Blogger Jateng

Kunci Jawaban KSM Geografi Terintegrasi 2019 Part 4

Halo sahabat-teman kita lanjut lagi diskusikan kunci KSM Geografi Terintegrasi 2019 nomor 16-20. Jangan bosan untuk senantiasa datangi blog ini ya!
Postingan di blog ini akan terus diupdate untuk memberikan peluang terhadap pejuang KSN/KSM berlatih soal dan mengenali rancangan-desain dasar di materi geografi.
Silahkan share artikel ini ke sobat-sahabat lain di grup kamu!.Selamat berlatih dan biar berhasil.
16. Berdasarkan potensinya ketiga gambar ialah kategori …
(A)  sumber daya alam galian(B)  sumber daya alam energi(C)  sumber daya alam tambang(D)  sumber daya alam biotik
17.Dari riwayat Abu Daud, Rasulullah SAW bersabda“Barang siapa yang menebang pepohonan, maka Allah akan mencelupkannya ke dalam neraka”.Dari hadist tersebut terperinci bahwa agama sangat melarang keras kepada manusia untuk melakukan illegal loging yang terjadi di aneka macam hutan ketika ini. Hutan merupakan salah satu sumberdaya biotik yang banyak memiliki jasa kepada lingkungan. Salah satu fungsi hutan yaitu untuk menghalangi erosi yang dinamakan…(A)  klimatis(B)  hidrologis(C)  orologis(D)  estetis
18.Strategi pencapaian target SDGs (Suistanable Development Goals) Indonesia pada tujuan: 1. Menghapus segala bentuk kemiskinan, diantaranya adalah...(A) memperluas dan menyempurnakan pelaksanaan metode jaminan sosial utamanya jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan.(B) peningkatan kelangsungan distribusi dan penguatan stok pangan dalam negeri.(C) menjamin ketahanan air melalui kenaikan pengetahuan, pergeseran sikap dan perilaku dalam pemanfaatan air minum dan pengelolaan sanitasi.(D) mengembangkan efisiensi dalam penggunaan energi dan listrik
19. Pola ajaran sungai seperti gambar di bawah ini adalah…
(A) trellis(B) retranguler(C) pinnate(D) dendritis
20. Geomorfologi adalah ilmu tentang bentuklahan pada permukaan bumi, baik di atas maupunbawah permukaan air maritim. Adapun yang bukan cakupan geomorfologi yakni ...(A) struktur dan formasi batuan(B) asal mula terbentuknya (genesis)(C) pola pertumbuhan kedepannya(D) kekerabatan dengan lingkungnnya
Pembahasan16. Sumber daya energi yaitu segala sesuatu yang dapat menghasilkan energi, baik secara pribadi maupun lewat proses konversi atau transformasi. Sumber daya energi terbagi menjadi sumber daya yang dapat diperbaharui mirip biomassa, matahari, angin, air, ombak dan sumber daya yang tidak dapat diperbarui seperti minyak, batubara.
17. Hutan mempunyai berbagai fungsi diantaranya fungsi hidrologis, orologis, klimatologis, estetika, irit, pertahanan. Fungsi orologis berhubungan dengan fungsi hutan selaku pencegah abrasi.- fungsi hidrologi, pengatur tata air.- fungsi klimatologis, pengatur cuaca dan iklim mikro dan global- fungsi estetika, sarana rekreasi ekowisata- fungsi pertahanan, untuk perang- fungsi irit, untuk menyanggupi kebutuhan hidup insan
18. Untuk meniadakan kemiskinan, strategi pemerintah diantaranya memperluas dan menyempurnakan pelaksanaan metode jaminan sosial terutama jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan.
19. Pola sungai mirip akar pohon atau cabang ranting pohon yakni dendritik. Pola ini meningkat pada kawasan dataran rendah dengan litologi batuan relatif homogen.
20. Struktur dan deretan batuan dipelajari detail dalam Geologi Struktur. Geologi struktur yakni salah satu cabang ilmu geologi yang masuk dalam jenis geologi dasar. Kajian dalam geologi struktur meliputi gaya-gaya yang melakukan pekerjaan pada batuan dan pembentukan struktur geologi lewat proses-proses geologi dan mekanismenya.
Lanjut: Soal part 5