Blogger Jateng

Guru Blogger Dapat 80 Juta Rupiah Dari Ngeblog, Kok Bisa?


Well, malam tadi aku iseng coba download data pengasilan adsense blog ini dari tahun ke tahun, sejak permulaan mulai gajian. Alhamdullillah ternyata saldonya mencapi hampir 80 juta, aku juga tidak menerka juga sih.
Jadi ternyata ngeblog itu selain menjadi kegemaran juga bisa menerima penghasilan komplemen. Saya sendiri yang berprofesi selaku guru menjadi terbantu dengan adanya pasive income ini. Belum lagi ada iklan dan endorse lain dari produk-produk lainnya.
Memang di luar sana ada banyak mastah blogger, youtuber yang penghasilannya wah banget mampu puluhan, ratusan juta per bulan malah. Doain aja ya mimin juga bisa hingga ke level itu, he. Amin.
Jadi kembali lagi guys, saya mengawali ngulik jadi penulis blogger itu sejak 2012, aku memulai karir sebagai guru. Awalnya sih saya hanya pakai blog gratisan di wordpress, dan semua goresan pena kebanyakan materi pelajaran aku saja.
Kemudian sehabis itu nyoba buat di blogspot gratisan agar bisa dimonetisasi dan alhamdulillah bisa. Meskipun penghasilannya masih ecek-ecek, sampai sekarang juga sama sih namun ya kalau diakumulasi kan lumayan juga.
Namun di pertengahan jalan blog gratisan tersebut diccuri orang alias di hack gan, dengan akun adsense nya lagi. Ya sudahlah saya buat lagi blog gres yang ini, dan gak lama langsung diapprove adsense juga.
Ternyata memang kesuksesan itu mesti penuh liku-liku, gak boleh lurus-lurus aja ya!. Eh ternyata udah setahun, blog yang dicuri tadi dibalikin lagi oleh yang nyuri katanya takut dosa, namun akun adsense yang sih hilang.
Ya sudahlah risikonya jadi punya beberapa blog, tetapi yang utama sih tetap yang ini, coz ngurus banyak blog sakit kepala juga. 
Penghasilan blog ini pastinya berasal dari adsense yang utama dan selama blog dirawat maka income pasti akan terus naik alasannya branding blog kita terus jalan. 
Semakin blog dikenal orang maka kian banyak trafik yang tiba dan menjadi potensi passive income. Selain itu ajuan endorse, afiliasi produk dari perusahaan lain juga akan banyak mulai masuk. Yang lebih kerena lagi, banyak orang kenal kita se Indonesia bahkan dunia alasannya adalah konten kita berguna. Jadi nambah teman dan silaturrahim.
Inilah seni blogging yang perlahan mulai saya pahami. Kaprikornus guru milenial jaman now harus punya mind set out the box. Dengan memanfaatkan teknologi digital kita bisa sharing ilmu sembari mencari penghasilan suplemen.
Kuncinya adalah di konsistensi ya gan, semua hal dalam kehidupan ini kuncinya hanya satu jika mau berhasil adalah konsistensi. Saya pun selama 2 tahun dahulu ngeblog juga gak mampu uang, tapi karena hobi dan suka, ya kesudahannya jalani aja, eh ternyata 5 tahun ke dapan dunia digital makin trenddan saya juga kena cipratnya.
Saat ini saya juga lagi nyoba-nyoba masuk dunia youtube, agar ngikut isu terkini juga. Selain itu gesekan pena-goresan pena di blog ini bisa menjadi bahan bahan di youtube saya ILMUGURU. Cek channelnya ya dan subscribe. he.
Sekian dahulu ya cerita pagi ini, selamat melakukan pekerjaan mencari rezeki halal dan sharing ilmu bermanfaat terhadap khalayak. Kalau mau berhasil di sebuah bidang pokonya, mulai aja dahulu. Jangan lupa juga sedekah, berdoa dan mengembangkan akidah dan ketakwaan terhadap Allah.