Blogger Jateng

Soal Prediksi PPPK + Kunci Jawaban [Part 1]

Halo para pejuang PPPK se nusantara Indonesia, gimana nih kabarnya?. Masih deg-degan nunggu acara ujian ya!.
Nah agar gak terlalu deg-degan, gimana jikalau kita latihan soal dulu ya sahabat-sobat. Jangan hingga nyesel ntar blank pas ngerjain soal PPPK. Jangan lupa like dan share blog ini!
Soal latihan ini kombinasi pedagogik dan profesional ya bapak ibu!. Tetap semangat dan berjuang untuk lolos PPPK tahun ini. Kunci balasan tersedia sehabis soal.
Ingat jangan terlalu percaya kunci akhir yang aku buat, silahkan diskusi lebih lanjut sebab saya juga belu tentu benar 100%.
A. Latihan Soal PPPK Part 11. Untuk menganggap akseptor bimbing dalam memahami paragraf, guru meminta akseptor ajar menuliskan kembali dengan menggunakan kalimatnya sendiri. Teknik evaluasi yang sempurna digunakan ialah ...a. observasib. tes lisanc. tes tertulisd. penilaian produke. evaluasi praktik
KunciKalau guru meminta siswanya menuliskan kembali maka itu termasuk tes tertulis. Guru akan menilai hasil tulisan siswa tersebut apakah telah sesuai dengan konteks paragraf atau belum. Disini guru mampu menganggap daya literasi siswa dikala menuangkannya dalam sebuah gesekan pena.
2. Pemanfaatan maritim di zona litoral yakni ...a. jalur angkutanlautb. menangkap ikanc. pariwisatad. pelabuhan perahue. pembuangan limbah
KunciZona litoral itu kan zona batas pasang surut bahari pastinya digunakan untuk kapal berlabuh. Ingat zonasi maritim berdasarkan kedalaman: litoral, neritik, batial, abisal, hadal.
3. Pernyataan:1. memberi gambaran yang tepat tentang kekuatan dan kelemahan2. kelebihan dan kekurangan peserta didik3. mengenali peluangyang perlu ditingkatkan4. tingkat pengetahuan5. kelemahan yang perlu diminimalisir6. keadaan sosial peserta didikBerdasarkan pernyataan diatas, guru dapat mengerti potensi peserta bimbing dengan cara yang ditunjukkan pada nomor ....a. 1, 2, 3, 5b. 1, 2, 4, 5c. 3, 4, 5, 6d. 2, 3, 4, 5e. 1, 2, 3, 4
KunciPotensi penerima bimbing dapat dilihat saat tes psikologi atau saat wawancara awal saat masuk sekolah. Indikator yang tepat sesuai pernyataan ihwal kesempatansiswa ada pada angka 1,2,3 dan 5.
4. Strategi guru saat penerima latih belum siap melaksanakan keahlian berpikir tingkat tinggi yakni ....a. membangun skemata dari wawasan permulaan yang sudah diperoleh dimiliki sebelumnya dengan wawasan gres yang hendak diajarkanb. mengidentifikasi penerima asuh baik yang telah maupun yang belum siap untuk mengikuti pembelajaran dengan proses berpikir tingkat tinggic. mengubah penyusunan rencana pembelajaran yang diadaptasi dengan kesanggupan akseptor bimbing yang heterogend. tetap melakukan kegiatan pembelajaran dengan mengutamakan keterampilan berpikir tingkat tinggie. membentuk kalangan-golongan penerima asuh yang memiliki kesanggupan heterogen
KunciKemampuan berpikir tingkat tinggi alias HOTS saat ini diwajibkan di seluruh mapel untuk memajukan kemampuan siswa Indonesia. Jika ada siswa yang belum siap untuk berpikir tingkat tinggi maka guru harus menyesuaikan dengan merubah rencana pembelajaran. Ingat daya dukung siswa tiap daerah berlawanan-beda, maka guru harus terpelajar mengolah strategi pembelajaran.
5. Manakah indikator yang tepat dengan soal di bawah ini!a. Disajikan diagram, peserta latih mampu menentukan perbandingan akseptor asuh yang gemar berolahraga di sekolahb. Disajikan gambar, penerima bimbing, dapat memilih macam-macam hobi akseptor didik di sekolahc. Disajikan gambar, peserta ajar dapat memilih jumlah akseptor bimbing yang gemar sepeda dan tenis di sekolahd. Disajikan gambar, akseptor bimbing bisa menentukan dominan hobi akseptor bimbing di sekolahe. Disajikan diagram, peserta asuh dapat menentukan jumlah penerima bimbing yang gemar bersepeda di sekolah.

KunciDalam diagram tampakbeberapa kegiatan olahraga dan soal meminta siswa yang gemar bersepeda, jadi indikator yang tepat yakni yang e. 
Lanjut: Soal PPPK Part 2 (progress)