Blogger Jateng

Rangkuman IPS Kelas 7 Bab Ruang dan Interaksi Antarruang

Manusia hidup di ruang yang disebut dengan planet Bumi bareng mahluk hidup lainnya. Setiap ruang permukaan bumi punya karakteristik masing-masing.
Jika kamu pergi ke pegunungan tentu akan berlawanan suasananya ketika pergi ke pantai bukan?. Nah ruang juga tidak statis alias berinteraksi satu sama lain. Berikut ini acuan rangkuman bagian ruang dan interaksinya.
1. Ruang permukaan bumi tersusun atas daratan, perairan dan udara. Ruang meliputi lapisan tanah dan batuan hingga lapisan tertentu yang menjadi sumber daya kehidupan.
2. Interaksi ruang mampu berbentukpergerakan manusia, barang, jasa, isu, ide dan yang lain dari daerah asal menuju kawasan tujuan.
3. Faktor terbentuknya interaksi ruang yakni wilayah yang saling melengkapi (complementarity), potensi intervensi (intervening oppportunity) dan akomodasi transfer (transfer ability).
4. Peta adalah citra sebagian atau seluruh permukaan bumi dalam bentuk datar dan diperkecil berdasarkan skala tertentu.
5. Indonesia terletak pada 6⁰ LU - 11⁰ LS dan 95⁰ BT - 141⁰ BT sehingga berada pada kawasan beriklim tropis.
6. Lokasi geografis Indonesia berada diantara benua Asia dan Australia serta dua samudera yakni Pasifik dan Hindia.
7. Ciri iklim tropis Indonesia antara lain intensitas penyinaran tinggi, curah hujan relatif tinggi, kelembaban tinggi, amplitudo suhu harian rendah.
8. Angin muson barat membawa isu terkini penghujan di Indonesia sementara angin muson timur membawa ekspresi lebih banyak didominasi kemarau di Indonesia.
9. Bentuk ruang permukaan bumi Indonesia terdiri atas dataran rendah, dataran tinggi, perbukitan, gunung api, pegunungan lipatan.
10. Faktor dinamika penduduk ialah kelahiran, ajal dan migrasi.
11. Kondisi kependudukan Indonesia mampu dilihat secara kuantitatif dan kualitatif. Secara kuantitatif jumlah masyarakatIndonesia tinggi dan sebarannya tidak merata. Secara kualitatif penduduk Indonesia masih di bawah standar dunia dalam hal pendidikan, kesehatan dan pendapatan.
12. Penduduk Indonesia dominan bergerak di bidang primer atau agraris. Pertanian di Indonesia terbagi menjadi pertanian lahan basah dan pertanian lahan kering.
13. Indonesia mempunyai keberagaman suku bangsa, etnis, budaya yang tinggi di dunia. Ras mayoritas di Indonesia yaitu Mongoloid dan Melanesia.
14. Secara geologi, Indonesia berada di zona batas lempeng aktif adalah Indo Australia, Eurasia dan Pasifik.
15. Dampak lokasi geologi Indonesia yakni kaya akan sumber bahan galian, tanah subur dan banyak gunung api. Dampak negatifnya Indonesia rawan kejadian erupsi, longsor, tsunami.
16. Indonesia memiliki 3 zonasi fauna yaitu Asiatis, Peralihan dan Australis.
17. Indonesia berada pada zona segitiga terumbu karang dunia. Terumbu karang berasal dari hewan polip yang hidup di dsaar bahari dangkal dengan sinar matahari melimpah.
18. Interaksi antarruang bila diatur optimal akan berpengaruh pada kenaikan kemajuan ekonomi dan kesejahteraan penduduk .
Jangan lupa cek juga latihan soal ulangan bagian ruang dan interaksi antarruang di chanel youtube ILMUGURU di bawah ini!.