Blogger Jateng

Kunci Jawaban KSM Geografi Terintegrasi 2019 Part 6

Halo kawan-mitra kita lanjut lagi ya buat ngebahas kunci balasan soal KSM Geografi Terintegrasi Nomor 26-30. 
Jangan lupa untuk share terus blog ini ke sahabat-sahabat lain biar kian bermanfaat dan mampu menjadi materi pendalaman materi KSM Geografi.
26. Masalah sosial yang muncul dari ketidakseimbangan antara kemajuan masyarakatdan ketersediaan lahan di kota adalah…(A)  Pemukiman kumuh menumbuh(B)  Pedagang kaki menjamur(C)  Kepadatan masyarakatmeningkat(D)  Urbanisasi meningkat
27. Perhatikan grafik di bawah ini!
Pernyataan yang kurang sempurna untuk mendiskripsikan grafik di atas ialah...(A)  konsumsi beras cendrung meningkat hingga tahun 2003.(B)  penurunan konsumsi beras terjadi dalam era waktu 3 (tiga) tahun pengamatan.(C)  bikinan beras pernah defisit setidaknya 4 (empat) kali.(D)  produksi beras pernah surplus sebanyak 1 (satu) kali
28. Pemanfaatan tanah dari perkebunan menjadi tempat industri sering sekali menyebabkan masalah diantaranya berkurangnya area resapan air dan berkurangnya lahan produktif bagi pertanian dan perkebunan yang mengakibatkan para petani kehilangan mata pencahariannya. Akan namun di lain pihak kebutuhan perluasan tempat Industri memberikan keuntungan, sebab bisa menyerap banyak tenaga kerja, sehingga bisa mendongkrak perekonomian nasional. Adapun penyelesaian yang tepat untuk menangani kesenjangan ini dalam perspektif geografi adalah…(A)  melakukan pelatihan para petani oleh dinas terkait dalam upaya transformasi mata pencaharian dari sektor pertanian ke industri.(B)  melakukan pemetaan sumber daya manusia pada daerah tersebut untuk mengisi pekerjaan tertentu di sektor industri.C)  melaksanakan studi analisis kemampuan dan kesesuaian lahan di kawasan tersebut semoga sempurna dalam peruntukannya.(D)  membuat kebijakan oleh pemerintah setempat yang mengakomodir antara kepentingan pertanian dan industri
29. Angka fertilitas berdasarkan umur pada kelahiran bayi sebanyak 420 jiwa dari 3.900 wanita kalangan umur adalah…(A)  0,1076(B)  1,076(C)  10,76(D)  107,6
30. Fungsi ekonomi dari hutan bakau adalah….(A)  pemasokkayu dan daun-daunan.(B)  tempat bertelur ikan.(C)  pemasoknutrient bagi biota laut.(D)  penyerap limbah.
Kunci Pembahasan26. Urbanisasi ialah pemicu utama ledakan masyarakatperkotaan. Masalah sosial yang muncul jika ledakan masyarakattidak sebanding dengan ketersediaan lahan yakni hadirnya slum area atau pemukiman kumuh. Pemukiman kumal muncul simpulan dari kaum urban yang tidak mempunyai skill dan pemasukan yang tinggi sehingga tidak bisa berbelanja rumah layak. Akhirnya mereka mendirikan bangunan seadanya di pinggiran.
27. Yang salah yakni D. Produksi berasa surplus lebih dari satu kali ialah di tahun 1983, 1993 dan 2009. Lihat grafik buatan yang di atas konsumsi, itu tandanya surplus.
28. Tata ruang sebuah kawasan tergolong kota harus sesuai dengan kaidah kesesuaian lahan alasannya adalah memang ada lahan yang cocok untuk pertanian, industri, pemukiman, kawasan lindung dan lainnya. Jika hal tersebut diabaikan maka pembangunan yang brutal akan membuat keseimbangan lingkungan terganggu. Yang ada menimbulkan peristiwa seperti banjir, longsor, pencemaran dan lainnya.
29. Rumus mengkalkulasikan angka fertilitas yakni jumlah lahir bayi / jumlah perempuan golongan umur tertentu dikalikan 1.000 (konstanta).
Kaprikornus risikonya adalah 420 / 3.900 x 1.000 = 107,6
30. Fungsi ekonomi artinya hutan bakau menawarkan keperluan hidup bagi insan contohnya pemanfaatan kayu dan daun bakau untuk keperluan rumah tangga. 
Lanjut: Soal Part 7