Blogger Jateng

BaSo (Bahas Soal) UTBK/SBMPTN Soshum Geografi 2021 No 41-45


Halo guys kita lanjut lagi ya diskusikan soal UTBK geografi tahun 2021 buat latihan kalian para pejuang Perguruan Tinggi Negeri tahun 2022. 
Jangan lupa untuk share blog ini ke teman-sahabat lain biar mampu belajar rame-rame dan diskusi. Semoga sukses di UTBK tahun ini.
Ingat untuk coba lakukan dahulu soalnya sebelum cek kunci tanggapan dan pembahasannya di tamat artikel. 
41. Faktor klimatik yang menimbulkan longsor dan banjir di Wasior Papua ialah ...1. sinar matahari2. curah hujan3. angin4. kelembaban udara
42. Di bawah ini yang menyebabkan pulau Kalimantan relatif aman dari bahaya tektonisme dan vulkanisme adalah ....1. tanah gambut2. relief datar3. banyak ditemui sungai besar4. bukan daerah subduksi lempeng
43. Industri elektro termasuk industri hulu.SEBABIndustri hulu mengolah materi setengah jadi menjadi barang jadi
44. Penginderaan jauh dapat digunakan untuk memperhatikan geosfer.SEBABGempa bumi merupakan salah satu fenomena geosfer.
45. Negara maju umumdisebut selaku negara utara.SEBABNegara utara ialah negara yang terletak di belahan utara.
Pembahasan41. Banjir bandang di Wasior terjadi lantaran efek curah hujan tinggi di potongan hulu ditambah adanya acara ilegal logging. Jika diminta faktor klimatik penyebab longsor dan banjir memiliki arti pemicunya kan intensitas curah hujan tinggi. Curah hujan tinggi salah satunya disebabkan oleh kelembaban udara yang tinggi karena atomsfer bosan oleh uap air dan membentuk awan hujan.
42. Kalimantan relatif aman dari ancaman tektonik dan vulkanisme lantaran tidak berada di zona subduksi lempeng atau tabrakan seperti halnya di selatan Jawa, Sumatera, Bali dan Nusa Tenggara.
43.Industri hulu mengolah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi. Contohnya yaitu industri pemintalan benang, pengerjaan baja, lembar karet. Industri elektrinik tergolong industri hilir karena menciptakan barang jadi seperti TV, komputer, kulkas, AC. Kaprikornus pernyataan dan argumentasi salah.
44. Inderaja ialah teknik perekaman objek (fenomena geosfer) di permukaan bumi tanpa kontak pribadi. Gempa bumi ialah salah satu fenomena geosfer tetapi tidak bisa direkam via inderaja. Makara pernyataan dan argumentasi benar namun tidak berhubungan.
45. Negara maju disebut negara utara karena memang secara geografis banyak terletak di utara khususnya Eropa selaku awal mula revolusi industri. Kaprikornus pernyataan benar, argumentasi benar dan menyatakan alasannya adalah akhir.