Blogger Jateng

45 Butir Soal Kisi-Kisi Ujian Sekolah (US) Geografi 2022

ILMUGURU se Indonesia nampaknya sedang sibuk membuat kisi-kisi soal US nih untuk cobaan tahun ini. Kalau begitu saya akan berikan misalnya ya teman-teman.
Contoh ini didapat dari puspendik, jadi silahkan diedit-edit saja sesuai kebutuhan di sekolah sebab sebaran dan kecepatan bahan tiap guru beda-beda.
Selalu ingat prinsip ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) dalam membuat soal-soal dan kisi-kisi contohnya. Kenapa sih kita mesti buat kisi-kisi soal?.
Kisi-kisi soal US Geografi

Pengertian Kisi-KisiKisi-kisi ialah sebuah format berupa matriks berisi info yang mampu dijadikan ajaran untuk menulis atau merakit soal. Kisi-kisi disusun berdasarkan tujuan penggunaan tes. Penyusunan kisi-kisi ialah langkah penting yang mesti dilakukan sebelum penulisan soal. Bila beberapa penulis soal memakai satu kisi-kisi, akan dihasilkan soal-soal yang relatif sama (paralel) dari tingkat kedalaman dan cakupan materi yang ditanyakan.
Syarat Kisi-Kisi SoalKisi-kisi tes prestasi akademik mesti memenuhi patokan berikut:1. Mewakili isi kurikulum yang hendak diujikan.2. Komponen-komponennya rinci, terperinci, dan gampang diketahui.3. Indikator soal harus terperinci dan bisa dibentuk soalnya sesuai dengan bentuk soal yang telah ditetapkan.
Komponen Kisi-Kisi SoalKomponen-unsur yang diperlukan dalam suatu kisi-kisi diadaptasi dengan tujuan tes. Komponen kisi-kisi terdiri atas bagian identitas dan komponen matriks. Komponen identitas diletakkan di atas bagian matriks. Komponen identitas mencakup jenis/jenjang sekolah, program studi/jurusan, mata pelajaran, tahun pemikiran, kurikulum yang diacu, alokasi waktu, jumlah soal, dan bentuk soal. 
Komponen-komponen matriks berisi kompetensi dasar yang diambil dari kurikulum, kelas dan semester, materi, indikator, level kognitif, dan nomor soal.
Langkah-langkah menyusun kisi-kisi soal yaitu:1. menentukan KD yang akan diukur;2. memilih bahan yang esensial;3. merumuskan indikator yang mengacu pada KD dengan memperhatikan bahan dan level kognitif. 
Berikut ini contoh kisi-kisi mapel geografi USBN, download di bawah ini. Jangan lupa untuk share postingan ini di medsos atau grup guru lainnya. Semoga bermanfaat.