Blogger Jateng

Soal Prediksi PPPK + Kunci Jawaban [Part 4]

Halo kawan-mitra seperjuangan, lanjut lagi kita akan coba berikan pola soal latihan tes PPPK ya. Tetap semangat dan jangan mengalah agar bisa menjadi guru ASN PPPK tahun ini.
Soal-soal tes PPPK ILMUGURU ini bantu-membantu bahan sesuai silabus yang selama ini kita pakai saat mengajar di kelas, jadi bahwasanya gak perlu khawatir kalau anda mengajar dengan baik dan benar.
Jangan lupa datangi dan subscribe juga chanel ILMUGURU di youtube ya!. Yuk simak lagi soal-soal latihan PPPK di bawah ini:
1. Pendidikan, pembinaan maupun simulasi wacana bencana angin angin ribut ialah upaya untuk mengurangi efek insiden final adanya fenomena angin tornado. Upaya tersebut termasuk dalam ...a. kesiapsiagaan bencanab. mitigasi non strukturalc. tanggap darurat bencanad. pencegahan bencanae. mitigasi struktural
KunciMitigasi peristiwa terbagi menjadi mitigasi struktural dan mitigasi non struktural. Mitigasi struktural itu berkaitan dengan pembangunan fisik mirip rumah tahan gempa, papan arah penyelamatan, tanggual penahan erosi dan yang lain.
Mitigasi non struktural berhubungan dengan upaya preventif melalui sosialisasi, pendidikan, pembinaan penduduk sadar peristiwa ke penduduk . Jadi sifatnya menanamkan ilmu terhadap penduduk .
2. Jenis batuan yang terbentuk pada angka 3 dan 5 sesuai gambaran siklus batuan berikut dikarenakan efek ...
a. pelarutan dan pendinginanb. pendinginan dan suhu serta tekanan rendahc. suhu dan tekanan tinggid. pengendapan dan suhu serta tekanan tinggie. pelarutan dan tekanan tinggi
KunciAngka 3 itu sedimen (belum jadi batuan sedimen ya!!) dan angka 5 itu batuan metamorf. Jadi jawabnnya adalah d. 
3. Proses pengintegrasian gosip gres ke struktur kognitif sudah ada. Akomodasi yakni proses pembiasaan struktur kognitif ke dalam situasi yang gres termasuk kemampuan ....a. klasifikasib. diferensiasic. akomodasid. konservasie. asimilasi
KunciIni bahan Teori Belajar Kognitif ya guys. Teori kognitif lebih mementingkan proses berguru ketimbang hasil belajarnya. Teori berguru kognitif menyampaikan bahwa belajar tidak sekedar melibatkan relasi antara stimulus dan respon, melainkan tingkah laris seseorang ditentukan oleh persepsi serta pemahamannya tentang situasi yang bekerjasama dengan tujuan belajarnya.
Berikut ini ungkapan-istilah dalam teori kognitif diantaranya: Asimilasi (proses penyatuan isu baru ke dalam struktur kognitif yang sudah dimiliki individu), Akomodasi (proses penyesuaian struktur kognitif ke dalam situasi yang gres), Ekuilibrasi (pembiasaan berkelanjutan  antara asimilasi dan kemudahan).
Jawabannya adalah kemudahan.
4. Pernyataan:1. mengasihi atau membeli produk dalam negeri sendiri2. menumbuhkan semangat nasionalisme yang tangguh3. berupaya mengikuti kemajuan IPTEK4. mengetahui ihwal budaya zaman dahulu di daerah kita sendiri5. mempelajari dan melaksanakan sosialisasi kepada orang lain sehingga mereka kesengsem untuk ikut mempertahankan atau melestarikannya.Cara menghadapi dan melestarikan budaya Indonesia di abad globalisasi yang bisa dilakukan terdapat pada nomor ....a. 1, 2, dan 3b. 2, 3, dan 4c. 1, 3, dan 4d. 2, 4, dan 5e. 3, 4, dan 5
KunciKarena yang diminta pelestarian budaya bukan produk ekonomi maka jawaban aku 3,4, dan 5.

5. Perhatikan info berikut:Berdasarkan gambaran di atas, maka penerapan objek formal geografi yang tepat yaitu ...a.   1, 2 dan 3b.   4, 5 dan 6c.   3, 4 dan 6d.   1, 2 dan 4e.   2, 3 dan 4  

KunciIngat kunci membedakan pendekatan geografi:1. pendekatan keruangan: kalau fenomena yang terjadi itu alamiah faktor ruang2. pendekatan kelingkungan: jikalau fenomena yang terjadi itu dipicu faktor interaksi manusia3. pendekatan kewilayahan: bila fenomena yang terjadi berhubungan dengan sebuah area (yang ada batasnya)
Kaprikornus jawaban yang sempurna 1, 2 dan 3.