Blogger Jateng

Soal Prediksi PPPK + Kunci Jawaban [Part 2]

Halo teman-sahabat lanjut lagi ya kita akan diskusikan soal-soal antisipasi tes PPPK semoga kian tok cer nih dan tanpa kendala ujiannya nanti. Soal-soal PPPK guru pastinya akan kombinasi antara pedagogik dan profesional. Pastikan untuk berlatih dan menjadi guru yang terbaik. A. Pilihlah akhir yang sempurna diantara a, b, c, d atau e!1. Bumi mengalami perombakan pada litosfer sehingga membuat pegunungan dan lembah, lautan dan danau secara terus-menerus mengalami evolusi hingga membentuk lapisan pedosfer. Kelayakan bisa ditentukan oleh:1) kesuburan tanah2) tersedianya air tanah
3) tersedianya energi4) tersedianya akomodasi kehidupan5) kawasan pegunungan yang luasKelayakan ruang hunian yang sempurna ditunjukkan nomor ....a. 2), 3), 5)b. 3), 4), 5)c. 1), 2), 3)d. 1), 2), 4)e. 2), 3), 4) 
KunciRuang hunian dalam hal ini permukaan bumi (geosfer) ialah ruang yang mempunyai unsur-komponen komponen yang bisa mendukung kehidupan manusia/mahluk di dalamnya. Ada kepingan permukaan bumi yang sungguh susah untuk kehidupan itu meningkat dan ada yang memudahkan mahluk untuk meningkat .
Yang termasuk komponen kelayakan yakni kesuburan tanah, air tanah dan energi. Ketiga bagian ini adalah unsur dasar yang mampu dipakai insan untuk hidup, bekerja dan beraktifitas dalam ruang.
 2. Jenis batuan:1) granit2) watu pualam3) gabro4) sabak5) diorit6) batu permataBatuan metamorf ditunjukkan angka ....a. 3), 4) , 6)b. 4), 5), 6)c. 3), 4), 5)d. 2), 4), 5)e. 1), 2), 3) KunciBatuan metamorf yaitu batuan mengalami perubahan fisik atau susunan kimia karena dampak suhu dan tekanan tinggi. Contoh batuan metamorf yaitu pualam, sabak dan permata.

3. Karakteristik kehidupan sebagian besar masyarakatdi negara meningkat dicirikan dengan ....a. memiliki banyak sumber daya alamb. kesanggupan mensubtitusi sumber daya alamc. mempergunakan sumber daya alamd. bertumpu pada sumber daya alame. mampu mengorganisir sumber daya alam KunciNegara meningkat adalah negara yang masih mempunyai kondisi perekonomian yang di bawha rata-rata negara maju. Salah satu ciri kehidupan orangnya ialah bertumpu pada sumber daya alam. Kalau negara maju tidak mempunyai sumber daya alam pun tidak problem karena punya teknologi untuk mengolah sumber daya alam yang ddidapat dari negara lain (meningkat ).
 4. Perhatikan gambar!Tenaga pembentuk tampang bumi sesuai gambar di atas yaitu ...a. anginb. longsorc. sungaid. abrasie. geyser KunciGambar diatas adalah delta sungai yang ialah hasil pembuatan erosi fluvial atau sungai. 
5. Pelestarian berbagai jenis hewan harus terus diupayakan untuk menghindari kelangkaan atau bahkan kepunahan jenis hewan tertentu. Upaya konservasi berupa tempat santunan alam terhadap jenis hewan langka tertentu guna menyingkir dari dari kepunahan maka bentuk konservasi yang paling sempurna yakni ....a. taman nasionalb. cagar alamc. taman hutan rayad. suaka margasatwae. daerah suaka alam  KunciKalau konservasi untuk hanya spesies hewan maka suaka margasatwa yaitu jawabannya.  Lanjut: Soal PPPK Part 3