Blogger Jateng

Kunci Jawaban OSP/KSN-P Geografi 2019 Bagian Esai Nomor 2

Hai pejuang KSN Geografi se tanah air Indoneia, kali ini kita akan coba bahas lagi kunci jawab esai KSN-P atau OSP Geografi 2019.
Soal nomor ini topiknya seputar geografi kota. Silahkan dipelajari dengan baik dan jangan lupa share ke sobat-teman lain.
2. Persentase masyarakatperkotaan semakin lama semakin besar mengingat adanya fenomena urbanisasi. Salah satu konsekuensinya ialah terjadinya konversi lahan pertanian menjadi daerah terbangun (built up area).a. Kawasan terbangun perkotaan terdiri dari berbagai jenis guna lahan atau land use. Sebutkan peruntukan-peruntukan guna lahan yang biasa didapatkan di daerah perkotaan!.b. Kawasan perkotaan yang terencana dengan baik kebanyakan mengikuti contoh perkotaan tertentu. Sebutkan teladan kota (urban pattern) yang diterapkan kebanyakan!.
Pembahasana. Tata guna lahan pada perkotaan ini bisa bermacam-macam, ada beberapa hebat tata kota juga yang mengemukakan pendapatanya. 
Lahan kota terbagi menjadi lahan terbangun dan lahan tak terbangun. Lahan terbangun terdiri dari dari perumahan, industri, perdagangan, jasa dan perkantoran. Sedangkan lahan tak terbangun terbagi menjadi lahan tak terbangun yang dipakai untuk aktivitas kota (kuburan, rekreasi, transportasi, ruang terbuka) dan lahan tak terbangun non acara kota (pertanian, perkebunan, area perairan, produksi danpenambangan sumber daya alam).
Saya sendiri akan mencoba jawab pertanyaan ini dengan berlandaskan pada versi guna lahan Maurice Yeates, komponen penggunaan lahan suatu wilayah kota biasanya terdiri atas (Yeates, 1980):1. Permukiman2. Industri3. Komersial4. Jalan5. Tanah publik6. Tanah kosong
b. Beberapa teori acuan perkotaan yang umum dijumpai yakni Teori Konsentris Burgess, Teori Ketinggian Bangunan Bergel, Teori Sektoral Hoyt, Teori Poros Babcock, Teori Inti Ganda Ullman. 
Lanjut: Soal esai no 3
Zonasi tata guna lahan IKN gres