Blogger Jateng

Prediksi Soal UTBK Geografi 2022 Bab Dinamika Hidrosfer

Hai sahabat-teman kita lanjut lagi ya diskusikan soal UTBK dengan topik dinamika bahari. Laut ialah suatu cekungan luas yang terisi oleh air asin.

Laut menyimpan berbagai misteri di dalamnya dan sampai dikala ini manusia masih berlomba-lomba meneliti tentang perairan asin ini. Soal-soal UTBK topik dinamika hidrosfer perlu menjadi perhatian belum cukup umur, alasannya banyak menampung perumpamaan-perumpamaan terkait fenomena oseanografi.
 Pilihlah jawaban yang tepat diantara a, b, c, d atau e!.1. Perhatikan aspek-aspek berikut:
1)    Salinitas air bahari
2)    Relief dasar maritim
3)    Kecepatan angin
4)    Gelombang maritim
5)    Temperatur maritim
Arus laut dipengaruhi oleh aspek ….a. 1, 3, dan 4
b. 2, 3, dan 5
c. 3, 4, dan 5
d. 1, 2, dan 3e. 1, 3, dan 5
 2. Pada ekspresi mayoritas dingin, pelabuhan di kawasan pantai barat daya Eropa tidak membeku. Kondisi ini dipengaruhi oleh adanya efek arus ….
a. Gulfstream
b. Labrador
c. California
d. Brasil
e. Oyashio
3. Pergerakan benda langit memengaruhi fenomena hidrosfer. Contohnya adalah kalau matahari, bulan dan bumi ada pada fase garis lurus maka akan terjadi ...
a. pasang perbani
b. upwelling
c. pasang purnama
d. downwelling
e. tsunami

4. Nama-nama maritim:
1)    Laut Arafuru
2)    Laut Jawa
3)    Laut Flores
4)    Laut Banda
5)    Laut Sulawesi
Laut dalam di Indonesia ditunjukkan angka ….
a. 3, 4, dan 5
b. 2, 3, dan 4
c. 1, 2, dan 3
d. 1, 4, dan5
e. 2, 4, dan 5

Kunci1. Gerakan air maritim terbagi menjadi gelombang dan arus. Gelombang bahari merupakan pergerakan massa air dengan arah vertikal atau naik turun sementara arus maritim adalah gerakan massa air dari suatu kawasan (posisi) ke daerah yang lain.

Arus maritim terjadi disebabkan oleh aspek kecepatan angin, salinitas dan temperatur. Angin ialah salah satu gaya utama yang menimbulkan timbulnya arus bahari selain gaya yang timbul balasan dari tidak samanya pemanasan dan pendinginan air maritim. Perbedaan panas yang diterima lautan akan menimbulkan perbedaan densitas air bahari sehingga massa air akan bergerak dari satu lautan ke lautan lainnya.
2. Arus bahari menurut suhunya terbagi menjadi arus hangat dan arus hambar. Salah satu jenis arus hangat adalah Gulfstream. Gulf Stream yakni arus laut yang besar lengan berkuasa, bergerak cepat, hangat yang berasal dari Teluk Meksiko dan mengalir ke Samudera Atlantik. Dampak paling besar Gulf Stream kepada cuaca yaitu di Eropa. Karena mengalir ke daerah Laut Atlantik Utara Maka Gulfstream membantu mempertahankan kawasan-kawasan mirip Irlandia dan Inggris jauh lebih hangat daripada yang sebaiknya dikala info terkini cuek. 
Peta Arus Gulfstream

3. Pasang surut yaitu pergeseran gerak relatif dari materi suatu planet, bintang dan benda angkasa lainnya yang diakibatkan aksi gravitasi benda-benda angkasa di luar materi itu berada. Salah satu jenis pasang surut ialah pasang surut atmosfer. Pasang surut atmosfer yaitu gerakan atmosfer bumi yang diakibatkan oleh adanya aksi gravitasi dari matahari dan bulan atau benda langit lainnya.

Bila posisi bulan, bumi dan matahari terletak dalam satu garis, maka gaya tarik bulan dan matahari masing-masing memperlihatkan kontribusinya pada pembentukan pasut. Posisi ini terjadi pada saat bulan gres dan pada ketika bulan purnama. Pasang surut yang terbentuk mempunyai tinggi yang maksimum dan dikenal selaku pasang purnama (spring tide).
 
 4. Indonesia merupakan negara kepulauan yang dipisahkan oleh laut-bahari dangkal maupun dalam. Laut dangkal memiliki kedalaman 0 sampai sekitar 200 meter dimana sinar matahari bisa tembus ke dasar bahari. Contoh bahari dangkal diantaranya Laut Jawa dan Laut Arafuru. Laut dalam adalah bahari yang kedalamannya lebih dari 200 meter dan sinar matahari telah sungguh redup sampai gelap di dasar laut. Contoh bahari dalam yakni Laut Banda, Laut Flores dan Laut Sulawesi.
Sumber gambar: https://scijinks.gov/