Blogger Jateng

Gempa 6,7 Skala Richter Guncang Banten, Terasa Sampai Jakarta

Titik episentrum gempa sore ini
Sore ini aku sedang rebahan di kasur, tiba-tiba terasa ada goyangan beberapa detik, lumayan kuat dan cukup membuat kepala melayang.

Dari gejala tersebut tentu saja ini gempa, padahal jarang-jarang Bekasi ada goncangan. Setelah dicek ke BMKG ternyata memang benar terjadi gempa di tempat Sumut Banten berkekuatan 6,7 skala Richter.
Gempa cukup kuat hingga sampai Jakarta, dan pastinya goncangan akan makin terasa bila sedang berada di gedung tinggi lantai atas.
Lantas menunjukan apakah ini?. Sebenarnya hal ini yaitu fenomena biasa alasannya adalah pulau Jawa berada di zona subduksi lempeng Indo Australia - Eurasia.
Zona subduksi ialah zona penunjaman lempeng tektonik dikarenakan terjadi gesekan lempeng di zona konvergen. Lempeng yang lebih lemah akan menunjam atau menerobos masuk ke bawah lempeng yang lebih berpengaruh.
Gempa sore ini termasuk gempa tektonik dan tidak berpotensi tsunami. Kejadian ini menjadi alarm bagi kita untuk waspada dan terus menambah pengetahuan seputar mitigasi gempa.
Saat tiba - tiba terjadi gempa, apa yang harus dilaksanakan saat kita berada di bangunan lantai 1, lantai atas, kendaraan, bawah pohon dan yang lain?.
Masyarakat mesti paham dan siap kalau nanti fenomena gempa terjadi kembali. Dengan makin pintar maka kesempatankerugian dan korban jiwa akan makin kecil.
Lempeng tektonik akan terus mengalami tekanan dan kita tidak bisa memprediksi kapan waktu terjadinya gempa, jadi kesiapsiagaan yaitu hal utama.