Blogger Jateng

LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Geografi Dinamika Litosfer Pertemuan 1


Lembar Kerja Peserta Didik atau LKPD yakni salah satu tools atau alat pembelajaran yang mampu berkhasiat untuk mengembangkan pengertian siswa terhadap penguasaan bahan. Dulu LKPD itu namanya LKS atau lembar kerja siswa, sama saja bantu-membantu fungsinya.
Kali ini aku akan berikan teladan LKPD Geografi Bab Dinamika Litosfer. Karena ada banyak pertemuan, maka akan saya pecah menjadi beberapa LKPD, mungkin bisa 5-7 LKPD. Lumayan kan 7 pertmuan punya senjata LKPD.
Untuk LKPD pertama ini adalah seputar struktur litosfer dan pengenalan perihal gaya endogen. Nanti silahkan saja dimodifikasi sesuai keperluan siswa di sekolah masing-masing. Yang terang bila geografi niscaya akan ada gambar atau mampu video.
LKPD yang gak ada gambarnya gak asik banget bila geografi mah. Dinamika litosfer sungguh kompleks dan siswa perlu dibekali wawasan ihwal bagaimana asal ajakan terbentuknya litosfer, perkembangannya dan pemanfaatannya bagi kehidupan seperti apa.
Litosfer terbentuk melalui serangkaian proses dari sejak awal mula bumi terbentuk 4,6 milyar tahun lalu. Permukaan bumi yang tadinya bola panas lalu mendingin menjadi kerak (ingat kerak nasi liwet aja).
Kerak bumi ini terus dinamis sebab mengalami gaya endogen dan eksogen. Gaya endogen berasal dari dalam bumi sementara gaya eksogen berasal dari luar bumi. Kedua gaya ini simultan merombak litosfer sampai membuat geomorfologi permukaan bumi bermacam-macam.
Saya akan coba secara bertahap mengupload LKPD di blog ini agar bisa diakses oleh teman-sobat. Praktis-mudahan mampu berfaedah dan menunjukkan wangsit.
LKPD berikutnya: Batuan Penyusun Litosfer (on progress). Silahkan download LKPD geografi di bawah ini.
Cara downloadnya dengan buka di desktop, kemudian klik tanda panah di pojok kanan atas, nanti akan otomatis terbuka di google drive. Silahkan klik tombol download saja nanti.
Baca juga: LKPD Kelas 12 Pewilayahan Negara Level HOTS
DOWNLOAD LKPD DINAMIKA LITOSFER PART 1👇👇👇👇