Blogger Jateng

Pembahasan Soal OSK/KSK Kebumian 2019 No 1-5

Assalamualaikum wr, wb teman-sahabat, sesudah sebelumnya kita banyak diskusikan soal KSK Geografi, maka kali ini kepingan soal KSK Kebumian.
Perlu dikenang lagi bahwa Kebumian yaitu ilmu yang objek kajiannya adalah fisik bumi jadi tidak ada unsur insan atau budaya di dalamnya. Semua hanya membicarakan ihwal bahan alam alias fisik bumi.
Sebisa mungkin ketahui setiap istilah yang ada pada opsi akibat ya anak-anak, sebab modal dasar untuk melahap soal KSN yaitu wawasan desain.
1. Gelombang laut yang menjalar menuju ke pantai tanpa melewati bangunan pantai, makagelombang tersebut akan mengalami ...a. proses refleksi gelombangb. proses difraksi gelombangc. proses refraksi dan refleksi gelombangd. proses shoaling dan refraksi gelombange. proses refleksi dan difraksi gelombang
2. Yang dimaksud dengan kecuraman gelombang bahari ialah ...a. perbandingan tinggi gelombang dengan panjang gelombangb. perbandingan tinggi gelombang dengan periode gelombangc. perbandingan tinggi gelombang dengan kecepatan gelombangd. perbandingan kecepatan gelombang dengan kurun gelombange. perbandingan kecepatan gelombang dengan tinggi gelombang
3. Zat padat yang memiliki susunan atom atau molekul dalam kondisi terstruktur dan keteraturansusunan tersebut mampu dilihat pada permukaan yang terdiri dari bidang-bidang datar disebut ...a. batuanb. mineralc. kristald. fragmene. semen
4. Kecenderungan mineral untuk terpisah-pisah dalam arah yang tidak terstruktur jika mineral dikenaigaya disebut cuilan. Mineral augit, asbestos, dan hipersten memiliki potongan mirip padagambar di bawah ini. Jenis pecahan tersebut yakni ...
a. concoidalb. fibrousc. evend. unevene. hackly
5. Mineral anhidrit, topaz, enstatit memiliki tata cara kristal mirip gambar di bawah. Sistem kristaltersebut yakni ...
a. isometrikb. tetragonalc. ortorombikd. monokline. triklin
Kunci jawaban1. Gelombang mengalami perubahan bentuk saat suatu gugusan gelombang bergerak menuju pantai yang disebabkan oleh refraksi dan pendangkalan gelombang, difraksi, refleksi, dan gelombang pecah (Triatmodjo, 1999). Kalau gelombang tiba tanpa ada kendala di pantai maka akan mengalami refraksi dan shoaling. Jika mendapati kendala apalagi dahulu maka akan menimbulkan difraksi dan refleksi.
Refraksi yakni bergeraknya gelombang menuju pantai yang mengalami proses pergeseran garis puncak gelombang dan berusaha sejajar dengan kontur garis pantai. 
refraksi gelombang laut di pantai
Dalam dinamika fluida, pendangkalan gelombang atau shoaling merupakan efek perubahan tinggi gelombang air dikala ombak merambat pada perairan yang lebih dangkal.
fenomena shoaling di pantai

Apabila gelombang datang terhalang oleh sebuah rintangan seperti pemecah gelombang atau pulau, maka gelombang tersebut akan membelok disekitar ujung rintangan tersebut dan masuk di tempat terlindung dibelakangnya.
Sementara itu refleksi gelombang laut yaitu gelombang datang yang tentang/menabrak sebuah rintangan akan dipantulkan sebagian atau semuanya. Fluktuasi tampang air ini bisa menimbulkan gerakan pada kapal yang ada disekitarnya atau pada kolam pelabuhan
2.  Kecuraman gelombang laut ialah hasil pembagian antara tinggi gelombang dengan panjang gelombang. Pahami juga perihal pengertian amplitudo, tinggi, panjang, fetch gelombang.
Profil gelombang laut
3. Kristal atau hablur yakni sebuah padatan adalah atom, molekul, atau ion yang penyusunnya terkemas secara terjadwal dan polanya berulang melebar secara tiga dimensi. Secara lazim, zat cair membentuk kristal saat mengalami proses pemadatan (wikipedia). 
4. Pecahan yaitu kecenderungan mineral untuk terpisah-pisah dalam arah yang tidak terorganisir apabila mineral dikenai gaya. Perbedaan kepingan dengan bagian mampu dilihat dari sifat permukaan mineral bila memantulkan sinar. 
Pecahan mineral ada beberapa jenis, adalah:a. Concoidal mineral: jikalau mengamati gelombang yang melengkung di permukaan kepingan, mirip kenampakan kulit kerang atau pecahan botol. Contoh Kuarsa.b. Splintery/fibrous mineral: Bila menawarkan tanda-tanda seperti serat, misalnya asbestos, augit, hiperstenc. Even mineral: Bila kepingan tersebut memberikan permukaan bidang serpihan halus, acuan pada kalangan mineral lempung. Contoh Limonit.d. Uneven mineral: Bila penggalan tersebut memperlihatkan permukaan bidang serpihan yang kasar, teladan: magnetit, hematite, kalkopirite, garnet.e. Hackly mineral: Bila potongan tersebut menunjukkan permukaan agresif tidak terstruktur dan runcing-runcing. Contoh pada native elemen emas dan perak.
Makara jawabannya yang ada di gambar yakni fibrous.
5. Gambar menawarkan metode kristal ortorombik. Ortorombik terdiri dari 3 sumbu kristal yang tidak sama panjang dan ketiga sumbu tersebut terletak saling tegak lurus. Pada kondisi sebenarnya, orthorhombik memiliki axial ratio (perbandingan sumbu) a ≠ b ≠ c , yang artinya panjang sumbu-sumbunya tidak ada yang sama panjang atau bertentangan satu sama lain. Beberapa teladan mineral dengan tata cara kristal ini yakni brite, aeschynite, celestite, aragonite, cerussite, dan witherite. Silahkan hapalkan semua metode kristal di bawah ini.
Lanjut: Soal Part 2
Tabel sistem kristal batuan/mineral