Blogger Jateng

Pembukaan Seleksi Peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2022

Rekan guru se nusantara, ada kabar baik nih terkait acara Pendidikan Profesi Guru alias PPG. Pemerintah sudah membuka pendaftaran PPG untuk tahun 2022 ini. Di awal tahun ini pastinya rekan guru sudah siap kan!.
Untuk penerima PPG tahun ini diberikan peluang untuk menentukan apakah akan mengikuti PPG bersubsidi atau mampu bangkit diatas kaki sendiri non subsidi.
Silahkan cek update informasinya di SIMPKB masing-masing ya, dan jangan malas membaca. Banyak tanya kepada sesama rekan/teman biar salng menolong.
Berikut informasi permulaan terkait registrasi akseptor PPG tahun 2022. Jangan lupa share dan like blognya ya!.
Persyaratan1. Calon akseptor PPG memilih apakah mengikuti PPG Bersubsidi ongkos ditanggung pemerintah atau Non Subsidi dimana seluruh biaya dibebankan ke kandidat peserta bila nantinya sudah lulus.2. Selanjutnya bagi yang mengikuti PPG Prajabatan belum menikah.3.  Memiliki SK untuk guru yang honor di Negeri SK Dinas Kota/Kabupaten lokal, sementara untuk yang telah tetap seperti guru yayasan yaitu SK Yayasan.4. Untuk kriteria lain bisa dilihat pada hidangan Informasi.5. Ijasah dan Trasnkrip Nilai S1/D46. Siap mengikuti pendidikan selama tenggat waktu yang telah diputuskan meski jauh.
Untuk proses pendaftaran akseptor PPG tahun 2022 ini dapat dilaksanakan secara online melalui situs yang sudah disebutkan yakni https://registrasi.ppg.kemdikbud.go.id/. 
Untuk mendaftar pastikan kalian membaca pengumuman pada situs tersebut PPG jenis apa yang sedang dibuka, apabila belum dibuka silahkan tunggu jangan sampai asal mendaftar.
Selanjutnya menyaksikan ketersediaan acara studi PPG yang dibuka apakah ada untuk latar belakang pendidikan kita, sesuai ijasah, berikutnya melakukan pendaftaran dengan mengklik tombol "Daftar".
Alur Pendaftaran PPG Tahun 2022
1. Membuat akun registrasi PPG di situs resmi https://pendaftaran.ppg.kemdikbud.go.id/.2. Selanjutnya gunakan login yang telah dibentuk.3. Selanjutnya penerima akan diarahkan untuk mengisi form pendaftaran hingga simpulan.4. Untuk pengisian mirip kebanyakan pendaftaran, mengisi biodata, data pendidikan dan yang lain.5. Pastikan semua sudah terisi dengan benar. lanjut hingga semua data dikirim. Apabila ada ongkos yang mesti dibayar silahkan ikuti intruksi sesuai yang ada pada situs resmi https://registrasi.ppg.kemdikbud.go.id/.6. etelah proses pendaftaran akhir mampu pribadi mendownload Kartu Tanda Peserta Ujian.7. Proses Pendaftaran final.
Lalu mirip alur mekanisme PPG tahun 2022 ini  dari permulaan hingga final?. Silahkan cek di bawah ini:
A. Prosedur Pendaftaran
*  Pendaftaran online
*  Seleksi Administrasi 
*  Pengumuman hasil seleksi administrasi akan diumumkan mela
*  Seleksi Akademik, Bakat, Minat, Kepribadian, dan Panggilan Jiwa
*  Pengumuman Hasil Seleksi Akademik, Bakat, Minat, Kepribadian, dan Panggilan Jiwa
*  Registrasi online 
*  Lapor diri
*  Orientasi awal studi
*  Proses pembelajaran
B. VerifikasiSelanjutnya tinggal tunggu  pengumuman verifikasi, untuk proses dapat kembali login memastikan apakah lulus atau tidak kalau telah akseptor harus mempersiapkan dokumen mirip.
*  KTP
*  Kartu Tanda Peserta Ujian.
*  Ijasah dan Transkrip nilai.
Dokumen diatas wajib dibawa pada saat tes dilakukan sesuai dengan pengumuman, proses seleksi berisikan dua materi berbentuktes tertulis dan wawancara, bila telah tinggal tunggu pengumuman, bila dinyatakan lulus akan mengikuti pendidikan selama waktu yang sudah ditentukan. Itulah rangkaian seleksi dan registrasi PPG tahun 2022. Semoga sukses dan lulus dengan nilai terbaik!.
Surat resmi edaran perihal dimulainya pendaftaran PPG tahun 2022, silahkan download di bawah. Bagi yang membutuhkan teladan soal-soal UP/Formatif/Sumatif hasil pengalaman aku tahun 2019 silahkan cek di link berikut: Soal UP Pedagogik PPG
PPG Tahun 2022 Dibuka