Blogger Jateng

Kapan Waktu Terbaik ke Terasering Panyaweuyan Argapura?


Provinsi Jawa Barat dianugerahi kenampakan fisiografis yang menawan dan salah satunya yakni lembah Terasering Panyaweuyan yang terletak di Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka.
Beberapa tahun ini Terasering Panyaweuyan menjadi salah satu lokasi rekreasi yang fenomenal sehingga karenanya dikembangkan menjadi rekreasi andalan Kabupaten Majalengka. 
Beberapa spot wisata sekarang ini sudah banyak dibangun untuk mendukung acara ini. Jalan juga telah mulus cuma saja masih sempit, perlu hati-hati untuk meraih ke atas.
Pemandangan lembah perbukitan tumbuhan bawang dengan teras-teras yang berbaris rapi menjadi sebuah kenikmatan tersendiri. Nah pertanyaannya yaitu kapan sih waktu terbaik untuk melihat hijaunya Terasering Panyaweuyan?.
Berdasarkan pengalaman dan wawancara dengan petani lokal, waktu yang sempurna untuk menyaksikan panorama Panyaweuyan yang hijau yakni di pertengahan Desember.
Ini dikarenakan di November, para petani telah mulai menggarap lahan dan menanam bawang. Makara dari pertenghan Desember sampai sekitar Februari yaitu waktu terbaik.

Jangan hingga anda hanya menerima panorama tanah-tanah cokelat jikalau berkunjung ke Panyaweuyan selain bulan tersebut. Makara pemandangan hijau Terasering Panyaweuyan dipengaruhi oleh waktu tanam petani lokal.
Lembah Terasering Panyaweuyan berada di kaki gunung Ciremai sebelah barat daya. Suhu udara disini sana sejuk dan anda akan disuguhi pemandangan perbukitan hijau menawan dan sangat cocok untuk melepas penat.
Tapi ingat ya bagi pelancong untuk tetap mempertahankan kebersihan, jangan tinggalkan sampah di sana. Kebersihan adalah tanggung jawab kita bareng . Jangan sampai citra wisata Indonesia tercoreng sebab ulah kita sendiri.
Anda mampu juga berbelanja bawang di sini pribadi ke petani, dijamin harganya gak mahal alasannya langsung ke produsennya.
Di sekitar Lembah Panyaweuyan juga terdapat beberapa objek rekreasi alam lain seperti Curug Ibun Pelangi, Bukit Sayangkaak dan Curug Maja.
Bagi yang suka air, ada satu wisata lagi yang sangat wonderful di Majalengka yakni Situ Cipanten, silahkan cek artikelnya di link berikut: Eksotis Situ Cipanten