Blogger Jateng

Pembahasan Soal OSK/KSK Kebumian 2019 No 11-15

Hai kawan-mitra pejuang KSN Kebumian, kita lanjut lagi ya membahas kunci tanggapan KSK Kebumian 2019 nomor 11-15.
Jangan lupa untuk senantiasa share blog ini ke sobat-sahabat lain di grup medsos kalian. Selamat berjuang dan supaya sukses.
Seperti umummateri astronomi beberapa skip dahulu karena belum bisa sumber valid, silahkan cari sendiri dahulu ya.
11. Batuan beku di bawah ini yang memiliki tekstur faneritik adalah ...a. riolit, latit, trachit, granitb. syenit, monzonit, latit, trachitc. andesit, granit, gabbro, peridotitd. peridotit, granodiorit, diorit, andesite. granit, syenit, monzonit, gabbro
12. Nummulitic rudstone (batugamping numulites) yang mengalami penambahan tekanan dantemperatur akan terekristalisasi menjadi ...a. kuarsitb. chertc. slated. filite. marmer
13. Jika sebuah saat di arah timur dari daerah di Bumi serpihan selatan, kita melihat Bulan seperti yangtampak pada gambar, maka saat itu …... dan Bulan dalam fase …...a. sore hari ; sabit awalb. pagi hari ; sabit awalc. sore hari ; sabit akhird. pagi hari ; sabit akhire. tidak mampu ditentukan ; tidak tahu
14. Ilustrasi di bawah ini (pada halaman berikutnya), memberikan Bumi yang dilihat oleh satelit yangberada di atas Kutub Selatan Bumi. Bila di Bumi potongan selatan sedang mengalami isu terkini panas.Maka, di lokasi A sedang …... dan di lokasi C sedang …..
a. fajar (sunrise); senja (sunset)b. senja (sunset); senja (sunrise)c. siang hari; malam harid. malam hari; siang harie. malam hari, fajar (sunrise)
15. Meskipun jumlahnya sedikit namun uap air sungguh penting dalam membentuk …(pilih jawabanyang paling benar)a. curah hujanb. kejadian cuaca di troposferc. siklus biokimiad. siklus biogeokimiae. perawanan
EEDDBKunci jawaban11. Berdasarkan observasi dengan mata telanjang atau memakai loupe, tekstur batuan beku dibagi dua, yaitu tekstur afanitik dan tekstur faneritik. 
a. Tekstur Afanitik yakni kenampakan batuan beku berbutir sangat halus sehingga mineral/kristal penyusunnya tidak mampu diperhatikan secara mata telanjang atau dengan loupe.
b. Tekstur Fanerik (faneritik, firik = phyric) adalah bila di dalam batuan tersebut dapat terlihat mineral penyusunnya, meliputi bentuk kristal, ukuran butir dan relasi antar butir (kristal satu dengan kristal yang lain atau kristal dengan kaca). Singkatnya, batuan beku memiliki tekstur fanerik apabila mineral penyusunnya, baik berbentukkristal maupun gelas/beling, bisa diamati. 
Contoh batuan beku faneritik yakni granit (kanan atas), syenit, monzonit, gabbro (searah jarum jam). Gambarnya di bawah 
Tekstur batuan beku faneritik
12. Batu gamping numulites merupakan batuan sedimen bahari dari zaman pra kambrium (asumsi). Kehadiran batuan sedimen ini memberi isyarat bahwa batuan ini diendapkan di laut dangkal dan berumur hingga 55 juta tahun. Batu gamping akan bermetamorfosa menjadi kerikil marmer dalam pengaruh tekanan dan suhu tinggi.
13. (belum dapat sumber)
14. (belum bisa sumber)
15. Dalam pertolongan termodinamika, peningkatan uap air mengurangi besarnya gerak vertikal yang diharapkan untuk menghasilkan kekuatan yang relatif sama dengan curah hujan, sehingga frekuensi curah hujan meningkat. Peningkatan uap air juga mengintensifkan curah hujan akhir peningkatan ketersediaan uap air di atmosfer. Dalam donasi dinamis, kondisi lebih stabil dan cenderung mengurangi frekuensi dan intensitas curah hujan. Artinya uap air berkontribusi pada cuaca.

Lanjut: Soal part 4