Blogger Jateng

Kunci Jawaban KSM Geografi Terintegrasi 2019 Part 1

Pembahasan KSM Geografi Terintegrasi

Assalamualaikum adik-adik, bila di artikel sebelumnya saya sudah diskusikan soal KSN maka kali ini giliran KSM alias Kompetisi Sains Madrasah.
KSM ini dihelat oleh Kementrian Agama ya gaes, tetapi bobot soalnya sih seperti-seperti lah dengan soal KSN dari kemendikbud. Yuk kita bahasa soal tahun 2019 nomor 1-5 untuk mapel geografi terintegrasi.
Silahkan coba jawab sendiri apalagi dulu sebelum cek kunci jawaban di bab simpulan.
1. Perhatikan fenomena berikut:Untuk mengunjungi Pulau Lira, tempat terluar Indonesia, akrab dengan Timur Leste, Menteri BUMN, Rini Soemarno, menyatakan bahwa perjalanan untuk hingga ke wilayah tersebut membutuhkan waktu yang cukup panjang. "Untuk sampai ke sana saya mesti naik pesawat ke Ambon, kita carter pesawat ke Pulau Moa itu ibukota kabupaten dari Maluku Barat Daya. Dari situ saya naik kapal ke Pulau Lira. Memang bila dari Jakarta ke Dili itu mampu eksklusif, cuma pindah di Bali kemudian saya naik kapal dari Dili ke Lira. Tapi saya tak maulewat situ, kita harus lewat perairan kita sendiri. Dan di situ belum pernah ada pejabat tinggi yang ke sana, dan belum ada sentuhan ekonomi," ungkap Rini dikantornya. 
Sumber: https://www.merdeka.com/uang/ceritamenteri-rini-sulitnya-jangkau-pulau-terpencil-diri.html, 25 Agustus 2017. Di susukan 14 Juni 2019.Konsep geografi yang sesuai dengan paragraf di atas ialah...(A)  desain jarak.(B)  desain keterjangkauan.(C)  desain morfologi.(D)  desain lokasi
2. Berdasarkan pendekatan biogeografi, keragaman hayati di Indonesia dibagi menjadi:(A)  Wilayah Oriental dan Wilayah Australian.(B)  Wilayah Indomalaya dan Wilayah Australia.(C)  Wilayah Benua Asia dan Australia.(D)  Wilayah Dangkalan Sunda dan Dangkalan Sahul.
3. Tokoh geografi beraliran Possibilis yakni…(A)  Charles Darwin dan Karl Ritter(B)  Karl Ritter dan Friederich Ratzel(C)  Friederich Ratzel dan Paul Vidal de la Blache(D)  Paul Vidal de la Blache dan Thomas Malthus
4. Elemen peta untuk menolong perkiraan luas yaitu...(A)  garis tepi dan skala(B)  garis lintang dan skala(C)  garis astronomis dan skala(D)  garis bujur dan skala
5. Berapa skala peta dari peta kontur di bawah ini…
(A) 1 : 100.000(B) 1 : 200.000(C) 1 : 300.000(D) 1 : 400.000
Kunci jawaban1. Paragraf tersebut menceritakan wacana perjalanan panjang bu menteri ketika mendatangi pulau Lira, ini berkaitan dengan rancangan keterjangkauan. Keterjangkauan sebuah tempat sangat berafiliasi dengan aspek jarak dan ketersedian sarana/prasarana transportasi.
2. Menurut UU nomer 32 tahun 2009 perihal derma dan pengelolaan lingkungan hidup, ekoregion merupakan daerah geografis yang memiliki kesamaan ciri iklim, tanah, air, tumbuhan, dan fauna asli, serta pola interaksi manusia dengan alam yang menggambarkan integritas sistem alam dan lingkungan hidup. Biogeografi fauna Indonesia menurut ekoregion dunia tergolong ke dalam dua zona ialah Indomalaya dan Australia. Cek peta persebaran ekoregion di bawah ini.
3. Ada dua fatwa dalam pertumbuhan geografi yaitu fisis determinis dan possibilisme. Fisis determinis menilai alam mengatur kehidupan insan. Possibilis menilai manusia dapat mengendalikan alam. Tokoh possibilisme antara lain Friederich Ratzel dan Paul Vidal de la Blache.
4. luas pada peta mampu dihitung jika kita tahu skala peta dan garis astronomis. Garis astronomis terdiri atas garis lintang dan garis bujur. 
5. Ci = 1/2.000 x penyebut skala jadi pada peta Ci nya yaitu 100 m (lihat jarak antar konturnya)100 = 1/2.000 x skalaskala = 2.000 x 100skala = 200.000 atau 1: 200.000
Lanjut: Soal Part 2