Blogger Jateng

Biaya dan Proses Mutasi Balik Nama di Samsat Majalengka

Halo teman-sobat kali ini saya akan cerita wacana proses dan biaya mutasi dan balik nama mobil aku dari Jakarta ke Majalengka Jawa Barat. Artinya mutasi kendaraan lintas provinsi, semua dijalankan sendiri gak pake biro jasa.
Nah pertama, saya kan dahulu di bulan Oktober (pas pajak habis) telah cabut berkas dari Jakarta Utara, kemudian berikutnya mendaftarkan kendaraan ke samsat tujuan (Majalengka). Artikel ketika cabut berkas mutasi ada di link berikut: Cara mutasi plat dari Jakarta 
Harusnya saya tanggal 6 Desember telah harus ke samsat tujuan, namun berhubung masih ngantor jadi pas libur selesai tahun saja sekalian pulang kampung.
Makara sesudah aku pulang kampung, saya eksklusif pergi ke samsat Majalengka bawa mobil untuk pemberkasan. Mobil aku ketika ini ialah Daihatsu Sigra 1.2 MT. Pagi hari jam 8 saya berangkat dan langsung ke bab cek fisik kendaraan.
Loket mutasi samsat Majalengka

Seperti lazimsaya daftar di penggalan loket pendaftaraan cek fisik di lantai bawah dan gosok nomor mesin dan nomor rangka. Disini saya ngasih kiat saja Rp.5000 ke petugasnya, walaupun memang harusnya ya ga bayar. 
Setelah cek fisik, lanjut saya pergi ke potongan mutasi dan menyerahkan semua dokumen mutasi dan balik nama dari samsat Jakarta. Petugas di bawah kemudian meminta saya tiba lagi sekitar 2 mingguan untuk prosesnya, waduh. Nanti petugas akan menawarkan surat jalan pengganti STNK.
Makara sampai disini aku belum bayar pajak, ongkos BBN, stnk, plat dll. Ya telah saya balik lagi ke rumah dan pergi liburan dulu ke Pangandaran. Cerita piknik ke Pangandaran via jalur selatan Cikatomas-Cijulang bisa dicek di artikel berikut: Jalur Selatan Tasik-Pangandaran
Selepas dari Pangandaran setalah 2 mingguan kurang, saya balik lagi ke samsat untuk proses mutasi dan balik nama. Pemrosesan seperti lazimdi pecahan mutasi dan disini mulai ada ongkos yakni 500.000 rupiah. Lumayan ya gaes, aku juga gak tahu itu detail 500 ribu buat apa sebab gak ada kuitansinya. Mungkin untuk proses BPKB baru ke Polda Jabar supaya diurus mereka atau apa, ga ngerti pokonya.
Loket Update Kepemilikan Kendaraan
Tapi gpp lah yang penting beres hari itu juga. Nah sesudah bayar 500 ribu saya diminta pergi ke lantai atas untuk ke penggalan Costumer Service. Disini aku diberikan formulir isian, sama mirip ketika cabut berkas mutasi. Yang jelas kita isi sendiri, manual pakai pulpen. Usahakan bawa pulpen sendiri daripada gundah disana pada kepakai pulpennya.
Setelah formulir diisi kemudian saya diminta ke kepingan Progresif/Update Kepemilikan untuk menyerahkan data, dari sini saya diberikan nomor antrian dan berkas lalu didaftarkan ke cuilan Penetapan Dokumen Baru.
Setelah 5 menitan kemudian diundang lagi untuk bayar, mampu cash dan transfer. Berapa totalnya?. Jreeeenggg, 3,68 juta rupiah. Lumayan gan, ongkos blaik nama 900 rebuan, terus ada denda administrasi apa gitu yang gak paham sekitar 200 rebuan, terus ada ongkos plat gres, dan pajak kendaraan beroda empat 2 juta. 
Setelah bayar lalu saya nunggu print STNK baru sekitar 5 menitan dan diminta ke bawah lagi untuk buat plat baru. Di bawah aku serahkan kembali STNK gres lalu plat nomor gres dicetak dan ternyata bayar lagi gaes 25.000.
Cetak Plat Nomor Baru
Lalu untuk BPKB dinantikan selama 2 bulan katanya nanti datang lagi ke samsat. Itulah detail proses mutasi dan balik nama mobil aku dengan total biaya sekitar 4 jutaan . Ini gak pake calo atau biro jasa ya, karena ingin ekonomis. Kalau pakai agen pasti jatuhnya bisa hampir dua kali lipat.
So far proses mutasi dan balik nama kendaraan beroda empat gue ga lama, asal prosesnya dilaksanakan dengan benar sesuai hukum dan datang pagi saja jika mau cepat agar gak antri lama. 
Untuk yang sedang ingin balik nama dan mutasi, dianjurkan sebelum pajak tahunan habis misalkan 1 bulan sebelumnya. Jangan hingga bayar pajak dulu kemudian balik nama dan mutasi, nanti anda bayar pajak dua kali di samsat baru, kan gaje bayar double. Selamat tertib manajemen.