Blogger Jateng

Pembahasan Soal OSK/KSK Kebumian 2019 No 36-40

Halo sahabat-teman kita akan coba bahas lagi teladan soal dan pembahasan KSK Kebumian tahun 2019 nomor 36-40.
Soal nomor ini telah mulai banyak membicarakan seputar geologi dan oseanografi. Jangan lupa untuk share artikel di blog ini ke teman-sobat lain di medsos.
Ingat senantiasa bahwa usaha yaitu harga mati suatu keberhasilan ya adik-adik.
36. Manakah pernyataan berikut yang salah terkait fokus CO₂ dalam air maritim …a. Di air laut permukaan, fotosintesis meminimalkan CO₂ dan membuat O₂.b. Respirasi membuat CO₂ dan meminimalisir O₂ pada semua kedalamanc. CO₂ dapat dihasilkan oleh dekomposisi material organikd. Pengkayaan CO₂ biasanya terjadi alasannya adanya arus maritim dalame. Pelarutan gas pribadi dari atmosfer bisa menimbulkan bertambahnya CO₂ dalam air laut
37. Ozon paling banyak menyerap spetrum radiasi pada panjang gelombang ...a. panjangb. cahaya tampakc. pendekd. panjang dan pendeke. semua panjang gelombang
38. Oksigen ialah salah satu unsur atmosfer yang menempati urutan nomer dua terbanyak.Pada dikala ini sumber oksigen atmosfer berasal dari…a. proses fotosintesisb. proses respirasi makluk hidupc. proses geologisd. letusan gunung apie. proses penguapan dari lautan
39. Di bawah ini yang ialah tipe gunung api yang cuma mempunyai satu episode erupsi kemudianmenjadi tidak aktif disebut ...a. scoria coneb. shield volcanoc. parasitic coned. composite conee. stratovolcano
40. Material vulkanik yang mempunyai ukuran butir kurang dari 1/2 mm yaitu ...a. bombb. blockc. lapilid. ashe. tephra
Kunci dan Pembahasan36. Karbon dioksida yang terdapat dalam air bahari biasanya berasal dari udara lewat proses difusi, dan dari proses respirasi makroorganisme serta dari hasil penguraian zat-zat organik oleh mikroorganisme. Pengkayaan karbondioksida tidak secara umum dikuasai terjadi pada arus maritim dalam, harusnya arus permukaan.
37. Ozon paling efektif dalam menyerap radiasi dengan panjang gelombang 250 nm. Setelah ozon menyerap radiasi gelombang pendek ini, kemudian memancarkan kembali ke gelombang yang lebih panjang.
38. Sumber oksigen terbanyak di atmosfer berasal dari proses fotosintesis terutama dari kawasan paru-paru dunia hutan tropis. 
39. Scoria (atau cinder cone) ialah gundukan kecil berupa kerucut dengan ketinggian yang rendah dan lereng halus, dibentuk oleh letusan strombolian dan sebagian besar terdiri atas scoria dan bomb vulkanik. Gunung api tipe scoria lazimnya cuma sekali mengalami letusan raksasa kemudian setelah itu mati/istirahat panjang. Contohnya Gunung Vesuvius di Italia.    
Scoria cone
40. Material vulkanik beragam dari yang ukuran halus sampai bongkah kerikil besar. Berikut ukurannya. Kalau yang < 1/2 mm termasuk ash/abu.
Lanjut: Soal No 41-45
Ukuran butir piroklastika