebih banyak didominasi tunggald. campuran condong gandae. mixed tide prevailing semi diurnal
19. Grafik pasang surut yang memiliki dua amplitudo pasang dan dua amplitudo surut dinamakantipe pasang surut ...a. diurnalb. semidiurnalc. adonan mayoritas tunggald. adonan condong gandae. mixed tide prevailing semi diurnal
20. Jika hanya hukum Newton yang dipergunakan untuk Tata Surya, maka …a. orbit planet Venus akan berlawanan dengan arah orbit Bumib. Bulan akan terbit di barat dan tenggelam di timurc. orbit planet Mars akan tegak lurus orbit planet Jupiterd. cincin planet Saturnus memiliki sudut orientasi yang acak kepada bidang edar terhadap Mataharie. semua di atas benar
CCBBEKunci jawaban16. Berdasarkan distribusi data rata-rata curah hujan bulanan, lazimnya daerah Indonesia dibagi menjadi 3 (tiga) pola hujan, adalah monsun, ekuatorial dan lokal.
1. Pola hujan monsun, yang wilayahnya memiliki perbedaan yang jelas antara kala trend hujan dan era demam berita kemarau kemudian dikelompokan dalam Zona Musim (ZOM), tipe curah hujan yang bersifat unimodial (satu puncak isu terkini hujan, berita terkini hujan dikala monsun barat, demam isu kemarau ketika monsun timur).
2. Pola hujan equatorial, yang daerahnya mempunyai distribusi hujan bulanan bimodial dengan dua puncak gosip terkini hujan maksimum dan hampir sepanjang tahun masuk dalam tolok ukur animo hujan. Pola ekuatorial dicirikan oleh tipe curah hujan dengan bentuk bimodial (dua puncak hujan) yang lazimnya terjadi sekitar bulan Maret dan Oktober atau pada ketika terjadi ekinoks.
3. Pola hujan lokal, yang daerahnya mempunyai distribusi hujan bulanan kebalikan dengan acuan monsun. Pola setempat dicirikan oleh bentuk contoh hujan unimodial (satu puncak hujan), tetapi bentuknya berlawanan dengan tipe hujan monsun.
17. Pasang surut adalah naik turunnya air bahari disebabkan oleh matahari dan bulan. Gaya tarik bulan besar lengan berkuasa lebih besar dari gaya tarik matahari, menciptakan interval antara tiap pasang pada umumnya yakni 12 jam 25 menit.
Komponen pasut dapat dianalisa dengan metode harmonik, dengan dasar bahwa pasang surut yang terjadi yaitu superposisi atau penjumlahan dari banyak sekali unsur pasut. Berikut bagian pasang surut.

18. Silahkan ketahui nilai F di bawah ini. Jika F = 0,22 memiliki arti semi diurnal.
19. Jawabannya semi diurnal (dua amplitudo pasang, dua amplitudo surut), cek grafik di bawah ini.
20. Hukum Newton 1 wacana gravitas menjelaskan bahwa Suatu benda akan saling tarik satu sama lain kalau berada dalam medan gravitasi. Inilah yang menyebabkan contohnya bulan tetap beredar di tempatnya, tidak menabak bumi karena beliau menjaga dirinya. Sama halnya dengan planet yang lain. Jadi mampu saja semua tanggapan benar.
Lanjut: Soal no 21-25