Blogger Jateng

Eksotisme Biru Situ Cipanten Majalengka

Bicara tentang wisata air maka Majalengka ada nirwana bagi para penikmat wisata air tawar alami. Saya akan ulas perihal Situ Cipanten.
Majalengka dijuluki selaku kota 1001 telaga alasannya lokasi geografisnya yang berada di kaki Gunung Ciremai menciptakan banyak situ atau danau alami terbentuk.
Situ Cipanten sekarang menjadi salah satu destinasi andalan wisata alam di Majengka.
Situ yang berasal dari mata air gunung Ciremai ini berlokasi di Gunung Kuning Kecamatan Sindang.
Lokasi Situ Cipanten mampu diakses dari kota Majalengka sejauh kurang lebih 10 km. Jalanan sudah mulus walaupun konturnya naik berkelok sebab topografi pegunungan.
Untuk karcis masuk 10.000 rupiah per orang remaja dan parkir motor 5.000, kendaraan beroda empat 10.000. Murah gak nguras kantong banget.
Objek rekreasi alam Situ Cipanten menghidangkan panorama air biru yang terpantulkan dari bebatuan vulkanik di dasar danau.
Subhanallah memang air itu yaitu anugerah Allah buat kehidupan mahluk-mahluk di bumi. 
Danau tawar alami Situ Cipanten ini dikelilingi hutan tropis yang menjadi kawasan resapan air dari puncak gunung. Suasana segar, alami, eksotik sungguh terasa.
Untuk mendapat view biru optimal diusulkan datang bulan Desember-Januari. Pengalaman saya sih bulan tersebut yakni best nya. 
Apa saja yang mampu dijalankan di Situ Cipanten?. Kalian mampu berenang dengan ikan-ikan, naik perahu gowes, makan botram dan lainnya.
Situ Cipanten ini memiliki luas sekitar 1 ha dengan kedalaman antara 1-3 meter, jadi bagi yang belum bisa berenang harap untuk meyewa pelampung untuk keamanan.
Fasilitas penunjang telah sangat bagus dan terus ditambah dari Dinas Pariwisata untuk memajukan pesona pelancong.
Ada rumah makan, WC, mesjid, penyewaan pelampung dan lainnya. Saya sih senang makan sate kambing dan empal gentong kalau tiba ke Situ Cipanten
So buat kamu yang sering lihat video air biru di mancanegara, kini ga usah jauh-jauh. Tinggal ke Majalengka saja, kota 1001 telaga asli gak pake KW.
Ada banyak lagi telaga atau situ yang mampu dikunjungi di kabupaten Majalengka. Silahkan cek cerita aku seputar review rekreasi Majalengka di blog ini.
Dan bagi yang hendak lihat teladan foto Situ Cipanten, nih aku upload di bawah. Foto ini orisinil ya, ga pake edit-editan, alasannya saya ga terlalu suka yang ga natural. 
Jangan lupa guys, gak boleh buang sampah sembarangan ya. Udah sekolah dari TK sampai SMA, kuliah kurun masih buang sampah asal-asalan.
Agnas Setiawan,