Blogger Jateng

Kunci Jawaban KSM Geografi Terintegrasi 2019 Part 5

Hai kawan-kawan masih lanjut ya kita akan diskusikan lagi kunci KSM Geografi Terintegrasi nomor 21-25. Jangan sampai ketinggalan update blog ini agar kamu semakin cerdik geografinya.
Jangan sungkan untuk share postingan ini ke sahabat-sahabat lain di medsos atau grup WA dan yang lain. Semakin banyak pembaca maka akan makin berkembang pula blog ini.
Silahkan coba dulu kerjakan soal ini sebelum menyaksikan kunci akibat di serpihan tamat artikel.
21. Dua fenomena bentukan tenaga endogen di bawah ialah salah satu faktor kajian dalam bidang geomorfologi, yakni…(A) morfometri(B) morfografi(C) morfogenesa(D) morfodinamik
22. Perhatikan pernyataan berikut :(1) Erosi vertikal(2) Meander(3) Erosi horizontal(4) Oxbow lakeBerdasarkan stadia perkembangan sungai, urutan mulai dari hulu hingga hilir ditunjukan oleh pernyataan ....(A)  (1)-(2)-(3)-(4)(B)  (1)-(3)-(2)-(4)(C)  (2)-(3)-(4)-(1)(D)  (3)-(4)-(1)-(2)
23. Klasifikasi dunia kehidupan tanaman adalah selaku berikut:(1) Class(2) Familia(3) Ordo(4) Genus(5) Kingdom(6) Spesies(7) PhylumUrutan yang paling tepat berdasar tingkatan pengelompokannya yakni ....(A)  (1)-(2)-(3)-(4)-(5)-(6)-(7)(B)  (3)-(5)-(7)-(1)-(2)-(4)-(6)(C)  (5)-(7)-(1)-(3)-(2)-(4)-(6)(D)  (7)-(3)-(2)-(5)-(6)-(1)-(4)
24. Dua kelompok vegetasi dalam persebaran tanaman dan fauna berdasar sub faktor suhu yaitu…(A)  golongan vegetasi musiman dan tahunan annual dan perennial(B)  golongan vegetasi dikala-dikala tertentu saja dan meningkat terus-menerus.(C)  kelompok vegetasi musiman dan vegetasi beriklim dingin(D)  kalangan vegetasi meningkat terus-menerus dan beriklim hambar
25. Firman Allah SWT dalam QS Al A'raf ayat 58, yang artinya "Dan tanah yang cantik, tanaman-tanamannya tumbuh subur dengan seizin Allah; dan tanah yang tidak subur, tumbuhan-tanamannya cuma tumbuh merana". "Demikianlah Kami mengulangi tanda-tanda kebesaran (Kami) bagi orang-orang yang bersyukur" Berdasarkan ayat diatas pola peruntukan tanah yang sempurna dengan komoditas yang ditanam ialah…(A)  tanah gambut ditanami flora keras(B)  tanah gambut ditanami padi(C)  tanah gambut ditanami sayur mayur(D)  tanah gambut dinamami tebu
Kunci pembahasan21. Bentuklahan dan proses-proses dalam susunan keruangannya mampu dipelajari dalam ilmu geomorfologi. Secara terang obyek geomorfologi yaitu bentuklahan dan material penyusun, struktur serta proses yang bekerja padanya.
Geomorfologi sendiri berisikan 4 faktor utama ialah aspek morfologi, aspek morfoganesa, faktor morfokronologi dan faktor morfo-asosiasi, yang masing-masing, (1) faktor morfologi mencakup : morfometri dan morfografi. Morfometri mencakup faktor ukuran dan bentuk komponen- bagian penyusun bentuklahan. Morfografi ialah susunan dari obyek alami yang ada di permukaan bumi, (2) faktor morfogenesa ialah asal usul pembentukan bentuklahan dan perkembangannya, (3) faktor morfokronologi ialah urutan bentuklahan yang ada di permukaan bumi selaku hasil proses geomorfologis, dan(4) faktor morfo-asosiasi ialah kaitan antara bentuklahan satu denganbentuklahan yang lain dalam susunan keruangan atau sebarannya di permukaanbumi 
Jadi jawabannya mofogenesa.
22. Sungai dibagi menjadi sungai pecahan hulu, tengah dan hilir. Setiap zona ini mempunyai huruf arus, abrasi dan bentuk lahan yang spesifik. Sungai penggalan hulu mempunyai arus sungguh deras, lebar sempit, pengikisan vertikal, banyak penderasan. Sungai pecahan tengah mulai mengalami pelebaran karena abrasi horizontal dan sungai serpihan hilir mulai banyak cabang sungai dengan arus lambat dan sedimentasi yang masif.
Makara urutan stadia sungai yang tepat adalah B.
23. Tingkatan klasifikasi mahluk hidup ialah sebagai berikut:Kaprikornus jawabannya C.
24. Tanaman annual atau tanaman semusim menuntaskan siklus hidup dari biji, meningkat , berbunga, berbuah atau berbiji lagi, sampai mati dalam satu berita terkini saja. Contoh tanaman annual yaitu padi, jagung, ubi jalar, tomat.
Tanaman biennial atau dua tahunan (dwi tahun) yaitu flora berbunga yang memerlukan   dua tahun untuk melengkapi siklus biologis. Contoh tanaman biennial ialah kubis, terseli, wortel, bawang bombay, bawang merah.
Tanaman perennial disebut juga selaku tumbuhan menahun atau tumbuhan tahunan. Tanaman perennial umumnya akan terus berbunga setiap tahun dan dapat bertahan hidup selama beberapa tahun. Contoh flora perennial yakni kaktus, mawar, rambutan.
25. Tidak semua tanah baik untuk pertanian. Tanah gambut adalah contoh tanah yang mempunyai drainase buruk sehingga lebih cocok untuk ditanaman tanaman keras.
Lanjut: Soal Part 5