Blogger Jateng

Kunci Jawaban KSM Geografi Terintegrasi 2019 Part 7

Halo mitra-mitra semua, kita lanjut diskusikan kunci tanggapan KSM Geografi Terintegrasi 2019 nomor 31-35 ya semoga kian semangat terus belajarnya.
Jangan lupa untuk selau share artikel di blog ini ke sahabat-teman lain di medsos, tinggal klik icon medsos di bawah postingan, mudah saja.
Sebelum cek kunci pembahasan soal di bawah, coba dulu untuk jawab sendiri soalnya ya dan ukur persentase kesudahannya nanti.
31. Klasifikasi kota menurut mutu perkembangannya pada tahap polis dicirikan dengan:(A)  Tahap kemajuan desa yang telah terorganisir sehingga organisasi masyarakat penghuni daerah tersebut sudah mulai memperlihatkan ciri-ciri perkotaan.(B)  Tahapan suatu daerah kota yang masih bercirikan sifat-sifat agraris atau berorientasi pada sektor pertanian.(C)  Tahap ini ditandai oleh sebagian besar orientasi kehidupan ekonomi orangnya mengarah ke sektor industri.(D)  Suatu daerah perkotaan yang ukurannya sangat besar, biasanya terdiri atas beberapa kota metropolis yang menjadi satu membentuk jalur perkotaan
32. Urutan tahapan Pertumbuhan :(1) Masa peralihan, adanya ketidakcocokan dengan cara tradisional dan mengawali mencari cara gres(2) Perkembangan industri berkembang secara berkesinambungan(3) Masyarakat yang strukturnya dibangun dalam produk terbatas dan untuk keperluan sendiri(4) Adanya industri yang menciptakan jasa, teknologi canggih dan barang-barang konsumsi tahan usang(5) Teratasinya kontrol kemajuan, antusiasisme kearah peningkatan taraf hidup.Urutan tahapan perkembangan pembangunan dari permulaan sampai selesai menurut WW Rostow ditunjukkan pada…(A)  (1)-(2)-(3)-(4)-(5)(B)  (2)-(5)-(4)-(3)-(1)(C)  (3)-(1)-(5)-(2)-(4)(D)  (4)-(3)-(1)-(5)-(3)
33. Perkembangan kawasan yang tipe perembetan, meningkat paling lambat, berlangsung perlahan-lahan terbatas pada semua kepingan-potongan luar kenampakan fisik kota yang telah ada sehingga akan membentuk suatu kenampakan morfologi kota yang kompak disebut…(A) concentric development(B) axial development(C) multiple nuclei development(D) sector development
34. Berikut yang bukan merupakan dampak sentra pertumbuhan kepada perubahan sosial budaya penduduk , yakni…(A)  Adanya pergantian sistem mata pencaharian(B)  Timbulnya kelompok masyarakat tertentu(C)  Terbukanya tempat penduduk(D)  Adat istiadat mulai pudar
35. Pada QS Yasin: 42, Allah berfirman terkait dengan transportasi, yang artinya, dan “Kami ciptakan untuk mereka yang mau mereka kendarai mirip perahu itu”. Terkait dengan transportasi, Fenomena di bawah ini yang bukan menjadi penyebab lahirnya angkutandalam geografi adalah…(A) Spatial Variation(B) Spatial Interchange(C) Spatial Organization(D) Spatial Intervention
Kunci Pembahasan BCACD31. Tahapan kemajuan kota menurut Lewis Mumford yaitu eopolis, polis, metropolis, megapolis, tiranopolis dan nekropolis. Tahap polis ialah tahap pertumbuhan kota yang dicirikan dengan aktifitas masyarakatnya berorientasi masih di sektor agraris atau pertanian. Baca postingan: Tahapan Kota Lewis Mumford
32. Rostow membagi proses pembangunan ini menjadi lima tahap ialah tahap penduduk tradisional, pra keadaan lepas landas, lepas landas, bergerak kedewasaan, dan jaman konsumsi masal yang tinggi. Tahapan seperti ini dilalui oleh negara-negara Eropa barat pada umumnya dan Amerika Serikat.
a. Tahap Perekonomian Tradisional yaitu tahap negara dimana aktivitas ekonomi masih berorientasi pada usaha untuk pemenuhan keperluan sendiri.b. Tahap Pra-Lepas Landas yakni tahap negara dimana masyarakat tradisional walaupun sungguh lambat tetapi terus bergerak, dan pada suatu titik meraih pra kondisi untuk lepas landas.c. Tahap Lepas Landas (Take Off) ialah tahap negara dimana perekonomian mampu berkembang dan meningkat dengan kekuatan mampu bangkit diatas kaki sendiri.d. Tahap Kedewasaan (Maturity) ialah tahap negara dimana masyarakat sudah secara efektif memakai teknologi modern pada sebagian besar faktor produksi dan kekayaan alamnya.e. Tahap Konsumsi Massa Tingkat Tinggi (High Mass Consumption) ialah tahap dimana tingkat konsumsi masyarakat telah sangat tinggi, terutama konsumsi energi.
33. Ciri kota pada soal termasuk ke model konsentris Burgess. Teori kota konsentris menandakan bahwa acuan penggunaan lahan perkotaan meningkat secara konsentris atau melingkar karena perkembangan atau pemekaran dimulai dari pusatnya, kemudian seiring pertambahan penduduk kota meluas ke daerah pinggiran atau menjauhi pusat. Sehingga modelnya kompak seperti bulatan serpihan CD.
34. Terbukanya tempat masyarakatlebih terhadap efek sentra kemajuan bagi contoh ruang atau keadaan spasial  kota bukan sosial budaya penduduk .
35. Spatial Intervention ialah faktor yang melemahkan interaksi yang sudah terjalin diantara dua daerah. 
Lanjut: Soal Part 8