Blogger Jateng

Kunci Jawaban KSM Geografi Terintegrasi 2019 Part 3

Halo mitra-kawan gas lagi ya kita bahas soal KSM Geografi Terintegrasi tahun 2019 nomor 11-15. Siapa tahu soalnya timbul di KSN tahun ini.
Konsep yang ada di soal KSM pada dasarnya sama dengan di KSN, cuma saja lingkup KSN lebih banyak. Rajin-rajinlah berlatih soal sebanyak mungkin.
Jika artikel ini bermanfaat, jangan sungkan untuk share via medsos ke sobat-teman lain di kelas dan grup kau setuju!
11. Faktor pengontrol insiden tanah longsor adalah:(A)  Kemiringan lereng yang curam(B)  Struktur geologi tidak masif(C)  Curah hujan tinggi(D)  Vegetasi
12. Alokasi ruang pembangunan merupakan salah satu bidang penerapan ilmu geografi untukmengurangi besarnya risiko kejadian dengan prinsip…(A)  menghilangkan sumber tragedi yang mengancam penduduk (B)  menjauhkan penduduk dari sumber bencana(C)  mengawasi sumber peristiwa yang mengancam penduduk (D)  menjauhkan sumber peristiwa dari penduduk
13. Firman Allah SWT dalam Q S Al-Baqoroh ayat 30 , yang artinya :Ingatlah di saat Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menimbulkan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menimbulkan (khalifah) di bumi itu orang yang hendak bikin kerusakan padanya dan menumpahkan darah….” 
Secara eksplisit ayat tersebut adanya kegelisahan malaikat kepada penciptaan insan yang memiliki peluang bikin kerusakan di bumi. Maka tugas manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam yang sempurna semoga tidak terjadi kerusakan hendaknya…(A)   mempergunakan sumber daya alam dengan teknologi sempurna guna untuk mensejahterakan manusia didalamnya(B)   mengelola sumberdaya alam dengan bikin regulasi tertentu yang berlaku bagi daerah lokal(C)   mempergunakan sumber daya alam dengan memperhatikan daya dukung lingkungan dan sustainable(D)   mengelola sumber daya alam dengan pintar dan bijaksana dengan tidak memasukan kepentingan insan
14. Revolusi Hijau di Indonesia, menawarkan imbas faktual diantaranya yakni:(A)  Pengembangan serelia(B)  Penggunaan pestisida(C)  Penggunaan pupuk(D)  Pemenuhan karbohidrat
15. Morfologi pegunungan berpuncak datar/hampir datar, kemiringan <5 - 10⁰, dibatasi sekelilingnyaoleh jurang-jurang terjal hampir tegak; lazimnya berada di tengah daratan/benua; dengan kemiringan perlapisan horizontal disebut dengan…(A)  plateau(B)  plain(C)  messa(D)  peneplain
Pembahasan11. Tanah longsor lazimterjadi saat musim hujan datang dimana curah hujan sungguh tinggi. Curah hujan tinggi akan bikin tanah bosan air sebab kecepatan infiltrasi tidak seimbang dengan curahan hujan. Tanah sebaik apapun bila curah hujan sangat masif akan longsor. Jadi aspek pengontrol longsor yaitu curah hujan.
12. Setiap kawasan mempunyai resiko bencana masing-masing. Manusia cuma mampu menjajal mengurangi resiko peristiwa dengan cara menjauhkan insan/penduduk dari sumber peristiwa itu sendiri. Contoh kita mematuhi zonasi pemukiman sekitar lereng gunung api, atau menjauhi bantaran sungai dll.
13. Allah telah paham bahwa dikala membuat manusia maka insan pula yang mau menghancurkan alam sebab memiliki hawa nafsu. Lingkungan memiliki kapasitas tersendiri, jadi balasan yang tepat yakni C. Kita harus hidup selaras dengan lingkungan dan berpedoman pada suistanable development.
14. Revolusi Hijau adalah revolusi pertanian dari pertanian versi tradisional ke pertanian terbaru. Dampak faktual revolusi hijau salah satunya yaitu penggunaan pupuk untuk mengembangkan mutu tanah sehingga produktifitas lahan meningkat.
15. Plateu atau plato yaitu morfologi berbentukpegunungan relatif luas yang hampir datar puncaknya dan berada di tengah benua. Contohnya Plato Dieng, Plato Tibet, Plato Colorado.
Bentuklahan plato
Lanjut: Soal Part 4