Blogger Jateng

3 Tahap Penilaian Model IRT UTBK 2022


Sobat geografi dan para pejuang UTBK se nusantara, gimana nih udah siap gak menghadapi UTBK 2022?. Tentunya kalian udah searching sana sini kan buat dapetin infonya.
Salah satu isu penting wajib pejuang UTBK tahu yakni wacana skoring atau evaluasi UTBK itu sendiri. Sejak tahun 2018 nih LTMPT telah menerapakan metode skoring UTBK IRT atau Item Response Theory.
Makara bila dulu-dulu evaluasi UTBK itu kan jika benar mendapat poin 4, salah minus 1 dan tidak dijawab itu nol. Nah kini gak mirip itu lagi ya sahabat-teman semuanya, sekarang itu UTBK menggunakan model penilaian IRT alias bobot respon akhir.
Kaprikornus IRT ialah tata cara evaluasi yang mengacu pada bobot nilai pada masing-masing subtes. Makara pada dasarnya itu jika soal itu bertambah banyak dijawab penerima maka memiliki peluang memiliki bobot nilai kecil namun kalau soal itu semakin sedikit dijawab benar oleh akseptor maka memiliki kesempatan mempunyai bobot nilai tinggi.
Lalu skoring nilainya apakah sama +4, -1 dan nol, aku sendiri tidak tahu sebab itu permasalahan dalam LTMPT. Metode IRT ini udah banyak dipakai oleh banyak sekali negara maju yang katanya dianggap model skoring paling adil.
Jadi ada 3 tahapan yang dilalui dalam evaluasi UTBK model IRT adalah:1. Tahap PertamaJawaban akseptor UTBK akan dikelompokan mana yang benar, salah dan kosong. Untuk skor tiap opsi tadi kita gak tahu, cuma panitia LTMPT yang tau.2. Tahap KeduaAnalisis IRT akan dilaksanakan, dan soal akan diklasifikasi sesuai jumlah tanggapan benar, salah dan kosong tadi. Soal yang paling banyak dijawab salah memiliki peluang mempunyai skor tinggi dan sebaliknya.3. Tahap KetigaSetelah itu baru skoring final dikerjakan menurut hasil klasifikasi pada tahap kedua.
Lalu apa dong strategi yang mesti dikerjakan dengan versi evaluasi tersebut?. Artinya kita kan gak tahu mana soal yang sulit dan mana soal yang masuk klasifikasi gampang.
Maka dari itu hal paling penting ialah persipakan peluru sebanyak mungkin. Kuasai semua konsep dan topik-topik yang akan diujikan karena kita gak tahu soal pada jenis apa yang berbobot tinggi, kan gitu ya?.
Kaprikornus adik-adik, cobalah untuk berguru lebih serius lagi dan tentukan memiliki bekal peluru yang banyak sehingga kita siap dengan soal model apapun. Itu kuncinya.
Yang mau berguru UTBK khusus geografi boleh subscribe chanel guru geograf di youtube ya!. Salam Sukses Pejuang UTBK.